User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Anda sering mendengar penyakit infeksi kandung kemih. Tetapi apakah anda sudah tahu fungsi kandung kemih? Apakah mungkin anda tidak mengetahui apa itu kandung kemih. Padahal kandung kemih menjadi salah satu bagian dari organ reproduksi yang berperan cukup penting. Saking pentingnya, banyak orang yang tidak menyadari fungsi dari kandung kemih.

Kandung kemih terletak di antara vagina dengan rahim pada wanita, sedangkan pada pria terdapat di dekat kelenjar prostat. Kandung kemih memiliki ukuran sebesar jeruk limau. Kandung kemih ini sebagai tempat penyimpanan air urine dari dalam tubuh. Uretra dapat di tamping selama dua hingga lima jam disimpan di kandung kemih. Dalam menampung air urine, kandung kemih mampu menampung 400 ml hingga 600 ml air urine.

Posisi kandung kemih berada di dekat panggul, tepat di atas dan dibagian belakang tulang alat kelamin manusia. Ginjal akan memproduksi air urine, sebelum dialirkan ke kandung kemih melalui ureter. Kandung kemih dilapisi oleh jaringan otot yang membentang.

Fungsi Kandung Kemih

Kandung kemih manusia memiliki fungsi yang cukup penting, terdapat lima fungsi kandung kemih yang harus anda ketahui. Fungsinya pun cukup penting dalam tubuh manusia, sebelum menggeluarkan air urine dari dalam tubuh manusia. Setidaknya ada lima fungsi dari kandung kemih pada manusia.

Sebagai Tempat Penyimpanan Urine

Urine yang belum dikeluarkan, akan disimpan pada kandung kemih. Urine merupakan cairan yang di produksi oleh ginjal. Setelah ginjal menggeluarkan, maka urine akan berjalan menuju ureter terlebih dahulu sebelum menuju ke kandung kemih untuk disimpan sementara.

Mencegah Tekanan Di Dalam Kandung Kemih

Karena ginjal selalu menggeluarkan air atau cairan air seni setiap 10-15 detik sekali, maka untuk mencegah terjadinya tekanan di dalam, kandung kemih akan mencegah terjadinya tekanan dengan mampu menyimpan air seni cukup banyak.

Mengirimkan Sinyal Jika Kandung Kemih Sudah Penuh

Kandung kemih akan mengirimkan sebuah sinyal ketika ia sudah penuh. Sinyal tersebut akan terasa pada manusia dengan tanda, ia ingin melakukan buang air kecil. Kandung kemih akan mampu menampung air seni selama dua hingga lima jam.

Membantu Agar Urine Tidak Keluar Sendiri

Setelah mengirimkan sinyal kepada otak melalui rasa ingin buang air kecil, maka kandung kemih akan berfungsi untuk menghindari urine keluar sendiri dari kandung kemih, meskipun ia sudah penuh. Sehingga kandung kemih dapat menahan lajunya air seni agar tidak keluar agar di buang oleh tubuh.

Membantu Proses Pembuangan Air Seni

Saat anda akan melakukan buang air kecil, maka otot-otot yang terdapat pada kandung kemih akan melakukan kontraksi. Kontraksi ini terjadi untuk memudahkan dalam menggeluarkan urine, dan menjaga urine agar dapat keluar pada tempatnya dan saat memang harus dikeluarkan.

Masalah Pada Kandung Kemih

Fungsi kandung kemih memang memiliki peran yang cukup penting. Selain itu, kandung kemih pun sangat rentan terhadap infeksi. Yakni terdapatnya peradangan pada kandung kemih yang terjadi pada tubuh seseorang. Infeksi terjadi karena adanya bakteri yang masuk ke dalam kandung kemih.

Umumnya infeksi kandung kemih akan menimbulkan beberapa gejala umum pada tubuh anda. Gejalanya pun terkadang sangat biasa, sehingga sering diabaikan jika hal tersebut merupakan tanda adanya masalah pada kandung kemih.

Gejala yang umum ketika kandung kemih terinfeksi adalah tubuh terasa lemah, timbul rasa sakit ketika melakukan buang air kecil, selalu ingin buang air besar, dan urine selalu muncul dengan lebih pekat. Terkadang, infeksi saluran kemih membuat penderitanya akan kehilangan nafsu makan.

Menjaga Kesehatan Kandung Kemih

Kandung kemih memang memiliki fungsi sebagai penyimpanan air seni sebelum di keluarkan. Tetapi penyimpanan air seni pada kandung kemih memiliki batasan, sehingga jika terlalu sering menahan untuk buang air kecil akan menyebabkan masalah pada kandung kemih.

Ketika anda ingin buang air kecil, maka lakukan segera. Hal ini akan membantu dalam menjaga kesehatan kandung kemih anda, dan anda dapat terhindar dari infeksi pada kandung kemih. Segeralah periksakan ke Klinik Utama Gracia ketika anda merasakan bahwa kandung kemih anda bermasalah.