User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Keputihan berwarna hijau

Banyak wanita yang merasa terganggu dengan keputihan. Padahal keputihan merupakan hal yang normal terjadi pada setiap wanita. Keputihan atau fluor albus merupakan keluarnya lendir berwarna putih dari vagina perempuan. Namun keputihan ini bisa menjadi sesuatu yang abnormal. Seperti keputihan berwarna hijau.

Keputihan warna hijau menunjukan adanya kondisi yang tidak normal pada organ reproduksi kamu. Keputihan normal yakni keputihan yang memiliki lendir berwarna putih atau putih bening. Jika keputihan anda berwarna coklat, kuning, abu-abu, maupun hijau berarti ada kondisi abnormal yang terjadi pada dirimu.

Jika anda mengalami keputihan warna hijau bisa disebabkan oleh penyakit menular seksual. Penyakit ini menular dari hubungan seksual yang pernah anda lakukan. Ada yang menyebutkan keputihan dengan warna hijau adalah gejala awal penyakit kelamin trikomoniasis.

Trikomoniasis adalah salah satu penyakit seksual yang menyerang organ intim wanita, dimana penyakit ini akan menimbulkan bau yang tidak sedap dan menggeluarkan keputihan dengan warna yang tidak wajar pada vagina anda. Ketika anda mengalaminya, maka akan terasa panas dan gatal dibagian vagina.

Trikomoniasis disebabkan tertular oleh virus Trichomonas Vaginalis (TV). Virus tersebut bisa tertular dari penis ke vagina, dan vagina ke vagina. Apa lagi banyak penderitanya tidak mendapatkan berbagai gejala ketika sudah tertular virus TV ini.

Biasanya anda akan mendapatkan gejala, seperti:

Gejala Keputihan Berwarna Hijau

  • Keputihan hijau dengan busa
  • Adanya bau amis yang sangat menyengat
  • Adanya rasa sakit saat berhubungan seksual maupun saat buang air kecil
  • Gatal pada vagina

Akibat dari Keputihan Abnormal Dengan Warna Hijau

Jika anda sudah mengalami gejala seperti diatas, sudah saatnya anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut untuk mengobati keputihan yang anda alami. Karena jika anda tidak melakukan pemeriksaan, maka anda akan menemukan beberapa akibat dari keputihan yang anda alami.

Biasanya bagi wanita yang mengandung, dan mengalami keputihan warna hijau akan mengancam keberadaan janinnya. Bakteri TV bisa membuat bayi anda lahir dalam kondisi prematur dengan berat badan rendah, sehingga sangat riskan terserang berbagai penyakit.

Apa yang harus anda lakukan jika mendapatkan hal ini? Maka anda harus segera bisa mencegah bakteri TV untuk tidak menyebar. Dan selalu menggunakan kondom ketika ingin melakukan hubungan seksual kepada pasangan anda.

Keputihan Abnormal

Pengobatan

Keputihan dengan kondisi abnormal, harus segera ditangani oleh tenaga medis untuk mendapatkan penanganan. Biasanya jika anda mengalami hal tersebut, maka dokter akan memberikan obat antijamur dan antibakteri untuk mematikan dan agar jamur serta bakteri tidak berkembang biak lagi.

Gejala keputihan ini merupakan hal yang berkaitan dengan ginekologi atau kesehatan reproduksi pada wanita. Sehingga anda harus memeriksakannya ke dokter spesialis kandungan atau kebidanan untuk mendapatkan solusi dan pemeriksaan lebih lanjut anda juga bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia. Dokter juga akan meminta sampel keputihan untuk di cek laboratorium.

Pencegahan

Anda bisa melakukan pencegahan lebih dini untuk terhindar dari keputihan abnormal. Pencegahan yang dilakukan tentunya sangat mudah seperti:

  • Selalu menjaga kebersihan bagian vagina
  • Selalu mengganti celana dalam, minimal dua kali sehari. Atau saat celana dalam lembab
  • Jangan gunakan celana yang ketat dengan bahan yang sulit menyerap keringat
  • Setelah buang air kecil, bilaslah mulai dari depan ke belakang, dan keringkan menggunakan handuk

Itulah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk menghindari terjadinya keputihan berwarna hijau. Jika anda memang sudah mengalaminya, segeralah melakukan pemeriksaan, jangan terlalu lama didiamkan. Jika didiamkan, hanya akan membuat kondisi semakin parah.