User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Inilah Ciri Ciri Penyakit Sipilis Pada Wanita dan Pria

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa ciri ciri penyakit sipilis pada wanita dan pria mungkin saja bisa berbeda, akan tetapi satu yang pasti bahwa penyakit sipilis adalah salah satu penyakit menular seksual (PMS) dan penyebabnya adalah infeksi bakteri Treponema Pallidum.

Bakteri ini biasanya akan menyerang organ-organ yang penting dalam tubuh lainnya seperti pada selaput lendir, anus, bibir, lidah dan mulut. Selain itu penyakit ini sangat berbahaya dan menyebar secara langsung melalui hubungan seksual

Dan ternyata bakteri penyebab sifilis juga bisa menyebar melalui darah seperti akibat jarum yang biasanya digunakan oleh pengguna narkoba jenis suntik, penularan sifilis juga bisa terjadi pada wanita hamil kepada janin yang di kandungnya sehingga bisa menyebabkan kematian pada janin dalam kandungan.



Waspada, Inilah Ciri Ciri Penyakit Sifilis Pada Wanita:



- Keluarnya cairan yang tidak normal dari saluran kemih atau pada liang kemaluan, terdapat keputihan tidak normal dengan ciri ciri berbau amis dan berwana kehijauan.

- Rasa nyeri ketika berkemih atau saat melakukan hubungan seksual.

- Terasa gasal-gatal pada alat kelamin dan di sekitarnya.

Baca Juga: Ciri-Ciri Penyakit Kutil Kelamin Pada Pria dan Wanita

- Terdapat luka kecil akibat lecet yang di sertai dengan adanya pembengkakan pada kelenjar getah bening.

- Adanya perubahan warna kulit dan mata.

- Komplikasi berupa bartolitis, yaitu membengkaknya Bartholin sehingga penderita susah jalan karena nyeri.

- Komplikasi lain juga dapat meningkat dan menyebabkan kemandulan, jika ke rongga perut yang menyebabkan radang di perut selain itu baik pada wanita atau pria dapat terjadi infeksi sistem seluruh tubuh yang menuju ke sendi, jantung, selaput otak dan lain-lain.

- Ketika ibu hamil yang terinfeksi sifilis melahirkan maka kemungkinan mata bayi dapat terinfeksi, bila tidak cepat di tangani dapat menyebabkan kebutaan pada bayi.



Waspada, Inilah Ciri Ciri Penyakit Sifilis Pada Pria:



- Keluar cairan atau kotoran dari penis.

- Nyeri saat buang sir kecil atau pada saat berhubungan seksual.

- Kerongkongan terasa sakit atau ada luka kerongkongan yang umumnya disebabkan oleh oral seks.

- Adanya rasa nyeri pada daerah anus tanpa rasa sakit dan memerah pada daerah kelamin, anus, kerongkongan dan lidah.

- Keluar bintik merah pada kulit dan bersisik pada telapak tangan dan kaki.

- Mengalami air urine yang berwana gelap, feses berwarna terang, serta mata dan kulit berwana kuning.

- Terdapat lepuhan kecil yang muncul pada daerah kelamin yang berubah menjadi koreng kerak kering pada luka.

- Pembengkakan pada kelenjar getah bening, serta mengalami demam, nyeri atau rasa sakit pada seluruh tubuh.

- Mengeluarkan keringat di malam hari, berat badan menurun dan sangat merasa lelah.

 



Lalu, Apa Sajakah Gejala-Gejala Penyakit Sifilis


Gejala-gejala yang umum ditimbulkan oleh penyakit sifilis adanya luka yang mungkin akan berbentuk bulat atau lonjong, dengan dasar bersih, jika diraba terasa kenyal bahkan keras, dan tidak adanya rasa sakit atau nyeri saat ditekan.

Gejala lainnya yaitu dapat mengakibatkan kelenjar getah bening di lipatan paha bagian dalam yang membesar, bertekstur kenyal dan tidak adanya rasa sakit atau nyeri saat ditekan.
Untuk gejala yang lebih khusus, penularan dan gejala yang terlihat dibagi menjadi beberapa tingkat yang berbeda-beda tentunya, antara lain adalah:

- Tingkat 1, penularan dapat terdeteksi sekitar 10-90 hari setelah melakukan hubungan badan

- Tingkat 2, adanya lepuhan luka kecil yang bernanah disertai rasa sakit dan terjadi pembengkakan pada kelenjar getah bening yang mengeras disekitar luka seperti lipatan-lipatan pada paha.

- Tingkat 3 biasanya gejala akan terjadi sekitar 40 hari setelah masuk pada tingkat 1 dan gejalanya adalah terlihat adanya luka-luka kecil berwarna merah di sekitar permukaan kulit, ataupun bisa muncul dari kulit kepala hingga telapak tangan dan perlu Anda ketahui bahwa luka-luka tersebut timbul akibat kuman yang telah menyebar melalui peredaran darah.

- Gejala sifilis yang lainnya adalah terasa sakit pada tenggorokan, pusing, lesu, nyeri dan terjadinya kerontokan pada rambut.

 

Bagaimanakah Cara Untuk Mencegah Penyakit Sifilis?



- Ada baiknya untuk menjauhi berhubungan seksual dengan orang yang terinfeksi, karena cara tersebut sangat efektif untuk mengurangi penularan sifilis.

- Ada baiknya juga untuk selalu menggunakan kondom yang tepat saat melakukan hubungan seks, namun perlu Anda perhatikan bahwa pemakaian alat kondom tidak selamanya bisa mengurangi resiko terinfeksi PMS lainnya.

- Setia pada satu pasangan dan menghindari zat seperti alkohol dan zat terlarang lainnya yang dapat meningkatkan risiko tertular sifilis
- Meningkatkan daya tahan tubuh atau imun tubuh, sebab jika daya tahan tubuh kurang maka tubuh bisa sangat mudah untuk terinfeksi penyakit

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai ciri ciri penyakit sifilis pada wanita dan pria dan jika Anda mengalami ciri ciri penyakit sifilis pada wanita dan pria maka segera diobati di Klinik Utama Gracia dan Anda juga bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan mengklik tombol chat online di atas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.