User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit sifilis dan penyebabnya

Sifilis merupakan salah satu penyakit Infeksi Menular Seksual yang diakibatkan dari bakteri  Treponema Pallidum yang menyerang melalui kontak seksual. Di Indonesia, sifilis juga dikenal sebagai penyakit raja singa. Mengapa penyakit sifilis bisa menyerang, tentunya adanya beberapa penyebab sifilis.

Lalu, bagaimana jika anda terhindar dari penyakit raja singa adalah dengan melakukan seks aman. Maksudnya seks aman adalah seks yang bisa dilakukan dengan satu orang pasangan saja. Karena, jika anda melakukan seks lebih dari satu pasangan, maka anda kemungkinan besar akan terserang sifilis.

Penyakit raja singa bisa menyerang siapa saja, baik wanita maupun pria. Penyakit ini tertular dari hubungan seksual, bukan saja hubungan intim tetapi juga bisa tertular dari seks anal, dan juga seks oral. Bahkan penyakit ini bisa terserang dari jarum suntik untuk narkoba maupun jarum untuk membuat tato badan.

Raja singa merupakan penyakit yang cukup menakutkan, karena tidak hanya menyerang bagian kelamin saja, tetapi juga mulut, kulit, dan juga saraf manusia. Sehingga harus segera diobati agar penyakit tersebut bisa hilang dan tidak timbul lagi.

Raja singa sebenarnya bisa dicegah dengan melakukan hal-hal yang sederhana. Caranya pun cukup mudah:

Pencegahan Sifilis


Memiliki satu pasangan untuk berhubungan seksual dan tidak sembarang memilih pasangan untuk melakukan hubungan seksual

Hubungan seksual yang dilakukan dengan cara bergonta-ganti pasangan menjadi salah satu penyebab penyakit raja singa. Untuk itu anda diharuskan hanya melakukan hubungan seksual dengan satu pasangan, dan jangan pernah berganti-ganti pasangan.

Tidak Mengkonsumsi Obat-obatan dan Alkohol

Bila anda sering mengkonsumsi obat-obatan dengan cara bersama-sama dan mengunakan satu jarum suntik, maka anda bisa dengan mudah tertular penyakit raja singa. Untuk itu, anda hindari mengkonsumsi narkoba dan alkohol.

Ketahui Riwayat Penyakit Kelamin Pasangan

Cara mudah untuk mencegah penyakit raja singa cukup mudah. Anda harus mengetahui riwayat penyait kelamin pasangan anda. Jangan sampai anda tidak mengetahui riwayat penyakit kelamin mantan anda, dan membuat anda tertular penyakit seksual darinya.

Memakai Alat Pengaman Saat Melakukan Hubungan Seksual

Menggunakan alat pengaman bisa menjadi satu cara untuk menghindari penyakit menular seksual. Anda bisa menggunakan kondom atau alat lainnya untuk menghindari penyakit tersebut, hal ini dilakukan agar anda bisa terhindar dari penyakit raja singa.

Penyakit sifilis hanya akan menyerang melalui kontak seksual. Penyakit raja singa tidak akan tertular melalui alat makan, pakaian, toilet, dan kolam renang yang digunakan secara bersama-sama. Bahkan penyakit ini bisa menyerang janin pada wanita yang tertular.

Raja singa memiliki fase yang sudah dikenali dalam dunia medis yakni primer, sekunder, laten, dan tersier. Gejala sifilis bisa menyerang dari timbulnya luka dengan nanah. Namun ada juga gejala lainnya:

Gejala

1. Flu
2. Demam
3. Perubahan pada wajah
4. Nyeri Dada yang Menyakitkan

Fase Sifilis

Primer

Pada tahap ini akan terlihat luka pada bagian kelamin, namun luka ini tidak memberikan rasa sakit, sehingga sering diabaikan oleh penderita. Hal ini disebabkan oleh mulainya penyebaran bakteri yang terjadi pada tubuh selama kurun waktu satu hingga dua bulan, setelah itu luka akan hilang tanpa meninggalkan bekas.

Sekunder

Pada fase ini biasanya penderita akan mengalami timbulnya ruam yang cukup besar dibagian tangan dan telapak kaki. Fase ini juga disertai dengan gejala lain seperti demam, kurangnya nafsu makan, dan radang tenggorokan, bahkan timbulnya kutil pada kelamin. Tahap ini bisa mencapai waktu satu hingga tiga bulan.

Laten

Hati-hati pada tahap ini, jika pada awalnya anda sudah mulai menemukan gejala diatas, dan hilang dalam beberapa waktu. Lalu tiba-tiba anda merasakan tubuh anda sehat-sehat saja, padahal ini adalah tahap yang cukup berbahaya dalam infeksi raja singa.

Untuk itu lebih baik anda segera memeriksakannya untuk mengetahui permasalahan yang ada. Karena pada tahap ini anda merasa sehat-sehat saja dan tidak mengalami masalah kesehatan apapun pada tubuh anda.

Tersier

Biasanya pada tahap ini akan menyerang bagian tubuh lainnya, seperti kerusakan otak, jantung, dan menurunnya daya ingat, kelumpuhan, dan masalah tubuh lainnya.Tahapan ini merupakan tahapan yang paling berbahaya, karena si penderita bisa mengalami kematian.

Sifilis mungkin akan memasuki masa yang tidak bisa anda rasakan dengan baik. Maka untuk mencegah menyebarnya bakteri dan juga makin memperparah bakteri tersebut, anda lebih baik untuk melakukan pengobatan dan konsultasikan kepada dokter kelamin. Jika ingin berkonsultasi anda bisa datang ke Klinik Utama Gracia, Jakarta Pusat.

Penyakit ini akan bisa menyerang siapa saja, termasuk pasangan anda. Pencegahan dini lebih baik agar anda bisa menjalani pengobatan tahap selanjutnya, sehingga penyebaran virus dalam tubuh bisa dihentikan sebelum semakin parahnya penyakit ini.