User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

cara mengobati herpes

Herpes merupakan salah satu penyakit yang menyerang bagian kulit. Terdapat dua jenis penyakit herpes, yaitu herpes zoster dan juga herpes genital atau simpleks. Kedua herpes tersebut memiliki beberapa perbedaan, begitupun dalam mengobatinya. Berikut beberapa cara mengobati herpes.

Sebelum kita membahas mengenai bagaimana mengobati herpes tersebut. Sebaiknya kita mengetahui apa itu herpes zoster dan juga herpes genital. Hal ini untuk mengetahui bagaiamana cara untuk melakukan pengobatan jika anda mengalami salah satu herpes tersebut.

Herpes Zoster

Herpes zoster merupakan salah satu penyakit infeksi pada kulit. Dimana disebabkan oleh virus varisela zoster, virus ini merupakan salah satu virus yang menyebabkan seseorang mengalami cacar air. Orang yang mengalami herpes zoster juga sering disebut dengan cacar ular. Gejala awal herpes zoster adalah timbulnya ruam bintik-bintik merah yang cukup banyak yang pada kulit.

Apabila anda sudah pernah mengalami cacar air dan sudah sembuh, bukan berarti virus tersebut sudah hilang dari tubuh anda. Virus masih hidup didalam tubuh anda, namun mereka tidak sedang aktif. Jika virus varissela zoster aktif kembali, maka anda akan mengalami cacar ular atau herpes zoster tersebut.

Bahkan meskipun anda sudah pernah mengalaminya dan sembuh, anda masih memiliki kemungkinan untuk kembali terkena hepez zoster. Biasanya akan menyerang orang-orang yang memiliki daya tahan tubuh lemah karena penggunaan obat-obatan, ataupun karena cedera.

Cara Mengobati Herpes Zoster

Apabila anda datang ke dokter, maka dokter akan menanyakan gejala awal dan apa saja gejala yang anda rasakan. Setelah itu maka dokter akan memberikan obat antivirus, obat pereda sakit, dan juga antibiotik.

Obat anti nyeri biasanya akan diberikan analgetik, sementara untuk obat antivirus biasanya akan diberikan jenis obat acyclovir, valacyclovir, dan juga famciclovir. Biasanya obat antivirus pun wajib anda minum selama 7-10 hari.

Apakah anda bisa melakukan perawatan di rumah?

Tentunya hal ini bisa anda lakukan. Anda bisa berendam di air hangat untuk menghilangkan rasa sakit, nyeri, dan gatal yang ditimbulkan dari lesi yang ada pada tubuh anda. Anda juga bisa menggunakan obat salep untuk menghilangkan rasa gatal.

cara mengobati herpes

Herpes Genital (Simpleks)

Herpes genital atau simpleks merupakan herpes yang menyerang organ kelamin dan sekitarnya. Biasanya herpes jenis ini tertular akibat hubungan badan yang tidak sehat. Dan tertular melalui hubungan seks. Virus disini bisa tertular dari seks kelamin, anal, dan juga melalui seks oral.

Herpes genital biasanya akan menyerang bagian kelamin dengan menimbulkan luka ruam atau lesi dan jika luka itu pecah akan membekas. Biasanya herpes genital ini disebabkan oleh virus HSV 1 dan HSV 2. Virus tersebut sama dengan virus herpes zoster bisa hidup didalam tubuh, meskipun tidak akan aktif.

Jika virus ini aktif, akan menimbulkan beberapa ruam seperti gelembung, adanya rasa sakit ketika buang air kecil, dan juga gejala umum lainnya seperti flu, disertai demam. Namun sebagian besar penderita yang mengalami virus herpes genital ini tidak mengalami gejala apapun.

 Cara Mengobati Herpes Genital

Obat-obatan yang digunakan dalam pengobatan herpes genital sama dengan obat yang digunakan dalam mengobati herpes zoster. Karena obat-obat tersebut bukan untuk menghilangkan virus, melainkan untuk mencegah virus untuk berkembang biak didalam tubuh.

Adapun beberapa cara yang bisa anda lakukan di rumah dengan beberapa obat alami untuk menyembuhkan obat herpes genital ini, seperti:

  • Madu
  • Minyak Zaitun
  • Lidah Buaya
  • Lemon
  • Teh Hitam

Bahan-bahan tersebut sudah efektif dalam menyembuhkan herpes. Caranya anda hanya cukup mengoleskannya pada bagian yang luka. Itulah beberapa cara mengobati herpes. Apabila anda membutuhkan konsultasi dokter anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia.