User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Tanda atau ciri radang panggul kemungkinan terlihat seperti kondisi lain atau masalah kesehatan yang lain. Yang harus segera melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter untuk menemukan diagnosis yang tepat. Penyakit radang panggul (PID) adalah infeksi dan peradangan 1 organ atau lebih di area panggul (pelvic) wanita, seperti serviks (leher rahim), endometrium (lapisan rahim), tuba fallopu atau indung telur.

Radang panggul disebabkan oleh infeksi bakteri yang menyebar dari serviks (leher rahim) ke organ reproduksi wanita lainnya. Infeksi ini ditularkan secara seksual (paling umum oleh gonore atau kencing nanah dan klamidia) atau infeksi terdapat saat melakukan aborsi, penyisipan alat kontrasepsi intrauterin atau persalinan.

Radang panggul adalah infeksi saluran reproduksi wanita. Dapat mempengaruhi uterus, slauran tuba dan indung telur. Jaringan parut tumbuh diantara organ-organ internal yang mengarah pada nyeri panggul (pelvic) yang sedang berlangsung. Selain itu dapat menyebabkan kehamilan ektopik. Yang mana sel telur yang dibuahi tumbuh di luar rahim. Jika tidak segera ditangani, radang panggul dapat menyebabkan infeksi kronis. Dan kemungkinan juga tidak bisa hamil.

Apa Itu Radang Panggul? Apakah Berbahaya?

Radang panggul adalah infeksi uterus (rahim), indung telur dan tabung. Disebabkan oleh infeksi bakteri sekitar 1 kasus dari 4 kasus yang disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS) seperti klamidia atau gonore (kencing nanah). Radang panggul mudah diobati dengan antibiotik. Namun jika tidak segera diobati dapat menyebabkan infertilitas atau kemandulan (tidak dapat memiliki anak), kehamilan ektopik (dimana kehamilan tumbuh di tabung bukan di rahim) atau nyeri panggul (pelvic) kronis.
 
Radang panggul adalah suatu kondisi yang mempengaruhi sekitar 1 wanita dari 8 wanita. radang panggul paling sering terjadi pada wanita yang aktif secara seksual sekitar usia 20 tahun hingga 24 tahun. ketika didiagnosis secara dini, radang panggul mudah untuk diobati dan pada kebanyakan wanita harus melakukan pemulihan secara penuh atau pengobatan secara efektif.

Apa Penyebab Radang Panggul Yang Paling Umum?


Bakteri dapat menyebabkan radang panggul dan seringkali jenis bakteri ini sama dengan yang menyebabkan penyakit menular seksual (PMS). Radang panggul dapat berkembang jika bakterinya berjalan melalui vagina dan serviks (leher rahim) dari penggunaan alat kontrasepi dalam rahim atau biasa disebut IUD.

Baca Juga : Bahaya Radang Panggul Bagi Penderitanya

 

Berbagai Tanda Dan Ciri Radang Panggul

Beberapa tanda dan ciri radang panggul paling umum sepert:
 
• Terasa nyeri saat kencing.
• Terasa nyeri di perut (area kanan atas).
• Terasa nyeri saat atau setelah berhubungan seksual.
• Suhu tubuh yang tinggi.
• Mual dan muntah.
• Perdarahan setelah berhubungan seksual.
• Perdarahan antar siklus menstruasi.
• Terasa nyeri yang menyebar ke seluruh bagian bawah perut.
• Terasa nyeri di panggul (pelvic).
• Meningkatnya keputihan yang berbau busuk.
• Demam dan menggigil.
 
Kemungkinan sangat sulit bagi seorang wanita mengetahui memiliki radang panggul. Beberapa wanita kemungkinan tidak memiliki tanda dan ciri radang panggul apapun, terutama ketika radang panggul disebabkan oleh infeksi klamidia. Namun tanda dan ciri radang panggul yang parah dapat berkembang dengan cepat, termasuk:
 
• Sakit perut bagian bawah atau sakit punggung.
• Nyeri saat berhubungan seksual atau saat kencing.
• Siklus menstruasi yang tidak normal atau abnormal atau peningkatan nyeri selama menstruasi.
• Keputihan yang tidak normal atau abnormal termasuk perdarahan setelah berhubungan seksual.
• Demam, menggigil, mual dan muntah.
 
Jika mengalami tanda dan ciri radang panggul ini, maka segera konsultasikan ke dokter dan lakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Diagnosis Untuk Ciri Radang Panggul Yang Tidak Diobati


Dari tanda dan ciri radang panggul dapat didiagnosis dengan mengambil swab vagina dan serviks (leher rahim), akan tetapi kemungkinan juga memerlukan pemeriksaan panggul (pelvic) atau tes dan pengujian lain terutama jika tidak ada tanda dan ciri radang panggul. Dokter akan menanyakan kesehatan Anda dengan menanyakan riwayat medis dan melakukan pemeriksaan fisik dan panggul (pelvic). Tes atau pengujian lain kemungkinan termasuk:

• Tes atau pengujian sampel vagina dan serviks (leher rahim) dibwah mikroskop.
• Tes atau pengujian darah.
• Tes atau pengujian pap smear. Untuk tes atau pengujian ini sel diambil dari serviks (leher rahim) dan diperiksa dibawah mikroskop digunakan untuk menemukan kanker, infeksi atau peradangan.
• USG. Tes atau pengujian ini menggunakan gelombang suara frekuensi tinggi untuk membuat gambar organ.
• Laparoskopi adalah prosedur kecil yang dilakukan dengan menggunakan laparoskop. Atau tabung tipis dengan lensa dan cahaya yang dimasukkan ke dalam sayatan di dinding perut untuk melihat saluran reproduksi.
• Culdocentesis, tes atau pengujian ini menggunakan jarum yang dimasukkan ke dalam rongga panggul (pelvic) melalui dinding vagina untuk mendapatkan sampel nanah.

Cara Menangani Radang Panggul Dengan Tepat


Berbagai ciri radang panggul diobati dengan antibiotik. Dan dapat diberikan sebagai obat-obatan oral, suntikan atau melalui intravena. Jenis antibiotik yang dibutuhkan akan bergantung pada tingkat keparahan infeksi. Terkadang radang panggul harus ditangani dengan operasi juga. Radang panggul diobati dengan kombinasi antibiotik selama 14 hari. Selama penanganan disarankan untuk tidak berhubungan seksual.

Jika Anda dan pasangan Anda didiagnosis dengan infeksi menular seksual (IMS), maka Anda dan pasangan Anda harus melakukan konsultasi dan pemeriksaan dengan dokter. Ketika radang panggul diobati sejak dini, maka sangat mengurangi risiko komplikasi seperti kesuburan yang lebih rendah, sakit perut kronis, kehamilan ektopik (perkembangan janin di tuba fallopi), keguguran, kelahiran prematur dan lahir mati.

Kondom adalah metode perlindungan terbaik terhadap infeksi menular seksual (IMS) dan radang panggul. Sangat penting juga untuk melakukan tes atau pengujian rutin untuk infeksi menular seksual (IMS) jika aktif secara seksual dan memiliki pemeriksaan infeksi menular seksual (IMS) seperti penyisipan IUD atau aborsi. Dokter akan melakukan penanganan terbaik dengan berdasarkan:

• Usia.
• Riwayat kesehatan dan medis secara keseluruhan.
• Tingkat keparahan penyakit.
• Seberapa baik tubuhnya menerima penanganan obat-obatan, prosedur atau terapi tertentu.
• Jangka waktu kondisi berlangsung.

Obat-obatan antibiotik digunakan untuk mengobati radang panggul, terutama jika disebabkan oleh penyakit kelamin (STD). Untuk infeksi berat, kemungkinan harus melakukan penanganan khusus untuk mendapatkan obat-obatan antibiotik intravena, dan terkadang operasi juga sangat diperlukan. Anda bisa melakukan semua pengobatan tersebut hanya di Klinik Utama Gracia.

Salah satu klinik yang sudah terkenal dalam menangani permasalahan penyakit kelamin baik itu penyakit radang panggul (PID). Dengan menghubungi nomor klinik kami di 081336361555 mempermudah Anda saat ingin melakukan pengobatan di klinik kami. Atau dengan melakukan konsultasi online seperti dibawah ini.

Baca Juga : Hati-Hati! Gejala Dan Faktor Penyakit Radang Panggul

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.