User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Apa Itu Herpes? Dan Bagaimana Cara Penularannya?


Tahukah Anda bahwa penularan herpes hanya bisa terjadi ketika melakukan kontak fisik secara langsung dengan penderita herpes genital. Penyakit ini tidak akan menular ketika menggunakan benda mati secara bersamaan seperti, berbagi handuk, toilet duduk, dan benda lainnya.

Anda bisa mendapatkan penularan herpes tanpa disadari, karena penularan herpes genital jarang sekali menyebabkan gejala awal sampai bertahun-tahun terinfeksi. Herpes disebabkan oleh virus dan dapat mempengaruhi mulut (secara oral) dan area sekitar penis atau vagina (genital), paha atas atau bokong.

Apa Yang Menyebabkan Herpes Menular?


Virus yang menyebabkan herpes bisanya menyebar dari 1 orang ke orang lain selama seks vaginal, oral dan anal yang dinamakan Herpes Simpleks Virus (HSV). Virus dapat masuk ke tubuh melalui kulit. Bisa juga masuk melalui kulit mulut, penis, vagina, saluran kemih atau anus. Penularan herpes paling mudah menyebar ketika adanya luka pada orang yang terinfeksi.

Penularan herpes bisa menyebar kapan saja, bahkan ketika orang yang menderita herpes genital tidak mengalami gejala apapun. Herpes juga bisa menyebar dari 1 tempat ke tempat lain di bagian tubuh yang lain. Jika Anda menyentuh luka di alat kelamin dan dapat membawa virus di jari-jari tangan. Kemudian dapat memasukkannya ke bagian lain dari tubuh termasuk mulut atau mata.

Seorang wanita hamil harus mengkonsultasikan dengan dokter jika memiliki herpes genital. Jika memiliki infeksi herpes secara aktif saat persalinan, maka dapat menularkan ke bayi. Ketika bayi lahir melewati jalan lahir, kemungkinan kontak dengan luka dan terinfeksi oleh virus ini. Dan dapat menyebabkan kerusakan otak, kebutaan atau bahkan kematian pada bayi yang baru lahir. Jika Anda memiliki penyakit herpes yang aktif ketika persalinan, dokter akan melakukan operasi caesar (C. Section). Maka bayi tidak harus melalui jalan lahir dan terkena virus.

Baca Juga :  Bagaimanakah Cara Menyembuhkan Herpes Kelamin?

 

Tanda Dan Gejala Penularan Herpes

Pada kebanyakan orang tidak mengalami gejala selama berbulan-bulan atau bertahun-tahun setelah terinfeksi. Mereka yang memiliki gejala selama periode awal biasanya akan memperhatikan sekitar 4 hari setelah terpapar (kisaran 2-12 hari). Banyak orang dengan Herpes Simpleks Virus (HSV) mengalami herpes berulang. Ketika seseorang untuk yang pertama kalinya terinfeksi, infeksi berulang cenderung terjadi lebih sering. Gejalanya terbagi seperti :

• Gejala Infeksi Primer

Infeksi primer adalah terjangkitnya herpes yang terjadi ketika seseorang untuk yang pertama kalinya terinfeksi. Gejala-gejalanya bisa sangat parah dan kemungkinan termasuk :

• Luka dan ulserasi pada genitalia eksternal di vagina atau di serviks (leher rahim).
• Keputihan.
• Rasa sakit dan gatal.
• Kelenjar getah bening yang lunak dan membesar.
• Nyeri saat buang air kecil.
• Suhu tinggi (demam).
• Malaise (merasa tidak enak badan).
• Luka dingin di sekitar mulut.
• Lepuhan merah pada kulit.

• Gejala Infeksi Berulang


Gejala yang terjadi pada infeksi berulang cenderung lebih ringan dan tidak berlangsung selama tahap infeksi primer. Biasanya, gejala akan berlangsung tidak lebih dari 10 hari, termasuk :

• Terasa terbakar atau kesemutan disekitar alat kelamin sebelum luka muncul.
• Pada wanita yang mengalami luka dan ulserasi pada serviks (leher rahim).
• Luka dingin disekitar mulut.
• Lepuhan merah.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Penularan Herpes?

Jenis virus ini pada umumnya didiagnosis dengan pemeriksaan fisik. Dokter akan memeriksa tubuh untuk mencari luka dan menanyakan mengenai beberapa gejalanya. Dokter akan menganjurkan untuk melakukan pengujian atau tes Herpes Simpleks Virus (HSV). Dan setelah itu sampel cairan dari luka tersebut dianalisis untuk diuji. Tes darah untuk mencari antibodi HSV-1 dan HSV-2 juga dapat membantu mendiagnosis infeksinya dan membantu ketika tidak adanya luka.

Cara Penanganan Herpes Yang Menular


Jika Anda menderita herpes, segera konsultasikan dengan dokter sesegera mungkin. Untuk lebih mudah saat mendiagnosis ketika adanya luka. Dan pengobatan bisa dilakukan lebih cepat dan kemungkinan memiliki sedikit rasa sakit dengan infeksinya. Tidak ada obat-obatan untuk herpes. Akan tetapi obat-obatan dapat membantu.

Obat-obatan dapat membantu melawan penularan herpes. Dapat mempercepat penyembuhan dan mengurangi rasa sakit herpes bagi kebanyakan orang. Pengobatan awal dapat dilakukan untuk mengobati infeksi primer atau infeksi berulang. Jika obat-obatan yang digunakan untuk mengobati infeksi berulang, biasanya akan terasa kesemutan, seperti rasa terbakar atau rasa gatal serta untuk mencegah rekurensi.

Ketika Anda menginginkan perawatan yang sesuai maka Anda tidak salah pilih lagi, kami sangat merekomendasikan agar Anda melakukan perawatan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik spesialis penyakit kelamin yang ada di Jakarta, Indonesia. Dengan pelayanannya yang sangat baik, serta Klinik Utama Gracia sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya.

Oleh karena itu sudah banyak yang melakukan perawatan di Klinik Utama Gracia dan hasilnya sembuh. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 dan jika ada pertanyaan lain seputar penyakit herpes, Anda bisa menggunakan layanan konsultasi online gratis dibawah ini.

Baca Juga :  Ternyata Seperti Ini Ciri-Ciri Herpes


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Sipilis atau raja singa adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh infeksi dari jenis bakteri treponema pallidum. Pengendalian atau pencegahan penyakit sipilis sendiri memang tidak bisa bekerja secara maksimal atau sepenuhnya untuk menghentikan penyebaran bakteri tersebut. maraknya hubungan seksual yang dilakukan tentu merupakan faktor yang menjadi media penyebaran utama dari bakteri tersebut.

Tanda pertama saat bakteri menginfeksi tubuh Anda adalah dengan munculnya gejala luka atau lecet (chancre) kecil dan tidak menyakitkan, biasanya ada pada bagian organ genital, rektum, ataupun didalam mulut. Kebanyakan orang tentu tidak akan menyadari gejala awal tersebut dan lebih sering dibiarkan hingga akhirnya bakteri tambah berkembang dan masuk kedalam tahap selanjutnya.

Penyakit sipilis memiliki beberapa tahapan dalam perkembangan infeksinya, sebagaian besar orang akan tahu kondisinya ketika dirinya sudah memasuki tahap yang lebih lanjut dibandingkan pada tahap awalnya. Berikut adalah tahapan dari penyakit sipilis beserta dengan gejala-gejala yang ditimbulkannya.

Baca Juga :  Bahaya Penyakit Sipilis Apabila Tidak Segera Diobati

o Penyakit sipilis tahap 1

Pada tahap ini, Anda akan memiliki sebuah luka yang dihasilkan dari bentuk aktifitas seksual yang sebelumnya dilakukan. Luka atau chancre tersebut memiliki batas yang tegas namun tidak terasa sakit bahkan ketika disentuh. Memiliki tingkat kekerasan saat Anda tekan dan seperti luka pada umumnya, dalam beberapa hari luka tersebut bisa sembuh.

o Penyakit sipilis tahap 2

Setelah luka sembuh, bahkan jika Anda tidak melakukan perawatan apapun pada luka tersebut. namun kondisi ini berarti bakteri penyebab penyakit berkembang atau berjalan kedalam sistem tubuh dan akan menimbulkan ruam atau semacam bentolan berwarna merah kecoklatan dan bisa muncul diseluruh bagian tubuh Anda.

o Penyakit sipilis tahap 3

Pada tahap ke 3 bakteri seolah-olah mati dan tidak menimbulkan gejala sama sekali. Hal ini membuat penderita beranggapan bahwa mereka sudah sembuh. Kondisi ini bisa bertahan sekitar 1-2 tahun, sebelum berlanjut ke tahap selanjutnya yang lebih berbahaya.

o Penyakit sipilis tahap 4

Tahap akhir atau dimana bakteri penyebab penyakit sipilis sudah menginfeksi organ vital dan sistem saraf pusat pada tubuh. Kondisi ini bisa mengakibatkan kematian sebagai bahaya utama atau adanya kerusakan fungsi tubuh yang bersifat permanen. Kondisi ini juga bisa menimbulkan adanya berbagai keluhan atau penyakit akibat sistem kekebalan tubuh yang semakin melemah.

Tindakan Yang Tepat Untuk Pencegahan Penyakit Sipilis


Diperlukan kesadaran pribadi yang tinggi serta tindakan pasti sebagai pencegahan penyakit sipilis dan juga penyebarannya. Penyakit sipilis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh bakteri namun bisa berakibat hingga hilangnya nyawa seseorang akibat infeksinya. Penyakit sipilis dapat diatasi dengan pemeriksaan dan juga perawatan secara tepat.

Pencegahan penyakit sipilis sangat penting untuk dilakukan bagi setiap lapisan masyarakat, hal ini sangat dibutuhkan untuk menghindari adanya penularan atau penyebaran infeksi yang meluas. beberapa tindakan berikut bisa Anda terapkan sebagai tindakan pencegahan penyakit sipilis, seperti :

o Menghindari atau tidak melakukan berbagai macam kontak seksual yang berisiko
o Menerapkan mutual monogami, dimana Anda hanya melakukan kontak seksual dengan satu pasangan saja
o tidak berbagi atau memakai mainan seksual
o tidak menggunakan obat-obatan atau narkoba
o hindari berbagi jarum jika menggunakan obat yang disuntik
o menerapkan hubungan seksual atau aktifitas seksual secara bersih
o melakukan tes atau skrining kesehatan untuk infeksi menular seksual (IMS) secara berkala
o tidak melakukan kontak langsung atau berdekatan dengan luka infeksi dari seseorang yang terkena penyakit sipilis

Pemeriksaan Dilakukan Untuk Pencegahan Penyakit Sipilis

Cara terbaik untuk tindakan pencegahan penyakti sipilis maupun penyakit menular seksual (PMS) lainnya adalah dengan tidak berganti-ganti pasangan atau mempraktekan hubungan seksual yang aman. Hindari aktifitas yang berisiko tinggi untuk membantu menurunkan risiko penyebaran bakteri penyakit sipilis pada orang lain.
 
Tindakan pencegahan penyakit sipilis seperti diatas tentu bisa dijadikan sebagai bagian dari gaya hidup atau aktifitas dalam keseharian. tidak perlu merasa khawatir atau takut ketika sebelumnya Anda memiliki riwayat aktif dalam hubungan seksual, selama gejala penyakit bisa diketahui sejak awal dan Anda tidak terlambat untuk melakukan perawatan maka penyakit sipilis dapat ditangani.
 
Pemeriksaan yang dilakukan secara berkala untuk mengetahui kondisi kesehatan Anda secara menyeluruh dapat dilakukan bahkan ketika Anda tidak memiliki gejala atau penyakit apapun. Dengan artian bahwa pemeriksaan tidak hanya harus dilakukan oleh orang yang memiliki keluhan atau dalam kondisi sakit. Anda bisa melakukannya sebagai tindakan antisipasi mengingat banyaknya penyakit yang bisa muncul tanpa adanya gejala fisik atau terlihat.
 
Klinik Utama Gracia adalah klinik khusus kesehatan genital yang menangani keluhan mengenai penyakit menular seksual (PMS), andrologi, dan juga ginekologi. Untuk keluhan penyakit sipilis Klinik Utama Gracia merupakan klinik yang menggunakan metode modern serta canggih pada setiap tindakan yang dilakukan. Sehingga untuk pencegahan penyakit sipilis klinik kami tidak hanya
menggobati keluhan secara fisik tetapi juga terfokus pada pengobatan untuk penyebabnya.
 
Keluhan yang masuk dalam tahap serius tentu akan membutuhkan waktu pengobatan dan juga pemulihan lebih lama jika dibandingkan dengan keluhan yang diketahui dalam tahap awal. Segera lakukan pemeriksaan diklinik kami atau hubungi 081336361555 untuk berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis ahli kami. Anda juga bisa memanfaatkan layanan konsultasi gratis melalui chat online dengan staff medis kami, dengan cara klik gambar dibawah ini.
 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Penyakit sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh infeksi bakteri dan dapat menyebabkan bahaya penyakit sipilis atau masalah kesehatan yang serius jika tidak segera ditangani. Sipilis lebih sering terjadi pada pria dibandingkan pada wanita, dan jumlah orang yang terinfeksi penyakit sipilis meningkat pada pria yang berhubungan seks dengan pria lagi atau pada orang yang memiliki infeksi HIV atau AIDS.

Sipilis adalah penyakit menular seksual (PMS). Ditularkan dari orang ke orang melalui kontak langsung dengan penderita penyakit sipilis yang dikenal dengan chancre. Luka-luka ini dapat di temukan pada alat kelamin pria, alat kelamin wanita, anus, dubur, bibir dan mulut. Pada wanita hamil dapat menularkan penyakit ini ke bayinya yang belum lahir. Penyakit ini dapat menyebabkan bahaya penyakit sipilis dengan jangka panjang jika tidak segera ditangani.

Beberapa Penyebab Munculnya Penyakit Sipilis


Penyakit menular seksual (PMS) ini disebabkan oleh bakteri yang disebut Treponema Pallidum dan ditularkan melalui kontak seksual, biasanya dalam bentuk seks vaginal, oral atau anal. Jika tidak segera ditangani maka dapat menyebabkan berbagai bahaya penyakit sipilis atau penyakit serius lainnya seperti gila dan bahkan kematian.

Siapapun yang aktif secara seksual akan berisiko terkena penyakit sipilis. Sipilis biasanya menular melalui kontak dengan luka yang terinfeksi dan biasanya melalui vagina, anal atau oral seks atau dengan berbagi mainan seks (seks toys). Pengguna obat-obatan terlarang seperti narkoba dan yang lainnya lalu berbagi jarum suntik dapat menularkan penyakitnya karena berbagi dengan seseorang yang terinfeksi. Selain itu dapat tertular dari transfusi darah meskipun semua sampel diuji. Sipilis tidak dapat menyebar melalui dudukan toilet, pakaian atau alat makan.

Baca Juga : 4 Gejala Penyakit Sifilis Pada Pria Dan Wanita

 

Tanda Dan Gejala Utama Penyakit Sipilis

Sipilis memiliki 3 tahap dan masing-masing dengan gejala yang berbeda seperti:
 
1. Sipilis Primer
 
• 10 hari hingga 3 bulan setelah terinfeksi kemungkinan mendapatkan chancre di area infeksi. Biasanya pada alat kelamin pria atau alat kelamin wanita, dimulut atau disekitar dubur.
 
• Untuk menyembuhkan sekitar 2 hingga 6 minggu. Kelenjar didekat luka bisa membengkak.
 
2. Sipilis Sekunder
 
• Beberapa minggu setelah adanya rasa sakit kemungkinan akan mendapatkan ruam ditubuh, biasanya di telapak tangan atau di telapak kaki. Kemungkinan merasa sakit dengan demam atau sakit kepala.
 
• Kemungkinan mengalami rambut rontok, kehilangan berat badan atau pertumbuhan seperti kutil kelamin. Ini akan muncul disekitar anus pada pria dan wanita dan juga disekitar vulva pada wanita.
 
• Antara tahap kedua dan ketiga, sipilis bisa menjadi laten yang berarti tidak menunjukkan tanda ataupun gejala.
 
3. Sipilis Laten
 
• Setelah sekunder, masuklah tahap laten. Pada tahap ini tidak memiliki gejala sama sekali. Gejala yang muncul pada primer dan sekunder akan hilang pada tahap laten, seolah-olah sembuh. Kenyataannya sebaliknya, justru ini akan menuju tahap selanjutnya yaitu tersier.
 
4. Sipilis Tersier
 
• Beberapa tahun kemudian, sipilis dapat menyebabkan masalah serius seperti dapat merusak jantung, otak dan sistem saraf. Infeksi ini biasanya terdeteksi pada saat itu.

Bahaya Penyakit Sipilis Jika Tidak Diobati


Pada tahap awal bahaya penyakit sipilis akan menyebabkan luka yang disebut chancre didalam tubuh. Chancre terlihat banyak di daerah genital tubuh. Sipilis juga bisa menyebabkan ruam, demam ringan, kelelahan, sakit kepala, sakit tenggorokan, rambut rontok dan kelenjar bengkak diseluruh tubuh. Jika dibiarkan sipilis yang tidak diobati bisa menyebar ke seluruh area tubuh.

Bahaya penyakit sipilis kemungkinan besar akan mempengaruhi jantung, mata, otak, sistem saraf, tulang dan persendian. Sipilis dapat menyebabkan penyakit mental, kebutaan, masalah neurologis, penyakit jantung dan kematian. Penyakit utama karena sipilis adalah neurosifilis. Ketika bakteri yang menyebabkan sipilis menyerang sistem saraf maka orang yang terinfeksi dapat mengembangkan neurosifilis.

Beberapa orang dengan neurosifilis kemungkiann tidak mengalami komplikasi atau bahaya penyakit sipilis. Beberapa komplikasi atau bahaya penyakit sipilis termasuk sakit kepala, leher kaku, demam, kejang dan gejala yang mirip dengan stroke (mati rasa, lemah dan masalah penglihatan). Diperlukan waktu hingga 20 tahun untuk mengembangkan neurosifilis sejak infeksi.

Sipilis menyebabkan kerusakan organ internal selama tahap laten dan tersier. Infeksi sipilis tahap tersier menyebabkan masalah serius seperti:

• Kerusakan vessel darah.
• Penyimpangan jantung.
• Cacat mental.
• Kerusakan tulang.
• Kerusakan hati.
• Gangguan sistem saraf.
• Adanya luka di tubuh atau di kulit (gummata).

Sipilis tahap akhir jika tidak segera ditangani juga dapat menyebabkan kematian. Ibu hamil berisiko menularkan sipilis ke bayinya yang belum lahir.

Cara Mengatasi Penyakit Sipilis Dan Cara Pencegahannya


Perawatan sipilis dengan pengujian atau tes darah untuk memastikan kesembuhan. Jika tidak ditangani dalam jangka panjang maka sipilis yang tidak diobati dapat mempengaruhi otak, jantung, pembuluh darah besar, sumsum tulang belakang, kulit dan tulang. Dan bisa menyebabkna cacat dan kematian.

Saat mengalami infeksi dan setelah didiagnosis usahakan jangan berhubungan seksual terlebih dahulu selama perawatan, bahkan dengan pengaman atau pelindung sekalipun. Sipilis sangat menular terutama selama tahap pertama dan kedua. Anda dapat mengurangi risiko terkena sipilis dengan cara seperti:

• Selalu menggunakan pengaman atau pelindung karena itu adalah cara terbaik untuk melindungi penyakit sipilis dan infeksi menular seksual (IMS) lainnya. Digunakan selama seks vaginal dan anal atau oral hal tersebut dapat mencegah infeksi menular seksual (IMS).

• Miliki hubungan jangka panjang dimana tidak ada salah satu yang terinfeksi dan tidak memiliki pasangan lain atau berganti-ganti pasangan.

• Batasi pasangan seks Anda, semakin sedikit orang yang berhubungan semakin rendah risiko orang yang menderita penyakit sipilis.

• Hindari menggunakan jarum suntik secara bersamaan, seperti membuat tattoo atau memakai narkoba.

Untuk lebih jelas mengenai pertanyaan seputar penyakit kelamin. kami sangat merekomendasikan Anda untuk melakukan perawatan di Klinik Utama Gracia. Karena sudah banyak pasien yang juga melakukan perawatan penyakit kelamin di Klinik Utama Gracia dan hasilnya sembuh. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 dan jika ada pertanyaan lainnya maka dapat menggunakan layanan konsultasi online gratis dibawah ini.

Baca Juga :  Gejala, Penyakit Sifilis Dan Penyebab Sifilis


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS), infeksi sipilis terjadi secara bertahap yang disebut primer, sekunder, laten dan tersier. Oleh karena itu harus segera mencari tempat pengobatan sipilis yang paling tepat agar penyakitnya bisa segera ditindak lanjuti. Setiap tahap memiliki berbagai jenis gejala. Sipilis bisa aktif dan tidak aktif, kedua kondisi ini bisa silih berganti.
 
Ketika kondisinya aktif kemungkinan adanya gejala. Namun ketika kondisinya tidak aktif maka tidak ada gejala yang muncul meskipun penyakitnya masih berada didalam tubuh. Sipilis jauh lebih umum daripada klamidia dan gonore (kencing nanah), tingkat sipilis telah meningkat dan kasus sipilis terjadi pada pria yang berhubungan seks dengan pria lagi.

Penyebab Yang Di Timbulkan Oleh Sipilis


Sipilis adalah infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh bakteri yang bernama Treponema Pallidum. Sipilis ditularkan antara pasangan seksual melalui kontak kulit ke kulit saat berhubungan seksual. Sipilis juga bisa ditularkan dari ibu hamil ke bayi nya.

Segera lakukan konsultasi dengan dokter spesialis yang nanti akan menangani Anda mengenai penyakit yang Anda derita. Agar dilakukan pemeriksaan awal mengenai sipilis. Setelah pemeriksaan dilakukan dokter biasanya akan menyarankan atau menganjurkan untuk melakukan pengobatan sipilis lebih lanjut untuk menghindari gejala yang berulang.

Baca Juga :  Sering Di Abaikan Inilah Cara Menyembuhkan Penyakit Sipilis

Adapun Tanda Dan Gejala Daripada Penyakit Sipilis

Banyak orang yang terinfeksi sipilis tidak memiliki gejala selama bertahun-tahun, namun akan tetap berisiko mengalami setiap komplikasi lanjut jika terus terusan tidak diobati. Oleh karena itu lakukan pengobatan sipilis agar gejalanya tidak bersarang di tubuh Anda. Meskipun tampaknya sipilis muncul dari orang-orang dengan luka yang berada di tahap primer atau sekunder. Sebagian besar penularan berasal dari orang-orang yang tidak menyadari infeksinya. Tahapan gejalanya sebagai berikut:

• Tahap Primer

Luka (chancre) berbentuk bulat dan kecil dan tidak terasa nyeri. Gejala pertama biasanya mulai dari 10 sampai 90 hari setelah infeksi, berlangsung 3 hingga 6 minggu, jika tidak segera melakukan pengobatan sipilis maka infeksinya akan berlanjut ke tahap kedua. Oleh karena itu harus melakukan pengobatan sipilis.

• Tahap Sekunder

Ruam kulit dan selaput lendir muncul setelah tahap primer selesai. Ruam muncul sebagai bintik-bintik berwarna cokelat dan bertekstur kasar, terkadang berwarna merah atau kemerahan baik itu di telapak tangan atau di bagian bawah kaki.

• Tahap Laten

Tidak menyebabkan gejala dan infeksi hanya dapat dideteksi dengan pengujian atau tes darah. Jika tidak segera mendapatkan pengobatan sipilis, maka tahap laten akan berlanjut seumur hidup. Meskipun orang yang dengan sipilis tahap laten tidak pernah memiliki masalah yang serius.

• Tahap Tersier


Muncul ketika gejala dari tahap sekunder menghilang dan mempengaruhi tubuh secara internal. Tanda dan gejelanya termasuk kesulitan berkoordinasi dengan gerakan otot, kelumpuhan, mati rasa, kebutaan yang bertahap dan demensia. Sipilis tidak menular pada tahap ini meskipun kerusakan yang terjadi pada orang-orang yang terinfeksi dapat mengakibatkan kematian.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Sipilis

Pemeriksaan kesehatan seksual secara teratur dengan dokter dapat mendeteksi penyakit sipilis dengan pengujian atau tes darah. Jika seorang pria berhubungan seks dengan pria lain (termasuk oral seks) maka sangat penting untuk melakukan pengobatan. Konsultasikan dengan dokter spesialis yang nanti akan menangani Anda.

Pengobatan Sipilis Yang Paling Utama


Pengobatan biasanya dengan terapi. Pengobatan dengan antibiotik yang berbeda dilakukan jika seseorang tersebut memiliki alergi terhadap obat-obatan lain. Pengobatan dapat menyembuhkan penyakit sipilis meskipun tidak akan mengoptimalkan kerusakan yang disebabkan oleh sipilis pada tahap tersier ini.

Setelah pengobatan, pengujian atau tes darah lanjutin dilakukan pada 6 dan 12 bulan, dan setiap 6 bulan selama 2 tahun untuk memastikan bahwa pengobatan bekerja dengan baik. Pengujian atau tes akan dilakukan lebih sering jika seseorang tersebut mengidap HIV. Pengobatan dilakukan se efektif mungkin untuk semua tahap termasuk tahap kongenital.

Pengobatan sipilis di awal infeksi diperlukan untuk membantu mencegah komplikasi lebih lanjut dan untuk menghindari infeksi ke pasangan seksualnya. Usahakan menghindari kontak seksual sampai pengobatannya selesai. Dokter biasanya melakukan pengujian atau tes sipilis dengan pemeriksaan fisik dan darah.

Selain itu STD (penyakit kelamin) lain seperti gonore (kencing nanah), klamidia dan HIV juga perlu diperiksakan. Siapapun yang aktif secara seksual harus melakukan pemeriksaan mengenai penyakit menular seksual (PMS) lainnya. Seseorang yang telah melakukan hubungan seksual dengan seseorang yang menderita sipilis atau memiliki gejala penyakit apapun maka harus melakukan pemeriksaan dengan dokter sesegera mungkin.

Untuk mencari tempat pengobatan yang paling tepat hanya ada di Klinik Utama Gracia. Klinik yang menangani berbagai macam penyakit kelamin yang sudah terbukti dan menjadi kepercayaan setiap orang dalam menangani penyakit kelamin. Untuk pengobatan kami hanya merekomendasikan Anda di Klinik Utama Gracia dan segera menghubungi kami di nomor 081336361555 dan jika Anda mempunyai pertanyaan lain seputar penyakit kelamin maka dapat menggunakan layanan konsultasi online gratis dibawah ini.

Baca Juga :  Waspada, Inilah Ciri Ciri Penyakit Sipilis Pada Wanita Dan Pria


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Bagi Anda yang mengalami gejala kutil kelamin pasti bertanya-tanya mengenai bagaimana cara mengobati kutil di kemaluan pria dan wanita, sebelum membahasnya sebaiknya ketahui dulu apa itu kutil kelamin.

Kutil kelamin tumbuh di kulit di area selangkangan, genital atau anal dan bisa menyerang pria maupun wanita. Oleh karena itu harus segera mencari cara mengobati kutil di kemaluan pria maupun wanita dengan pengobatan yang tepat. Ukuran dan bentuk kutil bisa berbeda-beda. Beberapa terlihat seperti datar dan berwarna putih namun terkadang terlihat bergelombang seperti kembang kol.

Kutil kemaluan adalah jenis infeksi menular seksual (IMS) yang disebabkan oleh virus yang bernama Human Papilloma Virus (HPV). Kutil kemaluan muncul sebagai benjolan kecil atau sekelompok benjolan di area genital. Beberapa kutil kemaluan sangat kecil sehingga sangat sulit untuk terlihat dengan kasat mata.

Penyebab Munculnya Kutil Di Area Kemaluan Pria Maupun Wanita

Human Papilloma Virus (HPV) adalah virus daripada kutil kemaluan. Beberapa jenis virus yang menyebabkan kutil kemaluan dan beberapa jenis yang menyebabkan perubahan sel serviks (leher rahim) yang abnormal dan kanker serviks (leher rahim). HPV dan kutil kemaluan dapat menyebar melalui kontak genital atau dari kulit ke kulit dengan seseorang yang terkena virusnya.
 
Human Papilloma Virus (HPV) adalah salah satu infeksi menular seksual (IMS) yang paling umum. Ada banyak jenis HPV yang berbeda. Beberapa jenis dapat menyebabkan kutil berisiko rendah. Dan beberapa jenis dapat menyebabkan kanker serviks (leher rahim), dubur atau mulut berisiko tinggi terkena kutil. Yang terkena virus ini bukan hanya pada wanita, namun pria juga dapat tertular. Oleh karena itu segera mencari tahu cara mengobati kutil di kemaluan pria dan wanita.
 

Tanda Dan Gejala Kutil Di Kemaluan

Pada kebanyakan orang yang terinfeksi HPV tidak memiliki gejala. Akan tetapi seringkali gejalanya terlihat begitu ringan sehingga pada kebanyakan orang tidak mengetahui bahwa telah terinfeksi. Gejala-gejalanya kemungkinan termasuk adanya rasa sakit, adanya rasa gatal dan perdarahan serta dapat berkembang menjadi suatu kondisi kutil yang terlihat oleh mata.
Gejala terjadi sekitar 2 hingga 3 bulan setelah infeksi, namun bisa juga mengalami adanya gejala dari 3 minggu bahkan bertahun-tahun setelah terinfeksi. Kondisi ini adalah penyebaran virus jika kutil tidak terlihat. Baik pria maupun wanita bisa terkena kutil kemaluan dan gejalanya kemungkinan berbeda. Berikut gejala yang terjadi pada pria dan wanita, meliputi:

• Gejala Kutil Pada Pria

Kutil dapat muncul pada alat kelaminnya, skrotum atau disekitar anus. Tidak ada tes atau pengujian untuk menemukan virus kutil kemaluan. Oleh karena itu harus mengkonsultasikan dengan dokter untuk mengikuti pengujian atau tes reguler dan konsultasilkan bagaimana cara mengobati kutil di kemaluan pria.

• Gejala Kutil Pada Wanita

Kutil kemaluan muncul didalam dan disekitar alat kelaminnya atau anus dan di serviks (leher rahim) nya. Kemungkinan sangat kecil atau tampak sebagian sekelompok yang besar. Berwarna kemerahan atau putih. Dan terkadang wanita memiliki kutil namun tidak menunjukkan adanya gejala sama sekali. Jika setelah melakukan hubungan seksual tanpa pengaman atau pelindung maka harus memeriksakan ke dokter dengan menguji HPV berisiko rendah atau virus yang dapat menyebabkan kutil kemaluan. Untuk mengetahui secara pasti harus dilakukan biopsi (pengambilan sampel kutil). Terkadang kutil kemaluan dapat terbentuk didalam alat kelamin wanita dan sulit untuk ditemukan.

Bagaimana Mendiagnosis Kutil Kemaluan?

Dengan mendiagnosis kutil kemaluan maka akan ditemukan cara mengobati kutil di kemaluan pria maupun wanita. Dokter dapat mengetahui bahwa itu kutil kemaluan dengan melihat secara dekat ke area genital dan anal. Dan menanyakan mengenai gejala dan faktor risikonya. Faktor risiko adalah hal-hal yang membuat kemungkinan terkena infeksi. terkadang dokter mengambil sampel jaringan dari kutil kemaluan untuk dilakukan pengujian atau tes. Pada wanita bisa dilakukan tes pap smear dan pengambilan sampel yang kemungkinan diuji untuk jenis HPV yang berisiko tinggi.
 

Cara Mengobati Kutil Di Kemaluan Pria Maupun Wanita


Konsultasikan dengan dokter mengenai cara mengobati kutil di kemaluan pria maupun wanita. Pada kebanyakan orang memutuskan untuk mengobatinya karena gejalanya dan karena kutil yang sudah terlihat dan itu akan sangat mengganggu. Kutil bisa dihilangkan dengan cara dilaser, di operasi dan lain-lainnya. Infeksi HPV dapat tetap berada di sel-sel tubuh dan bisa saja Anda menularkannya ke pasangan seksual Anda.

Selain adanya gejala yang muncul dan dicari cara mengobati kutil di kemaluan pria maupun wanita. Perlu diperhatikan juga mengenai cara untuk mencegah infeksinya. Tubuh mampu melawan virus dan pada pasien yang berusia 20 hingga 30 tahun pada umumnya memiliki peluang lebih besar secara efektif membunuh virus dibandingkan pada pasien diatas usia 30 tahun.

Jika mengetahui adanya virus tersebut maka Anda harus meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Ketika sistem kekebalan tubuh melemah maka kutil kemaluan cenderung muncul. Dan harus sangat berhati-hati ketika menderita suatu penyakit terutama diabetes (kencing manis) yang kronis atau sedang menjalani kemoterapi.

Cara mengobati kutil di kemaluan pria maupun wanita dengan mengubah gaya hidup yang tidak sehat yang dapat meningkatkan risiko berkembangnya kutil kemaluan jika terjangkit virus. Dengan tidak merokok, meminum alkohol yang berlebihan serta stress. Cara mengobati kutil di kemaluan pria maupun wanita dengan mengkonsultasikannya dengan dokter spesialis. Dengan begitu akan dilakukan pemeriksaan awal agar gejalanya ditindak lanjuti.

Dengan begitu kutil dapat ditangani secepat mungkin, tidak menunggu hingga gejalanya bertambah parah. Dokter akan menganjurkan Anda untuk melakukan pengujian atau tes agar gejalanya bisa didiagnosis, karena dengan hasil diagnosis maka perawatan atau terapi bisa diterapkan. Selain itu tetaplah melakukan pencegahan melalui penggunaan pengaman atau pelindung ketika melakukan hubungan seksual.

Serta pemeriksaan secara rutin dengan dokter. Pasangan seksual Anda juga harus melakukan pemeriksaan agar gejalanya tidak terjadi bolak-balik. Anda tidak perlu khawatir ketika bingung untuk mencari tempat pengobatan kutil kemaluan. Karena Klinik Utama Gracia adalah salah satu klinik yang menangani permasalahan penyakit kelamin dan sudah banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia.

Salah satu klinik yang sangat tepat untuk mengatasi permasalahan tersebut di Klinik Utama Gracia. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 dan jika mempunyai pertanyaan lainnya seputar penyakit kelamin, Anda dapat menggunakan layanan konsultasi online gratis dibawah ini.

Baca Juga :  Inilah, Cara Menghilangkan Kutil Kelamin Dengan Cara Yang Tepat


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.