User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Keputihan adalah bagian normal dari sistem reproduksi wanita. Namun jika mengalami perubahan dalam jumlah, berbagai macam-macam warna keputihan atau bau keputihan kemungkinan itu adalah kelompok macam-macam warna keputihan yang diderita atau infeksi yang memerlukan perawatan medis. Banyak wanita menanyakan keputihan normal.

Cairan dari kelenjar di dalam vagina dan serviks (leher rahim) membawa sel-sel mati dan bakteri. Membuat vagina bersih dan mencegah infeksi. Bau keputihan dan jumlah cairan yang keluar dapat bervariasi dari setiap wanita ke wanita, dengan macam-macam warna keputihan yang bervariasi dari yang jelas hingga berwarna putih susu pada waktu yang berbeda selama siklus menstruasi.

Pengertian Keputihan Menurut Jenisnya

Semua wanita mengalami keputihan. Keputihan normal kemungkinan tampak jernih, putih keruh dan terkadang kekuningan saat mengeringkan pakaian. Kemungkinan juga mengandung flek putih dan terkadang bisa tipis dan berserabut. Kemungkinan ada lebih banyak debit jika berovulasi, menyusui atau terangsang secara seksual.
 
Baunya kemungkinan berbeda jika sedang hamil. Setiap perubahan dalam keseimbangan bakteri normal di vagina dapat mempengaruhi bau, macam-macam warna keputihan atau tekstur dari setiap keputihan. Jika mengalami rasa gatal atau terbakar maka segera konsultasikan dengan dokter karena kondisi ini dapat mengindikasikan infeksi atau masalah lainnya.

Penyebab Umum Keputihan Berwarna


Faktor yang dapat mengganggu keseimbangan bakteri normal dengan macam-macam warna keputihan serta dapat menyebabkan keputihan abnormal atau tidak normal seperti:

• Penggunaan antibiotik atau steroid.
• Stresor emosional.
• Vaginosis bakterial yang merupakan infeksi bakteri yang tidak ditularkan secara seksual, akan tetapi lebih sering terjadi pada wanita yang memiliki banyak pasangan seksual.
• Pakaian dalam ketat atau sintetis.
• Pil KB.
• Kanker serviks (leher rahim).
• Chlamydia atau gonore (kencing nanah) yang merupakan infeksi menular seksual (IMS).
• Diabetes (kencing manis).
• Wewangian dari produk kimia seperti sabun, lotion dan mandi berbusa.
• Infeksi panggul (pelvic) setelah operasi.
• Penyakit radang panggul (PID).
• Trikomoniasis yang merupakan infeksi parasit biasanya disebabkan oleh berhubungan seksual tanpa kondom.
• Atrofi vagina yang menipis dan mengering dari dinding vagina selama dan setelah menopause.
• Vaginitis dan iritasi di sekitar vagina.
• Infeksi ragi.

Baca Juga : Kenali Jika Mengalami Keputihan Gatal Dan Bau

 

Jenis Dan Macam-Macam Warna Keputihan Pada Wanita

Keputihan adalah cairan yang diproduksi oleh kelenjar di dinding vagina dan serviks (leher rahim) yang mengalir dari pembukaan vagina. Jumlah keputihan normal sangat bervariasi dan ber macam-macam warna keputihannya sepanjang siklus menstruasi, seperti:
 
• Keputihan Yang Tebal, Kental Dan Berwarna Putih
Menunjukkan kemungkinan mengalami infeksi ragi yang harus melakukan pemeriksaan. Hal positif nya bahwa infeksi ragi dianjurkan untuk menghindari sabun yang beraroma berat dan berbahan kimia, hindari pakaian basah setelah berolahraga atau setelah berenang.
 
• Keputihan Yang Berwarna Cokelat Tua Serta Memiliki Bercak Merah
Menstruasi yang muncul dan jika mengalami perdarahan diantaranya akan terlihat sedikit yang menunjukkan adanya sesuatu yang lebih dan bisa menjadi tanda kehamilan, infeksi atau kehamilan ektopik.
 
• Keputihan Yang Berwarna Jelas Dan Bersih (Jernih)
Saat dorongan seksual pada steroid maka akan membuat bayi sangat mudah keluar. Akan tetapi harus berhati-hati karena ini juga merupakan siklus paling subur.
 
• Keputihan Yang Kental
Kondisi ini normal karena menunjukkan bahwa menstruasi adalah kondisi yang secara psikologis meskipun seorang wanita berbeda-beda setiap mengalaminya.
 
• Keputihan Berwarna Hijau Atau Kuning
Kondisi yang aneh yang menunjukkan tanda-tanda penyakit menular seksual (PMS), seperti gonore (kencing nanah) atau Trichomoniasis dan sejenisnya. Chlamydia juga dapat menyebabkan keluarnya cairan yang sering kali tidak memiliki gejala sama sekali. Umumnya infeksi dikaitkan dengan keputihan berwarna kuning atau hijau. Biasanya terasa gatal, adanya rasa sakit, bau atau ketidaknyamanan lainnya. Penyakit kelamin (STD) dan infeksi dari macam-macam warna keputihan ini termasuk Bacterial Vaginosis (BV) atau Trichomoniasis.
 
• Keputihan Yang Lebih Berat Dari Biasanya
Kontrasepsi yang digunakan salah adalah penyebab umum dari keputihan yang berat dan tidak biasa seperti pil KB. Akan tetapi terkadang hasil dari debit yang lebih berat dari reaksi alergi atau kepekaan terhadap bahan kimia atau sabun yang kuat.
 
• Keputihan Berwarna Cokelat
Keputihan berwarna cokelat setelah siklus menstruasi. Kemungkinan pada vagina ada bercak darah. Jenis dari debit ini juga bisa menunjukkan siklus yang tidak teratur, umumnya keputihan berwarna cokelat tidak perlu dikhawatirkan.
 
• Keputihan Berwarna Putih
Keluarnya cairan putih bisa berbeda dengan tahapan siklus menstruasi. Kemungkinan merasa gatal atau terbakar yang disertai seperti keju keluar dan ini adalah infeksi ragi. Tidak perlu takut, 3 wanita dari 4 wanita mengalami beberapa jenis infeksi ragi dalam hidupnya.

Cara Mendiagnosis Keputihan Yang Parah


Dokter akan terlebih dahulu untuk mempertimbangkan riwayat dari keputihan atau macam-macam warna keputihan serta melakukan pemeriksaan fisik atau panggul (pelvic). Jika memiliki cairan dari vagina, maka diperlukan melakukan tes atau pengujian untuk di analisis di laboratorium untuk menentukan adanya infeksi atau tidak. Dokter akan memeriksa pH vagina, karena dapat memberikan petunjuk penyebab keputihan.

Jika infeksi dikesampingkan, dokter akan menanyakan mengenai bahan kimia atau yang menyebabkan iritasi misalnya douche atau kondom lateks yang telah terpakai oleh vagina. Dalam beberapa kasus, keputihan dapat didiagnosis hanya dengan mempertimbangkan usia, karena wanita pasca menopause rentan terhadap iritasi pada lapisan vagina.

Penanganan Khusus Keputihan Remaja


Langkah awal untuk pengobatan keputihan adalah dengan memakai pakaian dalam dari bahan katun dan pakaian dalam saat berolahraga. Usahakan hindari penggunaan produk beraroma yang dapat mengiritasi lapisan vagina. Infeksi ragi dapat diobati dengan menggunakan obat-obatan. Akan tetapi penyebab lain dari keputihan memerlukan obat-obatan yang di resepkan oleh dokter.

Konsultasikan permasalahan keputihan Anda dengan dokter, dan usahakan untuk melakukan pemeriksaan secara khusus dan lakukan pengobatan yang direkomendasikan oleh dokter bahkan jika gejalanya membaik. Keputihan yang tidak normal atau abnormal adalah masalah yang dapat menjadi indikasi dari beberapa masalah kesehatan lainnya yang serius.

Untuk mengatasi segala bentuk kekhawatiran Anda, segera lakukan pengobatan untuk penanganan macam-macam warna keputihan sebelum kondisinya bertambah menjadi semakin parah. Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang sangat terpercaya dalam menangani masalah keputihan sampai kondisi yang paling parah.

Anda tidak perlu khawatir, karena melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia sangat terjangkau. Selain itu Anda bisa dengan mudah melakukan pengobatan hanya dengan menghubungi kami di nomor 081336361555 dan melakukan chat konsultasi secara online gratis dibawah ini, karena tidak perlu mengantri terlalu lama untuk melakukan reservasi.

Baca Juga : Apa Saja Warna Keputihan Yang Dialami Wanita

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.