User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Infeksi Saluran Kemih (ISK) atau yang lebih dikenal dengan istilah Anyang-anyangan oleh masyarakat merupakan salah satu penyakit yang menyerang saluran kencing. Penyakit ISK bisa menyerang pria maupun wanita. Namun wanita lebih rentan terkena infeksi saluran kemih. Hampir 50 persen Infeksi saluran kemih pada wanita di dunia.
 
Kondisi ini memang sangat memprihatinkan. Terlebih anyang-anyangan merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya. Dimana terjadinya peradangan pada saluran kencing (kemih) sehingga sulit untuk membuang kemih. Jika dibiarkan, maka akan sangat berbahaya.
 
ISK menyerang bagian-bagian yang terdapat pada organ kemih, seperti kandung kemih, ureter, ginjal, dan uretra yang mengalami infeksi. Biasanya uretra pada wanita lebih pendek, sehingga sangat rentan terkena anyang-anyangan.

Gejala Infeksi Saluran Kemih pada Wanita

Jika dilihat dari beberapa gejala, ISK terbagi menjadi dua jenis. Yaitu ISK bagian atas, dan ISK bagian bawah. ISK bagian atas biasanya menyerang ureter dan ginjal, sementara ISK bawah merupakan peradangan pada kandung kemih dan uretra. Biasanya akan menemukan gejala semacam:

ISK Bagian Atas

  • Rasa sakit pada selangkangan
  • Demam
  • Mual

ISK Bagian Bawah

  • Selalu ingin buang air kecil
  • Nyeri
  • Warna air kencing keruh
  • Bau urine yang tidak sedap
Dua gejala ISK itu akan sangat berbahaya jika tidak segera mendapatkan pengobatan lebih lanjut. Salah satu penyebab terjadinya Infeksi Saluran Kemih pada wanita adalah sering membersihkan kemaluan dari belakang ke depan. Cara ini merupakan cara yang salah.
 
Karena ini membuat bakteri yang muncul dari usus besar seperti E.coli sering ada di anus, Karena pembersihan dengan cara yang salah, bakteri tersebut akan masuk ke vagina serta masuk ke dalam saluran kencing sehingga menyebabkan ISK.
 
Adapun beberapa sebab yang membuat wanita lebih rentan terkena anyang-anyangan. Penyebab ini sering ditemui pada wanita yang sedang mengalami gangguan pada uretranya. Berikut beberapa penyebab anyang-anyangan pada wanita.

Penyebab ISK pada Wanita

Menopouse

Menopouse akan terjadi pada setiap wanita sekitar usia diatas 45 tahun. Hal ini membuat kadar hormon esterogen dalam tubuh berkurang. Sehingga akan membuat bakteri mudah dalam berkembang biak pada vagina dan menyerang uretra.

Memiliki Uretra Lebih Pendek

Wanita dilahirkan dengan uretra yang lebih pendek dibandingkan pria. Hal ini membuat wanita sangat mudah terserang infeksi saluran kemih. Karena pendeknya saluran kemih membuat mudahnya bakteri masuk ke dalam saluran kemih.

Diabetes

Wanita yang memiliki penyakit diabetes, sangat rentan terserang ISK. Akibat dari diabetes ini, wanita sering menginginkan untuk buang air kecil, padahal air urin yang keluar sangat sedikit.  Jika anda memiliki diabetes, itu sangat rentan membuat anda terserang ISK.

Saat Hamil

Wanita yang mengandung sangat rentan terkena ISK. Karena mengandung, adanya organ kemih yang tertekan, sehingga sulit untuk melakukan buang air kecil dan menyebabkan anyang-anyangan. Cara terbaik adalah tetap dengan menjaga tubuh agar tidak dehidrasi sehingga tubuh tidak kekurangan cairan.

Berhubungan Seks Dengan Pasangan yang Menggunakan Kondom

Wanita yang sering melakukan hubungan seksual dengan pria yang memakai kondom sangat rentan terkena ISK. Hal ini dikarenakan adanya jenis kondom yang dapat membunuh bakteri baik pada vagina sehingga membuat bakteri jahat berkembang biak.

Kurang Menjaga Kebersihan Vagina

Kurangnya menjaga kebersihan pada vagina bisa membuat anda menyebabkan terjadinya anyang-anyangan. Terutama bagi anda yang aktif secara seksual, usahakan sebelum dan sesudah melakukan hubungan seksual untuk melakukan pembersihan pada organ intim.
 
Agar ISK tidak terlalu parah. Ada baiknya anda sebagai wanita terus menjaga kesehatan organ intim, kebersihan organ intim pun dijaga, serta jangan sampai anda mengalami dehidrasi, dan juga jangan suka menahan untuk membuang air kecil.
 
Jika anda merasa menemukan gejala ISK, maka baiknya anda untuk segera melakukan pemeriksaan untuk mengatasi ISK dan agar infeksi saluran kemih pada wanita bisa segera diobati dan anda sembuh dari penyakit ini. Anda bisa memeriksakan infeksi saluran kemih ke Klinik Utama Gracia atau Anda bisa konsultasikan dahulu dengan tim medis kami dengan layanan KONSULTASI ONLINE dibawah ini. Anda juga bisa menghubungi kami di 081336361555 untuk konsultasi via telepon.


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.