User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit kelamin menjadi penyakit yang mengerikan. Banyak orang yang mengidap penyakit kelamin, namun mereka selalu mendiamkannya saja. Penyakit kelamin bisa menyerang wanita maupun pria. Penyakit kelamin pada wanita berbeda dengan pria. Cukup banyak penyakit kelamin yang diidap oleh seorang wanita.

Tidak bisa dipungkiri, penyakit kelamin bisa menyerang wanita tanpa menimbulkan gejala apapun. Karena sebagian besar penyakit kelamin menyerang wanita melalui hubungan seks. Sebagian besar organ intim wanita terserang melalui infeksi, bakteri, dan jamur yang menyerang organ intim. Untuk itu para wanita agar bisa menjaga organ intimnya.

Sebenarnya organ intim wanita cukup rentan terhadap penyakit, untuk itu para wanita diminta untuk bisa mengetahui beberapa jenis penyakit kelamin pada wanita yang sering menular. Hal ini dilakukan agar wanita bisa berhati-hati dalam melakukan aktivitas seks. Beberapa penyakit kelamin yang berbahaya pada wanita.

Trikomoniasis

Penyakit ini merupakan penyakit menular seksual yang bisa dialami oleh wanita. Penyakit ini disebabkan oleh protozoa yang menyerang bagian intim wanita. Protozoa parasit ini adalah  Trichomonas vaginalis yang bisa menyerang saluran uretra.

Bakteri ini menyerang tanpa menimbulkan gejala apapun pada si wanita. Biasanya penyakit kelamin ini menyerang wanita melalui hubungan seksual. Mereka yang sering bergonta-ganti pasangan sangat mudah terserang parasit TV.

Biasanya wanita yang mengalami akan merasakan sakit dibawah perut, rasa nyeri saat buang air, keputihan berwarna kuning atau kehijauan dengan berbau yang tidak sedap, serta gatal pada bagian sekitar vagina.

Bartholinitis

Penyakit bartholinitis merupakan infeksi yang terjadi pada kelenjar bartholin yang terdapat dibagian depan vagina. Sehingga menyebabkan pembengkakan dan juga bisa membuat wanita sulit berjalan. Bahkan membuat bagian kelamin wanita menjadi merah.

Penyebab dari bartholinitis itu sendiri adalah kuman dan bakteri yang biasa disebut dengan streptokokkus atau basil koli. Jenis penyakit kelamin pada wanita ini tidak menular melalui kontak seksual. Tanda-tandanya adalah ketika diraba pada bagian vagina akan merasakan nyeri. Segeralah memeriksakannya ke dokter ketika anda mengalami gejala-gejala ini.

Kandidiasis

Penyakit ini muncul diakibatkan dari infeksi jamur candida. Jamur ini tidak hanya menyerang bagian kelamin tetapi jamur ini juga bisa menimbulkan gejala pada mulut. Jika jamur ini menyerang vagina, maka vagina akan terasa gatal, vagina akan memerah, dan cairan keputihan mengumpal dengan warna kuning seperti keju.

Jika hal ini terjadi pada anda, segeralah untuk memeriksakannya kepada dokter. Karena jamur tersebut bisa saja mengenai pasangan anda, jika anda sudah memiliki pasangan. Sehingga anda harus segera mendapatkan penanganan serius untuk menghindari jamur berkembang biak dan menyebar.

Herpes

Herpes merupakan penyakit kelamin yang disebabkan oleh virus Herpes Simplex Virus (HPV) yang biasanya menyerang melalui hubungan seks. Para penderita herpes jarang yang menemui gejala ketika mereka tertular herpes.

Namun jika anda menemukan gejala seperti luka dengan rasa sakit, gatal dibagian vagina maupun anus, luka yang melepuh dan pecah disekitar paha dan bokong. Terkadang anda pun akan merasakan sakit saat buang air besar. Biasanya penderita herpes juga mengalami flu, dan demam.

Jika gejala-gejala diatas anda temui pada diri anda. Segeralah untuk memeriksakannya ke dokter. Karena bisa jadi anda sedang terserang herpes. Meskipun tidak ada obat yang bisa mematikan virus HPV, tetapi anda bisa mencegah virus tersebut agar tidak berkembang biak dan menjalar keseluruh tubuh. 

Servisitis

Servisitis merupakan gejala ditemukannya luka pada serviks atau rahim yang menjadi pintu masuk dari rahim ke vagina. Penderitanya pun sangat jarang mengalami gejala-gejala yang ditimbulkan dari servisitis ini. Karena biasanya penyakit ini baru ditemukan ketika penderita melakukan pemeriksaan.

Beberapa penyebab yang membuat seseorang mengalami hal ini adalah sering bergonta-ganti pasangan, terinfeksi penyakit menular seksual, dan sudah aktif berhubungan seksual sejak remaja. Untuk melakukan pengobatan biasanya dokter akan memeriksa bagian panggul dan mengambil sampel untuk diteliti.

Ulkus Mole

Ulkus mole merupakan penyakit yang disebabkan infeksi dari bakteri. Ulkus mole menjadi jenis penyakit kelamin pada wanita. Karena sebagian besar penderita ulkus mole adalah para wanita pekerja seksual yang mengalami penularan bakteri melalui hubungan seksual.

Penyakit ini disebabkan oleh bakteri H. Ducreyi, gejalanya adalah ditemukan semacam benjolan dan luka disekitar vagina. Jika benjolan tersebut pecah, maka akan mengeluarkan darah, akan terlihat borok pada pangkal paha yang cukup besar sepanjang 3-30cm dan akan mengalami rasa sakit yang cukup parah dibagian selangkangan. Biasanya ulkus mole akan menyebabkan wanita mengalami keputihan yang abnormal.

Enam jenis penyakit kelamin pada wanita diatas cukup berbahaya. Bahkan anda terkadang tidak menemukan gejala apapun meski sudah tertular penyakit tersebut. Namun jika penderita menemukan dan melihat sesuatu yang tidak wajar dari bagian vital, barulah si penderita akan melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui penyebabnya.

Jika anda mengalami hal tersebut, anda bisa melakukan pemeriksaan di Klinik Utama Gracia. Pemeriksaan akan dilakukan secara menyeluruh hingga anda mengalami sembuh secara total dengan penanganan dari tenaga medis professional dan alat kedokteran yang mumpuni.