User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 
penyebab keputihan pada wanita

Mungkin wanita selalu menganggap daerah kewanitaannya aman-aman saja. Tetapi daerah kewanitaan bisa merubah menjadi sebuah masalah ketika adanya bakteri. Terutama penyakit yang menyerang bagian kewanitaan. Jika bagian kewanitaan terserang penyakit maka akan timbul keputihan. Beberapa penyakit penyebab keputihan pada wanita.

Memang banyak wanita yang tidak menyadari akan ini. Keputihan merupakan sesuatu yang wajar yang keluar dari vagina wanita. Namun beberapa keputihan terjadi secara tidak wajar dan mengancam organ kewanitaan. Karena keputihan tersebut disebabkan oleh beberapa penyakit.

Keputihan pada wanita terbagi menjadi dua jenis, keputihan fisiologis dan keputihan patologis. Keputihan fisiologis merupakan keputihan yang normal terjadi pada wanita. Sementara keputihan patologis merupakan keputihan yang tidak normal karena adanya infeksi pada organ kewanitaan.

Beberapa Penyakit Penyebab Keputihan pada Wanita

Apa penyebab keputihan, mungkin menjadi pertanyaan para wanita. Keputihan jenis ini terjadi ketika wanita mengalami infeksi bakteri pada organ kewanitaannya. Hal ini sangat membahayakan, karena biasanya menjadi tanda adanya penyakit menular seksual yang menjangkiti.

Ada beberapa penyakit yang bisa menyerang para wanita yang disebabkan dari keputihan, seperti:

Vaginosis

Vaginosis merupakan sebuah bakteri yang biasanya hidup pada organ kewanitaan, terutama vagina. Banyak yang tidak mengetahui darimana datangnya bakteri vaginosis ini. Hal ini terjadi karena pada organ kewanitaan mengandung bakteri yang cukup banyak.

Banyak ahli yang mengatakan bahwa bakteri ini tumbuh disebabkan karena penggunaan alat kontrasepsi, merokok, dan sering bergonta-ganti pasangan. Apabila anda mengalami keputihan dengan disertai bau amis, bisa jadi anda mengalami vaginosis.

Infeksi Bakteri Candida

Penyakit yang disebabkan oleh bakteri candida albicans ini merupakan salah satu petanda bahwa anda sedang mengalami infeksi pada vagina. Biasanya ditunjukan dengan timbulnya merah atau pembengkakan pada vagina. Penyakit ini sangat rentan dan mudah menular. Dan penyakit ini menjadi salah satu penyebab timbulnya infeksi pada vagina.

Trikomoniasis

Trikomoniasis merupakan salah satu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh protozoa trichomonas vaginalis. Biasanya penyakit ini akan menyerang vagina wanita, banyak wanita yang merasa gatal dan tidak nyaman pada bagian vaginanya saat diserang bakteri jenis ini. Parasit ini juga menyebabkan timbulnya cairan keputihan yang encer, lebih banyak, dan terkadang cairan keputihan tersebut berwarna hijau maupun kuning.

Uretris

Uretris adalah salah infeksi yang terjadi pada uretra. Penyakit ini sebenarnya dapat menyerang wanita maupun pria. Jika pada wanita bakteri ini akan menunjukan gejala seperti keluarnya keputihan yang tidak normal. Serta membuat sakit bagian panggul. Penyakit ini terjadi karena adanya infeksi kuman dan jamur yang bisa ditularkan dari hubungan seks.

Vaginistis

Vaginistis juga dikenal sebagai peradangan pada vagina. Dimana vagina akan merasa nyeri, disertai dengan rasa gatal dan timbulnya keputihan yang tidak normal. Biasanya hal ini juga terjadi pada wanita dengan rasa sakit pada vagina usai melakukan hubungan seksual.

Lima penyakit tersebut menjadi tanda timbulnya keputihan pada anda. Namun ada hal lain yang bisa menyebabkan terjadinya keputihan pada tubuh anda, seperti :

  • Stress
  • Penggunaan pil KB
  • Kelelahan
  • Tidak Menjaga Kebersihan vagina
  • Sering Berganti-ganti pasangan seks

Apabila anda mengalami hal tersebut, maka sebaiknya segera untuk melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Jangan sampai keputihan yang tidak normal tersebut semakin parah dan membahayakan organ kewanitaan anda. Sebaiknya, segeralah anda lakukan pemeriksaan lebih lanjut dan konsultasi dokter untuk mengetahui penyebab keputihan tersebut.