User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Ciri-ciri keputihan

Keputihan merupakan kondisi yang normal terjadi pada wanita. Keputihan merupakan cairan yang keluar dari vagina wanita. Cairan berwarna putih ini menjadi salah satu ‘pelindung’ organ reproduksi wanita yang biasanya muncul setelah memasuki masa haid. Agar anda lebih memahami apakah keputihan berbahaya atau tidak kita harus mengetahui ciri-ciri keputihan pada wanita.

Namun ada beberapa wanita yang takut akan timbulnya keputihan. Keputihan terbagi menjadi dua, yakni keputihan normal dan keputihan abnormal. Jika keputihan abnormal, terdapat masalah pada organ reproduksi wanita dan bisa menjadi awal mulanya timbul penyakit menular seksual.

Keputihan yang normal memiliki warna putih bening dengan tekstur yang kental tidak lengket, serta tidak berbau. Keputihan jika terkena celana dalam, maka akan meninggalkan bercak berwarna kuning kecoklatan. Kita akan membahas dua ciri keputihan yang normal dan tidak normal. Pada umumnya cairan keputihan yang keluar dari vagina wanita berkisar 2-5 ml atau setara dengan 1 atau 1,5 sendok teh.

Keputihan Normal

Keputihan normal biasanya dikenal dengan keputihan yang tidak berbahaya dan tidak usah dikhawatirkan. Biasanya keputihan jenis ini disebut juga sebagai keputihan fisiologis. Keputihan akan datang setelah wanita memasuki masa haid dan akan terjadi sekitar dua hingga tiga hari.

Fungsi lendir berwarna putih ini sebenarnya tidak hanya sebagai pelindung vagina wanita, tetapi juga akan menjadi pelumas saat berhubungan badan. Dimana ketika keputihan tersebut keluar, saat itulah menjadi masa-masa subur pada wanita. Bahkan keputihan juga bisa terjadi ketika si wanita mendapatkan rangsangan seksual.

Ciri-Ciri Keputihan Normal

Ciri-ciri keputihan

Cairan Encer

Keputihan yang normal akan cukup encer dengan warna putih, terkadang lendir ini tidak lengket ketika dipegang. Keputihan yang tidak lengket ini merupakan keputihan yang wajar terjadi pada wanita dan tidak berbahaya.

Tidak berbau

Ketika muncul keputihan, coba anda cium. Jika keputihan yang keluar dari vagina mu mengeluarkan bau yang tidak sedap, maka keputihan itu terjadi secara tidak normal. Namun jika keputihan tersebut tidak berbau maka hal itu merupakan keputihan yang normal.

Keputihan Berwarna Putih dan Tidak Berwarna

Keputihan yang normal memiliki warna putih bersih seperti yang sudah dijelaskan diatas. Coba perhatikan warna keputihan yang anda alami, jika keputihan anda berwarna maka bisa dipastikan keputihan itu terjadi secara abnormal. Karena keputihan tidak akan berwarna. Keputihan berwarna pun cukup berbahaya untuk anda.

Ciri-Ciri Keputihan Tidak Normal

Keputihan yang tidak normal bisa anda ketahui dari warna dan baunya. Seperti sudah dijelaskan diatas. Keputihan yang tidak normal bisa terjadi akibat pemakaian produk pembersih vagina. Penggunaan produk tersebut bisa menyebabkan keputihan menjadi tidak normal.

Keputihan Disertai Rasa Sakit

Jika anda mengalami keputihan dengan rasa sakit ataupun nyeri pada perut bagian bawah. Maka hal itu bisa dikatakan bahwa keputihan yang terjadi padamu tidaklah normal. Biasanya rasa sakit itu akan muncul ketika anda sedang buang air kecil.

Keputihan Berwarna

Seperti dijelaskan sebelumnya, keputihan yang normal berwarna putih bersih. Jika keputihan anda berwarna seperti hijau, coklat, ataupun kuning sudah dapat dipastikan keputihan yang terjadi pada diri anda tidaklah normal.

Bau Tidak Sedap

Keputihan yang tidak normal juga menimbulkan bau tidak sedap pada lendir tersebut. Bau tersebut juga menyebabkan gatal dibagian vagina. Jika tidak diatasi maka keputihan jenis ini akan cukup berbahaya, maka anda disarankan untuk berkonsultasi kepada dokter.

Keputihan yang tidak normal bisa membuat anda mengalami penyakit kelamin hingga kanker serviks yang cukup berbahaya. Maka sebaiknya, jika anda sudah mengalami keputihan yang tidak normal segeralah untuk memeriksakannya ke dokter agar keputihan yang anda alami tidak semakin parah.

Merawat Vagina

Agar anda terhindar dari keputihan yang berbahaya, maka anda disarankan untuk merawat vagina anda dengan lebih baik. Banyak cara yang dilakukan untuk merawat vagina anda, baik mengunakan antiseptik yang tidak berbahaya maupun menggunakan antiseptik alami, seperti mengunakan air dari daun sirih.

Bila memang anda mengalami keputihan yang tidak wajar, dan diharuskan untuk berkonsultasi dengan dokter maka anda bisa melakukan konsultasi dengan berkunjung ke Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan pelayanan medis yang cukup baik.