User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit herpes merupakan penyakit yang sering menyerang bagian kulit manusia. Penyakit jenis ini disebabkan oleh virus herpes. Jenis penyakit herpes terdapat dua jenis, yakni herpes simplexs (genital) dan herpes zoster. Namun kedua herpes tersebut, dapat diobati dengan obat penyakit herpes yang sama.

Sebelum kita membahas obat herpes, baiknya kita harus mengenali terlebih dahulu jenis herpes agar kita tidak salah paham. Herpes terdiri dari dua jenis, dan keduanya disebabkan oleh jenis virus yang berbeda-beda. Herpes zoster disebabkan oleh virus varisela zoster, sedangkan herpes simpleks disebabkan oleh virus herpes simplexs.

Dua Jenis Herpes

Herpes Zoster

Herpes zoster merupakan herpes yang menyerang bagian kulit. Dimana herpes jenis ini adalah herpes yang disebabkan oleh virus varisela zoster. Virus herpes zoster sama dengan virus yang menyebabkan cacar air. Herpes zoster dalam bahasa awam dikenal dengan sebutan herpes cacar api atau cacar naga.

Gejala umum yang akan anda alami saat terkena herpes zoster adalah rasa sakit disekujur tubuh, disertai dengan rasa gatal pada tubuh. Setelah itu akan menimbulkan bintik-bintik berwarna kemerahan yang akan tumbuh disekujur tubuh.

Bintik-bintik kemerahan yang datang akan melepuh dan meninggalkan bekas pada tubuh. Dimana lepuhan pada kulit tersebut akan berubah menjadi koreng. Cacar api ini biasanya akan berkelompok disekitar punggung, dahi, dan dada.

Gejala lain yang dapat ditimbulkan dari herpes zoster adalah gejala yang umum terjadi pada setiap orang. Seperti timbulnya sakit kepala, demam, sensitif terhadap cahaya, serta rasa lelah dan badan akan terasa tidak enak.

Herpes zoster biasanya akan muncul selama dua minggu hingga satu bulan. Herpes akan sembuh dengan sendirinya, meskipun anda tidak melakukan pengobatan ke dokter. Tetapi sebaiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengobati herpes yang terjadi pada tubuh anda.

Herpes zoster biasanya akan menular melalui sentuhan, batuk, ataupun bersin dari si penderita. Orang yang mengalami herpes zoster biasanya adalah mereka yang telah berusia lanjut, memiliki kekabalan tubuh yang cukup lemah, dan juga mengalami stress.

Herpes Genital (Simplexs)

Herpes genital ataupun herpes simplexs merupakan herpes yang menular melalui hubungan seks, baik itu seks oral, seks kelamin, dan seks anal. Herpes genitalis termasuk dalam Infeksi Menular Seksual (IMS) yang disebabkan oleh herpes simplexs virus (HSV).

Gejala umum herpes simplexs akan muncul luka yang melepuh dengan warna merah disertai rasa gatal di area kelamin. Luka akan sangat mudah pecah dan dapat menjadi luka yang terbuka. Herpes genital akan menular dari orang yang sudah menderita herpes. Sebagian besar penderita herpes menyadari bahwa mereka telah tertular dengan herpes jenis ini.

Obat Penyakit Herpes

Penyakit herpes sebenarnya tidak memiliki obat yang dapat menyembuhkan jenis penyakit ini. Namun obat penyakit herpes hanya digunakan sebagai pereda virus, agar virus tidak aktif dan tidak menganggu kenyamanan penderitanya.

Jenis obat yang diberikan untuk mengobati herpes simpleks dan herpes zoster sama. Yakni jenis obat penyakit herpes antivirus seperti valacyclovir, penciclovir, famcicclovir, dan desciclovir. Obat-obat tersebut akan membantu agar penderita tidak mengalami demam, nyeri, dan komplikasi lainnya.

Pada penderita herpes zoster, dapat menghindari penyebab herpes dengan melakukan vaksinasi ketika memasuki usia 50 tahun untuk mencegah pertumbuhan herpes zoster. Untuk herpes genitalis, dapat dicegah dengan tidak melakukan hubungan seks dengan cara bergonta-ganti pasangan. Karena jika anda melakukan hubungan seks dengan orang yang riwayat penyakit kelamin tidak jelas akan menyebabkan anda terinfeksi virus herpes.