User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 


Kutil kemaluan adalah infeksi menular seksual penyakit kelamin yang mengakibatkan timbulnya benjolan kecil lembut di daerah kelamin atau dubur yang disebabkan oleh human papilloma virus (HVP).

Selain itu seseorang dapat terjangkit kutil kelamin melalui kontak antara kulit ketika dirinya melakukan hubungan seksual dengan orang lain yang sudah terinfeksi dan besarnya resiko tersebut adalah sebesar 66%, karena itu kutil kelamin merupakan penyakit seksual yang cukup umum terjadi.

Penyakit kutil kelamin mungkin tidak menimbulkan rasa nyeri serta tidak membahayakan jiwa penderitanya, walaupun demikian penyakit ini bisa menimbulkan stres akibat benjolan yang tidak sedap dipandang mata.

Siapa Sajakah yang Berisiko Mengalami Kutil Kemaluan?
Seseorang yang rentan tertular kutil kemaluan biasanya di tunjang oleh beberapa faktor-faktor resiko, seperti melakukan hubungan seksual dengan bergunta-ganti pasangan tanpa menggunakan kondom, melakukan hubungan seksual dengan orang yang riwayat kehidupannya tidak di ketahui, dan aktif berhubungan seksual sejak usia remaja.

Selain itu, seseorang juga lebih rentan terkena kutil kelamin jika sudah pernah sebelumnya menderita penyakit menular seksual lainya.

Perlu Anda ketahui bahwa dengan berciuman, berpelukan atau berbagi handuk, pakaian dan barang-barang sehari-hari tidak membuat tertularnya kutil kelamin dan dengan kondom juga dapat membantu untuk melindungi serta mengurangi risiko terhadap penularan kutil kelamin.

Apa Sajakah Gejala-Gejala Kutil Kelamin?


Pada umumnya kutil kelamin yang di sebabkan oleh penularan virus melalui benda ataupun melalui hubungan seksual memiliki gejala yang akan dialami dan dirasakan oleh penderitanya.

Setelah infeksi virus maka akan ada gejala kutil kelamin yang di alami oleh laki-laki atau pun perempuan yang terinfeksi kutil kelamin dan berikut dibawah ini adalah beberapa gejala-gejala kutil kelamin yang bisa terjadi diantaranya:

- Gatal-Gatal Pada Bagian Intim
Gatal-gatal pada bagian intim, dan tentunya gejala kelamin pada pria dan wanita ini biasanya sering terjadi, dan cukup mengganggu jika datang di waktu yang tidak tepat seperti halnya di tempat umum yang ramai orang.

- Munculnya Rasa Panas Pada Organ Kelamin
Munculnya rasa panas pada organ kelamin juga merupakan bagian dari gejala kutil kelamin pada pria dan wanita, yang akan terjadi kelamin terasa panas secara tiba-tiba atau pun bersamaan pada saat datangnya rasa gatal.

- Iritasi Kulit Pada Kulit Kelamin
Iritasi kulit juga akan terjadi di kulit kelamin, karena iritasi kulit kelamin juga bagian dari gajala kutil kelamin pada pria dan wanita.

Iritasi kulit kelamin sama halnya dengan rasa gatal dan berubah warna di sekitar kulit yang mengalami iritasi. jika mengalami hal seperti ini maka sebaiknya hati-hati, karena bisa bertanda jika virus HVP telah memasuki tubuh dan telah menginfeksi.

- Pendarahan
Pendarahan bisa terjadi karena adanya gesekan yang terkena pada saat malakukan hubungan seksual. Ukuran kutil kelamin mulai tumbuh cukup besar, sehingga akan membuat pendarahan di organ kelamin.

Menimbulkan keputihan yang tidak normal salah satu gejala kutil kelamin pada wanita. Keputihan yang tidak normal dalah jenis keputihan yang menimbulkan bau menyengat dan lengket pada bagian organ intim perempuan.

 

4 Metode Pengobatan Ini Dipercaya Ampuh Hilangkan Kutil Kemaluan


Perlu Anda ketahui bahwa metode pengobatan kutil kemaluan di bagi menjadi dua, yaitu dengan menggunakan obat-obatan topikal adalah pengobatan dengan mengoleskan obat berbentuk salep, krim atau cairan yang mengandung zat tertentu pada bagian yang terinfeksi dengan tujuan untuk membunuh sel kutil atau merangsang sistem kekebalan tubuh yang melawan infeksi.

Selain itu perlu Anda catat bahwa jangan menggunakan obat kutil biasa untuk mengobati kutil kemaluan karena dapat mengakibatkan kutil kelamin semakin iritasi serta dapat menimbulkan rasa sakit.

1. Metode Eksisi
Metode eksisi adalah metode dimana kutil akan di potong dan dibuang dan selanjutnya luka pada kulit akan di jahit.

2. Metode Bedah Listrik
Metode bedah listrik adalah metode yang biasanya digunakan setelah melakukan metode eksisi dimana sisa-sisa jaringan kutil kelamin yang masih ada kemudian akan dibakar dengan menggunakan kawat yang panas. Selain itu perlu Anda ketahui bahwa metode ini digunakan untuk menghilangkan kutil dibagian vulva dan anus.

3. Metode Cryotherapy
Cryotherapy merupakan metode pelepasan kutil dengan cara dibekukan menggunakan cairan nitrogen. Metode ini dilakukan secara berkala untuk menghilangkan kutil kecil yang terdapat di penis dan di sekitar vulva tanpa sisa dan tertutup oleh kulit baru.

4. Metode Bedah Laser
Metode bedah laser adalah metode yang menggunakan energi laser untuk membakar dan menghilangkan kutil kelamin yang berukuran besar yang letaknya sulit untuk di jangkau seperti di dalam uretra atau anus.

Diagnosi Kutil Kemaluan
Dokter mengdiagnosis kutil kelamin dengan mudah melalui pemeriksaan secara kasat mata di bantu dengan kaca pembesar. Pemeriksaan secara lebih mendetail biasanya tergantung pada lokasi tubuhnya kutil kelamin.

Dokter akan menggunakan alat yang di sebut proktoskop untuk melihat kutil yang tumbuh didalam anus dan spekulum adalah alat untuk melihat dinding dan leher rahim. Jika adanya kutil kelamin yang di duga tumbuh didalam vagina.

Test papsmear dan pemeriksaan area panggul yang khusus pada wanita sebaiknya rutin dilakukan. Selain bisa mendekteksi perubahan di dinding dan leher rahim akibat kutil kemaluan. Pemeriksaan yang dilakukan dengan cara mengambil sampel sel dari rahim untuk diperiksa di laboratorium dapat mendektesi tanda-tanda kanker rahim sejak dini.

 

Bagaimanakah Cara Mencegah Kutil Kemaluan?

- Tahan Hasrat Untuk Melakukan Hubungan Seks
Tahan hasrat untuk melakukan hubungan seksual merupakan cara terbaik mencegah penularan kutil kemaluan dan jika tidak mampu untuk menahan hasrat untuk melakukan hubungan seksual, maka dengan menggunakan kondom bisa digunakan akan tetapi penggunaan kondom juga masih bisa menyebabkan kutil kelamin.

Hal tersebut terjadi karena masih ada bagian kulit yang dapat terpapar kutil kelamin, meskipun begitu setidaknya pemakaian kondom bisa maminimalkan resiko terkena kutil kemaluan dan melindungi dari penyakit seksual lainnya.

- Menggunakan Vaksin HPV
Pencegahan kutil kemaluan juga bisa dilakukan dengan menggunakan vaksin HPV, akan tetapi vaksin sebaiknya di berikan oleh dokter sebelum seseorang menjadi aktif secara seksual agar hasilnya lebih efektif.

Pemberian vaksin bisa dilakukan pada usia 12 tahun untuk anak laki-laki, dan anak perempuan diberikan pada usia 11 tahun, akan tetapi bagi mereka yang belum pernah mendapatkan vaksinasi HPV kutil kemaluan di usia tersebut, maka bisa menyusul secepatnya. Biasanya laki-laki di berikan pada sekitar usia 21 tahun, sedangkan untuk perempuan sampai sekitar 26 tahun.

Nah, Itulah tadi berbagai macam pembahasan mengenai kutil kemaluan dan jika Anda memiliki gejala yang ada di atas segera konsultasikan dengan kami di Klinik Utama Gracia, atau Anda bisa juga berkonsultasikan dengan mengklik tombol chat online diatas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.