User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Selaput dara masih menjadi tanda bahwa seseorang masih perawan atau tidak. Banyak yang menganggap selaput dara yang sudah robek menjadi pertanda bahwa seorang gadis sudah tidak perawan. Apa sih selaput dara dan bagaimana bentuknya? Mungkin ini menjadi pertanyaan anda, mengenai bentuk selaput dara pada wanita.

Meskipun banyak pro kontra mengenai selaput dara menjadi salah satu penanda, mengenai keperawanan seorang wanita. Karena hal tersebut tidak bisa dijadikan acuan secara pasti. Karena selaput dara yang sudah robek, belum tentu sobek karena melakukan hubungan seksual.

Banyak orang yang menganggap bahwa selaput dara yang robek menjadi pertanda bahwa seorang wanita sudah tidak lagi perawan. Padahal itu tidak tentu, banyak penyebab lain yang membuat selaput dara robek, seperti:

Penyebab Selaput Dara Robek:

Olahraga

Beberapa olahraga bisa menjadi salah satu penyebab selaput dara seorang wanita menjadi robek. Sebuah penelitian menunjukan bahwa selaput dara bisa robek ketika melakukan aktivitas olahraga yang cukup banyak melakukan pergerakan kaki seperti bersepeda, berkuda, berenang, dan olahraga berat lainnya seperti split.

Kecelakaan

Kecelakaan bisa menjadi salah satu selaput dara seseorang menjadi robek. Kecelakaan yang membuat selaput dara robek, merupakan kecelakaan yang terjadi ketika si wanita masih kecil atau saat remaja yang melukai bagian vaginanya.

Penggunaan Alat Medis

Penggunaan alat medis yang harus memasukkannya ke dalam vagina menjadi salah satu sobeknya selaput dara. Meskipun alat medis berukuran kecil, jika selaput dara wanita tersebut sangat tipis maka sangat mudah robek ketika terkena alat medis tertentu.

Itulah beberapa penyebab selaput dara menjadi robek. Selaput dara sendiri merupakan bagian yang cukup tipis yang terdapat pada vagina wanita. Semua wanita memiliki selaput dara, hanya perbedaannya dari tipis dan tebalnya selaput dara.

Selaput dara pada wanita terdapat empat macam, dimana tergantung pada fleksibiltas dan kelembutan yang berbeda-beda dari setiap wanita. Tidak ada wanita yang memiliki selaput dara yang sama satu sama lain. Berikut empat bentuk selaput dara pada wanita yang umum ditemui:

Annular Hymen

Annular hymen merupakan selaput dara yang paling sering ditemukan pada wanita. Selaput dara ini berbentuk bulat seperti cincin dan sering disebut juga sebagai selaput dara yang sempurna dengan lubang yang melingkar ditengah. Sekitar 60 % lebih wanita memiliki selaput dara seperti ini.

Septate Hymen

Septate hymen merupakan selaput dara yang memiliki dua lubang terbuka. Pada umumnya hymen memiliki satu lubang. Karena adanya semacam pita dari jaringan ekstra, membuat selaput dara ini seperti memiliki dua lubang.

Imperforate hymen

Selaput dara jenis ini sangat jarang ditemui adanya lubang dibagian tengah . Namun hymen jenis ini memiliki membran yang sangat tipis dan memiliki bukaan yang sangat kecil. Sehingga darah menstruasi sangat sulit keluar dan membuat si wanita merasa sakit. Cara terbaik agar darah bisa keluar secara lancar adalah dengan melakukan operasi bedah.

Microperforate Hymen

Microperforate hymen merupakan bentuk hymen yang memiliki pembukaan yang sangat tipis. Bahkan pendarahan ketika menstruasi berlangsung akan sangat menyakitkan bagi wanita yang memiliki bentuk selaput dara microperforate.

Crescent Hymen

Jenis selaput dara ini memiliki bentuk seperti bulan sabit. Namun tanpa memiliki membran tipis dan terkadang membran itu tidak ada, selaput dara ini biasanya tidak akan pecah ketika melakukan hubungan seksual.

Itulah empat macam bentuk selaput dara pada wanita yang biasa ditemukan. Selaput dara tetap tidak bisa dijadikan patokan sebagai tanda kalau seorang wanita sudah pernah melakukan hubungan seksual atau belum dan menjadi patokan keperawanan seorang wanita.