User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
cara mengobati keputihan

Keputihan menjadi momok bagi beberapa wanita. Ada wanita yang merasa terganggu dengan kondisi keputihan yang mereka alami. Sesungguhnya keputihan merupakan salah satu gejala umum yang terjadi pada setiap wanita. Lalu apa yang harus anda lakukan ketika mengalami keputihan, begini cara mengobati keputihan.

Jangan terlalu takut apabila anda mengalami keputihan. Terlebih keputihan yang anda alami masih tergolong normal. Keputihan biasa akan terjadi menjelang anda memasuki masa haid. Dimana saat masa haid itu berlangsung, maka keputihan pun akan menjadi saat yang menakutkan.

Keputihan memiliki dua jenis, yakni keputihan normal dan abnormal. Apabila keputihan yang anda alami masih dalam tahap normal, maka anda tak perlu khawatir. Hal itu hanya karena kadar dalam hormone meningkat. Anda harus khawatir ketika terjadi keputihan berlebihan.

Apabila anda mengalami masalah keputihan, maka cobalah anda untuk menerapkan beberapa hal berikut sebagai cara mengobati keputihan tersebut.

Makan Pisang

Buah yang satu ini memang memiliki banyak khasiat untuk kesehatan. Salah satunya untuk mengatasi keputihan yang terjadi dalam tubuh anda. Keputihan yang disebabkan oleh kadar hormone bisa diatasi oleh buah pisang. Karena pisang memiliki kandungan yang dapat mengatur hormone dalam tubuh.

Air Rendaman Ketumbar

Sebenarnya cukup banyak bahan alami yang tersedia di dapur untuk mengobati keputihan. Salah satunya adalah ketumbar. Apabila anda mengalami keputihan, cukup rendam ketumbar dalam air selama semalam. Dan ketika terbangun dari tidur, anda bisa langsung meminum air ketumbar tersebut sebelum makan dan minum apapun di pagi hari.

Jahe

Bahan di dapur lainnya yang bisa anda gunakan sebagai obat keputihan adalah jahe. Jahe memiliki khasiat untuk melawan bakteri jahat yang ada pada vagina. Anda bisa mengkonsumsi wedang jahe setiap hari sebagai anti bakteri dari dalam tubuh.

Daun Sirih

Beberapa produk yang digunakan untuk membersihkan vagina berbahan dasar daun sirih. Namun ada baiknya anda merendam langsung daun sirih, agar bisa mendapatkan hasil yang optimal. Anda bisa merebus daun sirih, lalu air rebusan tersebut anda gunakan untuk mencuci dan membersihkan vagina anda. Kadar asam yang ada pada daun sirih, dapat membasmi bakteri yang ada pada vagina.

Yoghurt

Makanan lain yang bisa anda pakai untuk keputihan adalah yoghurt. Yoghurt memiliki kandungan yang cukup baik untuk mengatasi keputihan pada vagina. Karena yoghurt memiliki kandungan bakteri sehat yang bisa membasmi bakteri jahat yang terdapat pada vagina. Konsumsilah yoghurt setiap hari.

Perbanyak Minum Air Putih

Cara terakhir untuk mengobati keputihan adalah dengan meminum air putih. Banyak wanita yang jarang sekali mengkonsumsi air putih. Sehingga mereka mudah terserang penyakit, padahal air putih sangat bermanfaat dan dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatasi berbagai jenis penyakit.

Tujuh bahan alami tersebut, tentunya bisa anda gunakan sebagai cara mengobati keputihan. Selain harus diobati, anda juga harus mencegah keputihan agar tidak berbahaya pada tubuh anda. Menjaga keputihan sangatlah mudah dilakukan, seperti:

  • Selalu memakai pakaian dalam dan luar yang bersih
  • Jangan memakai cairan pembersih vagina
  • Hindari stress
  • Hindari bergonta-ganti pasangan seks
  • Olahraga atau yoga
  • Jangan mudah stress dan depresi

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencegah terjadinya keputihan pada tubuh anda. Apabila anda sudah melakukan cara mengobati keputihan dan mencegah keputihan seperti diatas namun tidak ada perubahan yang cukup berarti. Maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan. Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter yang ada di Klinik Utama Gracia.