User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Uretritis adalah peradangan atau pembengkakan dan iritasi pada uretra. Ada banyak penyebab uretritis yang berbeda termasuk infeksi yang ditularkan melalui hubungan seksual. Uretritis adalah peradangan uretra atau saluran yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh dan biasanya disebabkan oleh infeksi. Uretritis non gonokokal (NGU) ini adalah kondisi yang tidak disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS) gonore (kencing nanah). NGU terkadang disebut juga sebagai uretritis non spesifik (NSU) ketika tidak ada penyebab uretritis yang dapat ditemukan.

Fakta Cepat Mengenai Uretritis

Uretritis adalah suatu kondisi dimana uretra atau tabung yang membawa urine dari kandung kemih ke luar tubuh menjadi meradang dan teriritasi. Semen juga dapat melewati uretra pria. Uretritis biasanya menyebabkan rasa sakit saat kencing dan keinginan untuk kencing meningkat. Penyebab uretritis yang pertama biasanya infeksi oleh bakteri.
 
Uretritis tidak sama dengan infeksi saluran kemih (ISK). Uretritis adalah peradangan pada uretra, sedangkan infeksi saluran kemih adalah ISK. Kemungkinan memiliki gejala yang serupa, akan tetapi memerlukan metode pengobatan yang berbeda tergantung pada penyebab urethritis yang mendasarinya.
 
Uretritis mempengaruhi orang-orang dari segala usia. Pria dan wanita dapat mengembangkan kondisi ini. Namun wanita memiliki peluang lebih besar untuk mengembangkan kondisi ini daripada seorang pria. Sebagian wanita biasanya memiliki uretra yang panjangnya 1 ½ inci dan membuat lebih mudah bagi bakteri untuk memasuki uretra.

Begini Penyebab Uretritis Yang Harus Diperhatikan


Secara umum, sebagian besar penyebab uretritis adalah akibat infeksi dari bakteri atau virus. Bakteri adalah penyebab uretritis paling umum. Bakteri yang sama dapat menyebabkan infeksi kandung kemih dan ginjal juga dapat menginfeksi laisan uretra. Bakteri yang ditemukan secara alami di area genital juga dapat menjadi penyebab uretritis jika memasuki saluran kemih. Bakteri yang terkait dengan uretritis meliputi:

• Neisseria Gonorrhoeae
• Chlamydia Trachomatis
• Mycoplasma Genitalium

Patogen adalah parasit biologis yang menyebabkan penyakit. Parasit ini sama yang dapat menyebabkan infeksi menular seksual (IMS) juga dapat menyebabkan uretritis. Termasuk bakteri yang menyebabkan gonore (kencing nanah) dan klamidia dan parasit yang menyebabkan trikomoniasis. Ada juga virus yang dapat menyebabkan perkembangan uretritis termasuk Human Papilloma Virus (HPV), Herpes Simpleks Virus (HPV) dan Cytomegalovirus (CMV).

 

Gejala Uretritis Pada Umumnya

Gejala uretritis terdapat pada pria dan pada wanita, diantaranya:
 
1. Gejala Uretritis Pada Pria
Pria dengan uretritis dapat mengalami 1 atau lebih dari gejala-gejala uretritis seperti berikut:
 
• Memiliki sensasi terbakar saat kencing.
• Terasa gatal atau terasa terbakar di dekat lubang penis.
• Munculnya darah dalam air mani atau urine.
 
2. Gejala Uretritis Pada Wanita
Beberapa gejala uretritis pada wanita termasuk:
 
• Semakin sering ingin kecing.
• Ketidaknyamanan saat kencing.
• Terasa terbakar atau iritasi pada pembukaan uretra.
• Debit abnormal dari vagina juga dapat muncul bersama dengan gejala kemih.
 
Orang-orang yang menderita uretritis juga kemungkinan tidak memiliki gejala yang terlihat. Terutama pada wanita. Pada pria, gejalanya kemungkinan tidak jelas jika uretritis terjadi akibat klamidia atau infeksi trikomoniasis. Untuk kondisi ini juga sangat diperlukan untuk melakukan tes atau pengujian jika kemungkinan telah terinfeksi infeksi menular seksual (IMS).

Bagaimana Uretritis Didiagnosis?

Dokter akan menanyakan gejala yang terkait. Kemungkinan juga akan dilakukan pemeriksaan area genital mengenai adanya cairan, nyeri tekan, luka dan tanda-tanda infeksi menular seksual (IMS). Serta dapat membantu suatu diagnosis. Tes dan pengujian dilakukan untuk menganalisis sampel uirne atau kapas yang diambil dari uretra atau area vagina.

Jika dokter mencurigai infeksi menular seksual (IMS) spesifik kemungkinan akan adanya tes dan pengujian khusus atau yang memungkinkan dokter untuk mengkonfirmasi atau mengesampingkan diagnosis potensial tersebut. Tes atau pengujian darah dapat dilakukan untuk memeriksa infeksi menular seksual (IMS) lain seperti HIV dan sipilis (raja singa).

Bergantung pada hasil analisis di laboratorium, Anda bisa mendapatkan hasil tes atau pengujian kembali dalam beberapa hari. Ini memungkinkan mereka untuk memulai perawatan sesegera mungkin dan memberi tahu pasangan Anda agar dilakukan pengujian atau tes serta pengobatan untuk uretritis juga.

Obat Khusus Uretritis Parah


Perawatan untuk uretritis biasanya termasuk antibiotik atau obat-obatan antivirus. Jika infeksi menular seksual (IMS) menyebabkan infeksi, maka sangat penting bahwa semua pasangan seksual harus dilakukan tes atau pengujian serta pengobatan untuk mencegah penyebaran infeksi menular seksual (IMS) dan infeksi yang berulang.

Kemungkinan juga peningkatan gejala dan hanya beberapa hari setelah perawatan. Namun Anda harus tetap menyelesaikan pengobatan sesuai resep dokter dan sampai dinyatakan sembuh oleh dokter, jika tidak infeksi akan menjadi lebih buruk. Mereka yang menderita uretritis harus menunggu 1 minggu setelah pengobatan dan pasangan Anda juga telah menyelesaikan pengobatan sebelum melanjutkan aktifitas seksual.

Pengobatan yang sesuai hanya ada di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani pengobatan uretritis. Selain itu melakukan pengobatan uretritis di Klinik Utama Gracia sangat terjangkau. Berbeda dengan melakukan pengobatan di klinik-klinik lain. Anda hanya dengan menghubungi nomor 081336361555 atau dengan mengkonsultasikannya melalui chat online dibawah ini, Anda sudah bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia.

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.