User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

kista coklat

Hampir setiap wanita mengalami penyakit kista. Penyakit ini biasanya menyerang bagian organ reproduksi wanita. Meskipun kista bisa menghilang sendiri tetapi kista tetap bisa menjadi ganas, terutama kista coklat atau endometriosis. Bagaimana cara menangani dan obat kista coklat.

Kista adalah tumor jinak, biasanya ditemukan pada organ reproduksi wanita, termasuk dibagian vagina maupun vulva. Kista juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu kista non neoplastic dan kista neoplastik. Kista non neoplastik biasanya bisa mengempis setelah dua hingga tiga bulan tumbuh.

Dalam dunia kedokteran kista ini disebut endometriosis biasanya menyerang indung telur wanita (ovarium) dan terkadang tidak memberikan gejala apapun bagi penderitanya. Tetapi kista ini harus tetap diawasi agar tidak membesar dan semakin parah. Serta harus diangkat jika sudah terlalu besar dan membuat si wanita merasa sakit.

Hal ini disebabkan oleh dimana terdapat sebuah jaringan dari lapisan dalam rahim tumbuh di rongga rahim. Pertumbuhan kista ini bisa muncul pada ovarium, tuba fullopi, dan area lain disekitar panggul. Sehingga muncul hal yang tidak diinginkan yang bisa memperparah kondisi.

Kista ini muncul dikarenakan penumpukan jaringan endometrium pada ovarium. Biasanya ditandai dengan munculnya cairan cokelat gelap dan kemerahan sehingga penyakit ini disebut dengan endometriosis.

Kista ini juga akan sangat mempengaruhi siklus menstruasi anda. Penyakit ini memang hampir menyerang seluruh wanita di dunia, termasuk Indonesia. Tetapi belum ada data yang pasti mengenai sudah berapa banyak wanita Indonesia yang terserang endometriosis. Namun penyakit ini tidak membahayakan, hanya saja akan sangat menganggu penderitanya.

Gejala

Penyakit ini merupakan penyakit yang tidak menimbulkan rasa sakit pada penderitanya. Tetapi penyakit ini merupakan penyakit jangka panjang yang bisa menimbulkan pendarahan hebat pada penderitanya dalam jangka waktu tertentu, serta bisa menyebabkan menganggu kesuburan seseorang.

Gejala yang sering terjadi:

  • Nyeri pada bagian panggul
  • Sakit saat melakukan hubungan seksual
  • Sakit ketika melakukan buang air besar
  • Kemandulan
  • Penderita bisa mengalami pendarahan saat menstruasi maupun saat buang urine dan tinja

Pantangan Penderita

Bagi penderita, memang tidak ada pantangan yang pasti terhadap penderita penyakit kista ini. Termasuk juga pantangan makanan. Karena tidak ada pantangan yang pasti bagi penderita penyakit ini. Hal terpenting si penderita tidak terlalu banyak dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung cukup banyak MSG, pengawet, dan makanan yang mengandung zat pewarna cukup banyak.

Penyebab

Belum ada yang mengetahui apa yang menyebabkan penumpukan jaringan endometrium di dinding rahim. Namun ada spekulasi yang menyatakan bahwa penyakit ini ditimbulkan karena endometriosis yang menempel pada dinding rahim gagal dikeluarkan dari dalam tubuh sehingga melekat dan menumpuk pada dinding rahim.

Resiko

Resiko dari kista coklat ini adalah penderitanya bisa mempengaruhi tingkat kesuburan. Apa lagi kista ini biasanya muncul ketika wanita berada pada masa-masa subur. Terlebih jika kista ini pecah dengan sendirinya, selain akan menimbulkan sakit yang cukup parah, pecahnya kista juga akan menyulitkan wanita untuk hamil.

Lalu, jika tubuh wanita memiliki hormon esterogen yang tinggi, maka akan memperparah kondisi tersebut. Ada juga yang mengatakan kista ini muncul karena faktor keturunan, dan juga metabolisme tubuh wanita.

Pengobatan Endometriosis

Kista coklat dan obat kista coklat

Belum diketahui apa obat kista coklat ini. Namun biasanya para dokter akan memberikan obat endometriosis dengan pil KB, suntik hormon. Jika kista menyebabkan penderitanya sulit hamil, maka harus dilakukan pengangkatan agar bisa hamil.

Belum ada obat yang bisa digunakan dalam endometriosis. Karena biasanya obat kista coklat yang diberikan hanya untuk pereda rasa sakit, dan penderitanya tetap bisa melakukan aktivitas seperti biasa tanpa timbulnya rasa sakit yang diakibatkan oleh kista tersebut.

Pencegahan

Cara mudah untuk melakukan pencegahan dari endometriosis adalah dengan cara sederhana yang bisa dilakukan oleh siapapun. Yakni:

  • Olahraga
  • Tidak stress
  • Makan sayur-sayuran dan buah
  • Minum air putih yang banyak
  • Menjalankan hobi

Obat alami dari penyembuhan berbagai penyakit adalah bagaimana kita menghadapi penyakit itu. Hal terpenting ketika ada penyakit yang menyerang, cobalah untuk tenang. Dan tetap menjalani pengobatan sesuai dengan anjuran dokter.