User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Penyakit Menular Seksual (PMS)

 

Tahukan Anda Tentang Penyakit Menular Seksual (PMS)?

 

Penyakit menular seksual (PMS) merupakan cakupan dari berbagai jenis penyakit-penyakit yang menular dan ditularkan melalui kontak seksual yang dilakukan oleh satu orang ke orang lainnya. selain penyakit menular seksual atau PMS kondisi ini juga dikenal dengan Infeksi menular seksual atau IMS. Seberapa banyak Anda tahu tentang Infeksi menular seksual (IMS)?

 

Disinilah kami akan membahas mengenai infeksi-infeksi menular seksual (PMS), yang mana penyakit ini memiliki banyak bentuk dan jenisnya. Perlu Anda ketahui bahwa infeksi menular seksual tidaklah hanya menyebar atau menular melalui aktifitas seksual saja. Beberapa jenis PMS juga dapat menyebar melalui penggunaan jarum suntik, proses kelahiran dan juga menyusui, serta transfusi darah.

 

Area genital yang lembab tentunya memudahkan berbagai pertumbuhan organisme mikroskopik seperti virus dan bakteri untuk berkembang, dan tentunya ini merupakan lingkungan yang sangat ideal bagi mereka. Seseorang dapat menularkan penyakit atau infeksinya dari kontak kulit maupun selaput lendir pada alat kelaminnya dan bergerak diantara air mani, cairan vagina, dan juga darah selsma hubungan seksual.

 

Jenis-jenis Penyakit Menular Seksual (PMS) Dan Penyebabnya

 

Jenis dan penyebab dari infeksi menular seksual (IMS) sendiri memiliki beberapa macamnya, dan berikut adalah jenis dari infeksi menular seksual beserta penyebabnya:

 

  • Bakteri penyebab infeksi menular seksual (IMS)
  • Bakteri klamydia trachomatis untuk infeksi klamidia
  • Bakteri neisseria gonorrhoeae untuk infeksi gonore atau kencing nanah
  • Bakteri treponema pallidum untuk infeksi penyakit sifilis atau raja singa
  • Bakteri haemophilus ducreyi untuk infeksi penyakit kankroid

 

  • Virus penyebab infeksi menular seksual (IMS)
  • Human papilloma virus (HPV) untuk infeksi kutil kelamin
  • Herpes simplex virus (HSV-2) Untuk infeksi herpes genital
  • Human immunodeficiency virus (HIV) untuk penyakit AIDS
  • Hepatitis B virus untuk infeksi penyakit hepatitis B

 

  • Parasit penyebab infeksi menular seksual (IMS)
  • Trikomoniasis untuk infeksi vaginitis
  • Phthirus pubis atau kutu kelamin
  • Sarcoptes scabiei untuk infeksi kudis

 

Diantaranya mungkin ada yang sudah Anda ketahui atau sebelumnya sudah pernah Anda alami. Seperti yang Anda ketahui bahwa jenis atau klasifikasi dari penyakit menular seksual (PMS) sendiri sangatlah banyak dan kompleks. Setiap penyakit tentu akan menghasilkan gejala yang berbeda-beda bergantung pada penyebab dan jenis penyakitnya.

 

Sehingga tidak hanya ada satu bentuk gejala yang dirasa menonjol atau sebagai acuan, Tanda dan gejala dari setiap infeksi menular seksual (IMS) yang dirasakan oleh setiap orang juga bisa berbeda dan tidak selalu jelas (asimtomatik). Dengan kata lain meski Anda tidak memiliki gejala yang dirasakan secara langsung, Anda akan tetap bisa menularkan infeksi kepada pasangan Anda.

 

Anda juga harus lebih bersikap waspada atau antisipasi terhadap segala bentuk tanda dan gejlaa adanya infeksi. Cara terbaik untuk menghindari adanya infeksi adalah dengan menerapkan kontak seksual yang monogami atau hanya pada satu pasangan seksual saja. Dengan begitu Anda juga tidak akan berisiko lebih utnuk mendapatkan keluhan tersebut.

 

Diagnosis Dan Pengobatan Untuk Penyakit Menular Seksual (PMS)

 

Lakukan konsultasi atau pemeriksaan sebagai langkah awal yang harus Anda lakukan, karena dengan Anda melakukan pemeriksaan maka Anda juga bisa mengetahui kondisi serta mendapatkan diagnosa secara pasti dari keluhan yang Anda rasakan tersebut. jangan pernah membiarkan penyakit menular seksual (PMS) menginfeksi lebih dalam organ reproduksi Anda atau berlangsung dalam jangka waktu yang lama.

 

Jika hal tersebut Anda lakukan maka tentunya Anda juga berisiko untuk mendapatkan keluhan lain atau bahaya yang lebih serius terhadap organ vital tubuh Anda. selain itu Anda juga akan berisiko untuk menularkan infeksi terhadap anggota keluarga lainnya. tes dan pengecekan yang dilakukan oleh dokter tentu bertujuan untuk mengetahui secara pasti keluhan yang dialami dan juga untuk mengetahui penyebab dari keluhan tersebut secara pasti.

 

Ada banyak jenis pemeriksaan atau perawatan yang bisa menjadi acuan bagi Anda dalam menjalani pengobatan nantinya. Jika Anda melakukan pengobatan secara tuntas dan tepat maka pada jenis penyakit menular seksual tertentu keluhannya bisa disembuhkan secara total. Semakin Anda menunda pemeriksaan dan membiarkan keluhan jangka lama atau semakin bertambahnya hari tentu Anda juga akan semakin mengembangkan bahayanya.

 

Klinik Utama Gracia merupakan klinik khusus kesehatan organ genital yang menangani keluhan mengenai penyakit menular seksual (PMS), andrologi, ginekologi, disfungsi seksual, serta keluhan genital lainnya. Klinik Utama Gracia menggunakan metode modern serta canggih pada setiap tindakan yang dilakukan. Sehingga untuk pengobatan diklinik kami tidak hanya menggobati keluhan secara fisik atau yang terlihat tetapi juga terfokus pada pengobatan untuk penyebabnya.

 

Keluhan yang sudah berlangsunng pada tahap serius tentu akan membutuhkan waktu pengobatan dan juga pemulihan lebih lama jika dibandingkan dengan keluhan yang diketahui dalam tahap awal. Segera lakukan pemeriksaan diklinik kami atau hubungi 0813-3636-1555 untuk berkonsultasi dengan dokter maupun tenaga medis ahli kami.