User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

penyebab keputihan gatal

Wanita akan merasa tidak nyaman ketika vaginanya terasa gatal. Vagina gatal memang sangat menagnggu, namun gatalnya vagina harus diketahui secara pasti penyebabnya. Salah satu penyebab keputihan gatal adalah keputihan. Keputihan merupakan salah satu masalah ginekologi yang sering muncul. Apa penyebab keputihan gatal pada vagina.
 
Keputihan dengan rasa gatal menjadi salah satu masalah yang cukup umum terjadi pada wanita. Meskipun sebenarnya keputihan merupakan salah satu masalah yang paling umum terjadi pada setiap wanita. Lendir keputihan sebenarnya sangat baik untuk menjaga kesehatan vagina wanita.
 
Perlukah panik, ketika anda mengalami rasa gatal pada vagina anda? Sebenarnya panik tidak masalah, asalkan anda jangan berlebihan. Jika anda sudah menemukan sesuatu yang memang tidak wajar pada  vagina anda, ada baiknya anda langsung meluncur ke Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan yang lebih baik.
 
Ketika keputihan yang anda alami disertai dengan lendiri yang berbau, berwarna kuning, abu-abu, hijau, cokelat, atau bercampur darah. Maka hal itu bisa ditandai sebagai jenis keputihan yang abnormal. Keputihan tersebut ditandai adanya bakteri yang menyerang tubuh anda. Konsultasikan segera permasalahan keputihan yang Anda alami kepada kami, dengan cara klik KONSULTASI ONLINE dibawah ini atau Anda dapat menghubungi kami di 081336361555.

Apa Saja Penyebab Keputihan Gatal?

Keputihan Karena Virus, Bakteri, dan Parasit

Keputihan yang disebabkan oleh virus, bakteri, dan parasite merupakan salah satu jenis keputihan yang menyebabkan rasa gatal pada vagina. Seperti vakteri vagina candida albicans, bakteri vaginosis, dan monilia. Banyak jenis jamur lainnya yang biasanya memang menyerang vagina dan menyebabkan keputihan.
 
Keputihan yang tertular virus, bakteri, dan parasite akan mengeluarkan cairan keputihan yang berbau, berwarna putih susu, dan juga cairan bersifat kental. Namun keputihan jenis ini sering terjadi pada ibu hamil, penderita diabetes, dan rendahnya sistem imun pada tubuh.

Keputihan Karena Penyakit Menular Seksual

Hal lain yang bisa menyebabkan keputihan menjadi gatal, karena anda tertular keputihan karena penyakit menular seksual. Penyakit menular seksual terjadi akibat tertular dari orang yang sudah terkena penyakit yang satu ini. Biasanya tertular dari hubungan seksual. Banyak wanita yang mengalami keputihan dengan jumlah yang berlebihan, berbau, serta gatal Karena sudah tertular infeksi seksual.
 
Keputihan dengan rasa gatal, pastinya menyebabkan rasa gatal yang menyebabkan ketidaknyamanan. Lalu apa yang harus anda perbuat? Sebaiknya ketika anda merasa gatal pada bagian vagina yang dikarenakan oleh adanya keputihan, maka sebaiknya anda tidak menggaruknya dengan tangan. Karena hal tersebut hanya membuat vagina menjadi semakin parah. Apa yang harus anda lakukan?

Mengatasi Penyebab Keputihan Gatal Pada Vagina?

Jika anda sudah merasa tidak nyaman dengan kondisi keputihan yang anda alami, dan anda belum memiliki waktu untuk pergi ke dokter buat konsultasi mengenai keputihan yang anda alami. Maka ada baiknya anda melakukan tindakan pertama di rumah yang mudah.

Mengobati Keputihan di Rumah

Daun Sirih

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk mengatasi keputihan gatal adalah dengan cara membasuh vagina dengan air rebusan daun sirih. Daun sirih memiliki khasiat untuk mengatasi jamur yang ada disekitar vagina anda. Karena ekstrak daun sirih dapat menjadi antibiotik untuk mengatasi keputihan tersebut.

Menjaga Kelembaban Vagina

Bakteri dan jamur penyebab keputihan sangat senang hingap ketika vagina dalam kondisi yang lembab. Ada baiknya, anda segera menjaga kelembaban pada area vagina, agar virus ataupun bakteri tidak kembali berkembang secara besar.

Konsumsi Vitamin C

Keputihan terjadi karena sistem imun yang lemah. Sebaiknya segera konsumsi makanan yang mengandung vitamin C cukup banyak. Karena vitamin C yang cukup dapat mengatasi keputihan anda dan meningkatkan sistem imun untuk melawan virus penyebab keputihan.

Mencegah Keputihan

Keputihan dapat anda cegah dengan beberapa cara yang bisa anda lakukan dengan baik. caranya adalah, anda harus selalu bisa menjaga kebersihan vagina, tidak melakukan seks secara tidak aman, dan sering bergonta-ganti pasangan seks. Apabila hal tersebut anda lakukan, maka keputihan bisa anda atasi.

Apabila cara diatas tidak membuat keputihan yang Anda alami membaik, segera konsultasikan dengan dokter kami. Klinik Utama Gracia memiliki layanan KONSULTASI ONLINE, jadi Anda dapat melakukan konsultasi dimanapun dan kapanpun dengan cara klik banner dibawah ini atau hubungi kami di 081336361555.