User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Wanita pasti sudah tidak asing lagi dengan keputihan, tapi tahukah kamu bahwa setiap warna keputihan memiliki arti yang berbeda. Ketahui macam-macam arti warna keputihan disini.

Keputihan adalah cairan yang biasanya berwarna putih atau jernih yang keluar dari vagina. Sebagian besar wanita akan mengalami keputihan. Beberapa wanita mengalami keputihan setiap hari, sementara pada wanita lain hanya bisa mengalami keputihan sesekali. Jika cairannya berubah warna dan baunya berbeda atau bertambah berat, maka Anda kemungkinan mengalami masalah seperti infeksi. Dan segera temui dokter untuk ditindak lanjuti.

Baca Juga :  Keputihan Berbau Amis? Ini Penyebabnya!

Apa Yang Menyebabkan Keputihan Pada Wanita?

Pada sebagian besar penyebab keputihan abnormal seperti infeksi ragi, vaginosis bakterial atau gejala menopause akan relatif tidak berbahaya akan tetapi bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Keputihan abnormal juga bisa menjadi salah satu gejala infeksi menular seksual (IMS). Karena dapat menyebar untuk melibatkan rahim, indung telur dan saluran telur dan dapat diteruskan ke pasangan seksual. Keputihan yang berwarna kecokelatan atau berdarah-darah bisa menjadi tanda kanker serviks (leher rahim).

Tanda-Tanda Berdasarkan Arti Warna Keputihan


• Arti Warna Keputihan Kuning Atau Hijau Dan Tebal

Beberapa wanita secara alami memiliki arti warna keputihan yang kekuningan yang kemungkinan sangat normal. Biasanya jelas dan berubah warna serta terasa lebih tebal dan bisa menandakan masalah kesehatan. Keputihan yang terkait dengan infeksi akan berwarna kuning atau hijau dan biasanya dikaitkan dengan bau.
 
Beberapa wanita akan merasakan bau amis. Infeksi yang terjadi disertai dengan gejala lain seperti gatal atau terasa terbakar. Ketika area vagina tidak steril, maka sangat normal jika memiliki organisme di vagina. Dan ketika bermasalah antara bakteri dan jamur terlalu banyak maka akan menyebabkan gejala.

• Arti Warna Keputihan Cokelat Gelap Atau Merah


Keputihan dengan warna ini bisa membingungkan karena memiliki tanda-tanda cokelat gelap di celana, akan tetapi tidak selalu merupakan pertanda yang buruk. Oleh karena itu harus berhati-hati karena biasanya keputihan yang gelap berarti darah yang tua muncul. Tes yang paling tepat adalah dengan cara pap smear karena biasanya darah muncul di serviks (leher rahim).

 

• Arti Warna Keputihan Putih Dan Tebal

Jika keputihan Anda menyerupai seperti keju, kemungkinan mengalami infeksi candida (sariawan). Ini paling umum terlihat. Bukan hanya keputihan yang sangat mengganggu akan tetapi gatal yang selalu menjadi keluhan. Dokter harus mendiagnosis infeksinya sebelum perawatan dilakukan.

• Arti Warna Keputihan Kental Dan Putih

Ini kemungkinan tanda infeksi ragi dan biasanya tebal, putih dan menyebabkan banyak terasa gatal yang dapat bersifat internal dan eksternal. Sebagian infeksi ragi sangat mudah ditangani dengan obat-obatan yang diresepkan oleh dokter. Wanita yang rentan terhadap infeksi ragi harus menghindari produk-produk kebersihan yang beraroma tinggi serta hindari memakai pakaian basah dan pakaian renang dalam waktu yang lama.

• Arti Warna Keputihan Kuning Atau Kuning Kehijauan

Trikomoniasis atau gonore (kencing nanah) keduanya adalah penyakit kelamin yang memerlukan perawatan medis. Jika keputihannya berwarna kehijauan dan berbusa kemungkinan ada hal lain dan harus segera mengkonsultasikan dengan dokter. Klamidia dapat menyebabkan keluarnya cairan dan seringkali tidak ada gejala sama sekali.

• Arti Warna Keputihan Abu-Abu Kehijauan Dan Berbusa (Bau Seperti Ikan)


Kemungkinan memiliki vaginosis bakteri yang merupakan infeksi umum dan menimbulkan ketidaknyamanan yang disebabkan oleh ketidakseimbangan yang normal, mikroorganisme di vagina. Bisa menjadi kekhawatiran akan tetapi bisa diobati dengan antibiotik atau antibakteri sederhana. Jika rentan terhadap bakteri vaginosis maka jangan pernah melakukan douche. Dan menjauhkan dari seks yang membuat berisiko.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Keputihan?

Pada wanita atau anak perempuan dengan tanda-tanda adanya keputihan maka segera melakukan konsultasi dengan dokter. Jika setiap wanita mengenali tanda dan gejala infeksi ragi dan tidak memiliki gejala lain maka bisa mengantisipasinya dengan pencegahan diri sendiri. Keputihan yang disebabkan oleh infeksi ragi sangat khas dengan tebal, berwarna putih dan sering menggumpal menyerupai keju. Namun terkadang infeksi ragi menyebabkan rasa gatal dan terbakar karena keluarnya sedikit cairan.

Cara Penanganan Pada Keputihan Berwarna


Jika Anda memiliki infeksi jamur sebelumnya dan memiliki gejala yang berulang dan serupa maka segera melakukan perawatan dengan obat-obatan anti jamur. Dan jika gejalanya tidak membaik maka konsultasikan dengan dokter. Dan bicarakan mengenai keluarnya cairan baru yang tidak membaik ketika munculnya iritasi. Jika Anda mengalami sakit perut atau demam dengan keputihan yang baru maka cara satu-satunya adalah dengan memeriksakannya ke dokter.

Anda bisa menemui dokter spesialis yang menangani masalah keputihan di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang sangat merekomendasi. Dan sudah banyak pasien yang datang untuk berobat dan hasilnya sembuh. Dengan menghubungi kami di nomor 081336361555 Anda bisa melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia. Dan jika ada pertanyaan lain seputar keputihan, Anda bisa mengunakan layanan konsultasi online gratis dibawah ini.

Baca Juga :  Catat, Inilah Akibat Keputihan Abnormal Pada Wanita


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.