User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

penyebab anyang-anyangan

Anda sering ingin pipis? Tapi saat anda pipis, frekuensi airnya hanya sedikit. Padahal rasanya saat ingin menggeluarkan cukup banyak, kondisi seperti ini akan membuat anda letih. Gejala yang anda alami merupakan anyang-anyangan atau Infeksi saluran kencing (ISK). Apa penyebab anyang-anyangan?

Anyang-anyangan merupakan salah satu gangguan pada saluran kencing. Penyebab infeksi saluran kencing adalah adanya infeksi bakteri yang menyerang bagian saluran kencing, terutama uretra. Hampir semua orang mengalami gejala ISK. Meskipun ISK tidak berbahaya, namun keberadaannya sangat menganggu aktivitas sehari-hari.

Penyebab Anyang-Anyangan

Tidak Menjaga Kebersihan saluran Kencing

Bakteri penyebab anyang-anyangan, atau yang biasa dikenal dengan bakteri E.coli sangat menyukai area kelamin yang kotor dan jarang dibersihkan. Perempuan yang paling sering terkena masalah ini, karena perempuan memiliki saluran kencing yang pendek.

Selain itu, wanita sangat jarang mengganti celana dalamnya, seusai melakukan olahraga. Bakteri yang menyebabkan anyang-anyangan ini sangat senang hinggap di lokasi yang lembab. Apabila anda setelah berkeringat dibagian genital, lalu tidak mengganti celana dalam maka bakteri e.coli akan bersarang.

Kanker Prostat

Salah satu komplikasi dari kanker prostat adalah anyang-anyangan. Prostat merupakan bagian dari reproduksi pria, dimana prostat sebagai saluran yang membawa urine ke penis untuk dikeluarkan. Apabila anda mengalami kanker prostat, maka menjadi salah satu penyebab anda mengalami anyang-anyangan. Karena adanya penyempitan pada jaringan uretra.

Kehamilan

Wanita yang mengalami kehamilan juga sangat rentang terkena anyang-anyangan. Karena saat hamil, kantung kemih pada wanita tertekan, sehingga saluran kencing kesulitan dalam menggeluarkan urine dari dalam tubuh dan menyebabkan anyang-anyangan muncul pada wanita.

Keputihan

Keputihan merupakan sesuatu normal yang terjadi pada wanita. Keputihan terjadi karena adanya virus yang menyerang bagian vagina. Keputihan juga menyebabkan wanita mengalami ISK karena adanya pertumbuhan bakteri yang menganggu uretra.

Dehidrasi

Hindari tubuh mengalami dehidrasi, apabila anda mengalami dehidrasi. Maka anda akan mengalami anyang-anyangan. Dehidrasi akan memaksa tubuh untuk tetap menggeluarkan urine, padahal kondisi cairan didalam tubuh anda sedang sedikit. Lebih baik segera perbanyak mengkonsumsi air putih.

Diabetes

Diabetes memiliki komplikasi pada tubuh, salah satu komplikasi yang bisa terjadi adalah anyang-anyangan. Hampir sebagian besar penderita diabetes mengalami anyang-anyangan. Tak dipungkiri penderita diabetes selalu ingin membuang air kecil dengan gejala yang lebih sering.

Menopouse

Menopouse merupakan hal yang terjadi pada wanita diatas usia 40 tahun. Menopause merupakan berhentinya siklus menstruasi. Salah satu komplikasi terjadinya menopause adalah infeksi saluran kemih, kadar hormone esterogen yang berkurang membuat wanita mengalami anyang-anyangan.

Batu Ginjal

Batu ginjal merupakan salah satu penyakit yang menyerang pria dan wanita. Batu ginjal bisa terjadi akibat kondisi adanya semacam batu didalam ginjal. Tekanan benda yang mengeras pada ginjal tersebut dapat menyebabkan seseorang mengalami anyang-anyangan.

Bagaimana Mengobati Anyang-anyangan?

Jeruk Nipis

Anda bisa menjadikan jeruk nipis sebagai minuman untuk mendapatkan vitamin C secara alami. Jeruk nipis memiliki cukup banyak vitamin C yang bisa membantu anda untuk meningkatkan metabolism dalam tubuh dan dapat mengobati anyang-anyangan.

Banyak Minum Air

Salah satu penyebab terjadinya anyang-anyangan adalah dehidrasi. Hindari tubuh mengalami dehirasi, dengan begitu anda akan terhindar dari anyang-anyangan. Lebih baik anda sering berkemih karena banyak mengkonsumsi air minum, dibandingkan terus berkemih tapi anda tidak banyak minum.

Selalu Menjaga Kebersihan Area Genital

Usai melakukan buang air besar maupun buang air kecil, pastikan kondisi area genital tetap bersih. Karena dengan area genital bersih, maka tidak aka nada bakteri yang menempel. Sehingga dapat menghindari anda terkena anyang-anyangan.

Itulah penyebab anyang-anyangan dan juga cara mencegah terjadinya anyang-anyanga. Apabila anda mengalami anyang-anyangan yang sudah cukup aprah. Maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter atau anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia.