User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
cara mengatasi anyang-anyangan

Pasti anda semua tidak asing dengan istilah anyang-anyangan. Anyang-anyangan merupakan istilah bahasa Jawa yang berarti sulit dalam membuang air kecil. Jika di translate dalam bahasa kerennya atau bahasa medisnya anyang-anyangan adalah infeksi saluran kemih. Kita akan membahas bagaimana cara mengatasi anyang-anyangan.

Di daerah Jawa sendiri, anyang-anyangan sangat erat dengan mitos. Orang Jawa dulu beranggapan bahwa anyang-anyangan disebabkan oleh meminum air minum yang belum di masak. Hingga hari ini pun, beberapa kalangan masyarakat Jawa masih percaya mitos tersebut menjadi salah satu penyebab anyang-anyangan.

Sebenarnya anyang-anyangan atau infeksi saluran kemih (ISK) disebabkan oleh virus yang menyerang organ kemih dan juga komplikasi dari beberapa jenis penyakit. Dalam dunia medis, anyang-anyangan disebabkan oleh banyak faktor. Berikut beberapa penyebab seseorang mengalami anyang-anyangan.

Penyebab Anyang-anyangan

Sebenarnya anyang-anyangan merupakan penyakit yang disebabkan oleh bakteri E.coli atau Eschericia Coli. Bakteri jenis ini biasanya hinggap di usus besar manusia. Bakteri E.coli bisa masuk kedalam organ kemih manusia melalui uretra (saluran kencing). Namun anyang-anyangan juga disebabkan karena komplikasi dari berbagai penyakit, seperti:

  • Diabetes
  • Chlamydia
  • Penderita batu ginjal
  • Wanita menopause
  • Wanita hamil
  • Prostat
  • Kehamilan
  • Prostat

Cara Mengatasi Anyang-anyangan

Anyang-anyangan dapat diatasi dengan beberapa cara yang cukup ampuh dilakukan. Cara tersebut sudah dilakukan sejak lama oleh para orang tua dahulu dalam mengatasi anyang-anyangan. Berikut beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengobati anyang-anyangan.

Konsumsi Vitamin C

Salah satu cara untuk mengobati anyang-anyangan adalah dengan memperbanyak mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin C cukup banyak. Vitamin C sangat mudah ditemukan dalam buah dan sayuran. Anda tak perlu sulit untuk mendapatkannya bukan?

Jeruk Nipis

Cara mengatasi anyang-anyangan lainnya adalah dengan menggunakan air jeruk nipis. Anda bisa mengkonsumsi jeruk nipis dengan memerasnya, lalu mencampurkan jeruk nipis dengan air hangat untuk mendapatkan manfaat luar biasa dari jeruk nipis.

Menjaga Kebersihan Area Genital

Anda yang kurang menjaga area genital, akan sangat mudah mengalami ISK. Seperti yang disebutkan diatas. Anyang-anyangan dapat terjadi apabila anda kurang menjaga kebersihan penis dan vagina. Dimana dari situlah virus ISK masuk dan menyebabkan infeksi pada sistem kemih anda. Terlebih bagi wanita, wanita memiliki uretra yang pendek dan sangat mudah mengalami ISK. Sehingga kebersihan dan kesehatan organ vagina sangat diharuskan.

Daun Kumis Kucing

Anda pasti tidak asing dengan bunga kumis kucing. Bunga yang suka tumbuh secara liar ini ternyata sangat berkhasiat dalam menyembuhkan anyang-anyangan. Anda cukup mencampurkan daun kumis kucing dengan gula merah. Lalu, anda rebus daun kumis kucing dan setelah mendidih anda minum air rebusan tersebut.

Air Putih

Cara terakhir dalam mengatasi anyang-anyangan adalah dengan mengkonsumsi air putih. Jika didalam tubuh anda tidak terdapat cairan, maka membuat anda sulit berkemih dan akhirnya menyebabkan anda mengalami ISK. Cukupkan untuk mengkonsumsi minum air putih setiap hari minimal delapan gelas air putih.

Mencegah Anyang-Anyangan

Anyang-anyangan dapat dicegah dengan berbagai cara, berikut cara  untuk menyembuhkan anyang-anyangan yang bisa anda lakukan.

Jangan Menahan Untuk Berkemih

Kebiasaan seseorang baik wanita maupun pria malas untuk berkemih. Bahkan sebagian dari mereka enggan berkemih di lokasi-lokasi umum dan lebih memilih untuk berkemih di tempat yang biasa mereka lakukan. Untuk itu, ketika ingin berkemih maka usahakan anda untuk langsung melakukannya.

Hindari Dehidrasi

Penyebab lain yang menyebabkan anyang-anyangan adalah dehidrasi. Maka anda harus dapat menghindari dehidrasi agar anda dapat mencegah mengalami anyang-anyangan. Usahakan selalu minum setiap 20-30 menit sekali.

Menjauhi Kafein dan Alkohol

Hal lain untuk mencegah mengalami ISK yakni menghindari minuman yang mengandung kafein dan juga alkohol. Karena hal tersebut dapat menyebabkan anda mengalami ISK. Kandungan yang terdapat pada kafein dan alkohol menjadi salah satu faktor yang membuat infeksi organ kemih.