User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
apa itu herpes

Apa itu herpes? Mungkin pertanyaan tersebut ada dibenak anda. Herpes terkenal sebagai salah satu infeksi menular seksual yang menyerang organ kelamin. Namun herpes sebenarnya penyakit yang menyerang bagian kulit, tidak hanya kulit kelamin saja. Gejala herpes pun berbeda-beda.

Ada dua macam herpes yang cukup terkenal di dunia. Herpes tersebut yaitu herpes zoster dan juga herpes simplex. Apa beda keduanya, mungkin anda masih belum mengetahui beda kedua penyakit tersebut. Sehingga anda harus bisa memahami penyakit herpes tersebut. Meskipun kedua herpes tersebut terserang dari virus yang sama, varicella zoster.

Apa itu Herpes

Seperti sudah dijelaskan diatas, herpes terbagi menjadi dua jenis. Yakni herpes zoster dan herpes simplex. Maka kita akan bahas keduanya, bagaimana penularannya dan apa saja gejala yang terjadi ketika penyakit herpes ini menyerang.

Herpes Zoster

Apa itu herpes zoster? Herpes zoster adalah penyakit herpes yang menyerang kulit. Bagi masyarakat awam herpes zoster dikenal dengan sebutan penyakit cacar air. Meskipun cacar air akan sembuh dalam waktu dua hingga satu bulan, namun bukan berarti virus penyebab cacar air itu hilang dari dalam tubuh.

Virus tersebut masih ada didalam tubuh, dan jika virus tersebut aktif kembali maka anda akan mengalami cacar api. Ketika mengalami cacar api, kulit akan tumbuh berbagai gejala dengan benjolan yang lebih besar dari cacar air pada umumnya.

Apabila keluarga anda terdapat yang mengalami herpes zoster. Ada baiknya, anda tidak memegang langsung gelembung-gelembung tersebut. Karena bisa saja virus herpes menyerang tubuh anda. Virus juga dapat menular melalui pakaian, batuk, dan bersin.

Gejala Herpes Zoster

Apa saja yang akan menjadi gejala awal aktifnya herpes zoster pada tubuh anda? Umumnya gejala herpes zoster sangat biasa, seperti demam, flu, mudah lelah, letih, sakit kepala, badan terasa pegal, dan sebagainya. Bahkan terkadang penderitanya akan mengalami sesak nafas.

Meskipun penyakit herpes bukanlah penyakit yang cukup membahayakan. Karena dalam rentang waktu tiga hingga empat minggu virus herpes akan hilang dengan sendirinya. Namun agar virus tidak terlalu parah, ada baiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter.

Pengobatan Herpes Zoster

Ketika anda sudah sampai di dokter, biasanya dokter akan memberikan beberapa jenis obat anti virus untuk anda konsumsi. Obat-obat tersebut, terdiri dari acyclovir, dan valacyclovir serta obat penghilang rasa sakit, seperti parasetamol.

Herpes Simplex

Apa itu herpes simplex? Herpes simplex mungkin menjadi salah satu penyakit herpes yang cukup terkenal. Herpes simplex atau yang disebut juga dengan herpes genital merupakan penyakit yang menyerang kelamin dan merupakan salah satu penyakit yang tertular melalui hubungan seksual.

Gejal Herpes Genital

Sebagian besar penderita herpes genital tidak menemukan gejala apapun ketika sudah terserang oleh virus Herpes Simplex (HSV). Sehingga cukup banyak penderita herpes simplex yang tidak mengetahui bahwa mereka sudah terserang herpes genital. Namun beberapa gejala ditimbulkan seperti:

  • Adanya luka yang disertai rasa sakit disekitar vagina ataupun anus
  • Sakit pada bagian punggung bawah (panggul)
  • Sakit saat buang air
  • Bagi wanita, ada cairan semacam keputihan yang keluar dari vagina
  • Adanya luka disekitar organ intim, dan akan pecah sendiri serta akan melepuh

Pencegahan Herpes Genital

Herpes genital tertular akibat berhubungan seksual dengan orang yang sudah tertular virus HSV. Hubungan seksual tersebut bisa tertular melalui seks anal, oral, maupun seks kelamin. Virus akan masuk melalui membrane mukosa yang ada pada tubuh.

Apabila anda sudah menemukan beberapa gejala seperti diatas, untuk pencegahan, maka anda jangan melakukan hubungan seks bersama pasangan. Karena bisa jadi virus akan menyerang pasangan anda, lakukanlah pengobatan terlebih dahulu dan melakukan konsultasi medis.

Pengobatan

Sebenarnya pengobatan yang dilakukan pada penderita herpes simplex, hampir sama dengan penderita herpes zoster. Para penderitanya akan diberikan obat-obatan antivirus seperti asiklovir, famsiklovir, dan valasiskovir.

Setelah itu dokter biasanya akan meminta pasien untuk melakukan perawatan sendiri di rumah, dengan beberapa cara seperti pembersihan luka, memberikan es batu pada luka, menggunakan krim, dan juga menggunakan pakaian yang nyaman untuk digunakan.

Dua penyakit herpes tersebut mungkin sudah menjawab pertanyaan anda mengenai apa itu herpes, dan apa saja gejala herpes. Sehingga ketika anda menemukan beberapa gejala, maka anda akan bisa mengatasinya terlebih dahulu di rumah.

Itulah beberapa penjelasan mengenai penyakit herpes. Apabila anda mengalami gejala seperti diatas, maka segera periksakan diri ke Klinik Utama Gracia atau lakukan konsultasi dengan tim medis kami dengan klik gambar konsultasi yang sudah tersedia atau menghubungi kami melalui telepon di 081336361555.