User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Keputihan berwarna hitam adalah kondisi tidak normal yang dialami wanita, dimana cairan dari vagina berubah warna atau menyebabkan gejala lainnya. Keputihan ini sering disebabkan oleh peradangan atau infeksi didalam vagina atau serviks (leher rahim).

Iritasi pada lapisan membran juga dapat menyebabkan keputihan terjadi. Keputihan ini bisa menjadi tebal atau berbau busuk atau peningkatan kuantitas selama gairah seksual. Baik sebagai keputihan serviks (leher rahim) atau keputihan vagina tergantung dari mana debit berasal.

Baca Juga :  Ketahui, Penyebab Keputihan Bercampur Darah

Penyebab Keputihan Berwarna Hitam

• Keputihan Berwarna Hitam Disebabkan Karena Perdarahan Implantasi

Sangat umum keputihan dari vagina terjadi pasca pembuahan sel telur. Terjadi ketika embrio melekat pada lapisan uterus. Proses ini disebut implantasi. Setelah pembuahan, beberapa darah bisa melewati vagina melalui serviks (leher rahim) selama implantasi akan tetapi karena dibutuhkan beberapa waktu untuk mencapai vagina keluar sebagai keputihan dari vagina.

• Keputihan Berwarna Hitam Disebabkan Oleh Benda Asing

Benda asing didalam vagina juga bisa menyebabkan keputihan hitam. Benda asing ini bisa berupa tampon atau kondom. Limbah hitam dari vagina yang disebabkan karena alasan ini akan memiliki bau busuk. Juga ketidaknyamanan vagina yang menyertainya bersamaan dengan rasa tidak sehat secara keseluruhan. Beberapa wanita bahkan kemungkinan mengalami demam dan kemungkinan mengalami buang air kecil (BAK atau kencing) yang menyakitkan.

• Keputihan Berwarna Hitam Karena Kanker Serviks (Leher Rahim)


Kemungkinan penyebab paling serius untuk keputihan dari vagina. Kanker serviks berkembang dibagian atas vagina yang terbuka di uterus. Bentuk kanker ini lebih mematikan karena menyebar perlahan dan tetap tidak terdeteksi untuk jangka waktu yang lama sampai menyebar ke bagian lain dari tubuh. Jadi jika seorang wanita memiliki cairan hitam dari vagina maka kanker serviks harus dikesampingkan dengan melakukan tes yang tepat.

Keputihan berwarna hitam juga dapat terjadi karena kondisi medis tertentu lainnya seperti pasca bedah penyakit panggul pelvic), servicitis, penyakit radang panggul (PID) dan endometriosis.

Berbagai Tanda Dan Gejala Keputihan

Keputihan itu sendiri adalah peningkatan alami dalam keputihan akan tetapi dapat menjadi pengganggu kehidupan normal seorang wanita. Banyak faktor yang dapat berkontribusi pada penyebabnya dan beberapa gejala kemungkinan merupakan indikasi kondisi yang lebih serius. Tanda dan gejalanya meliputi:
 
• Warnanya gelap, berdarah, kuning atau putih.
• Bau asam.
• Teksturnya tebal, berair, lengket atau berbusa.
 
Tanda dan gejala lainnya termasuk:
 
• Nyeri saat atau setelah hubungan seksual.
• Bintik-bintik pada pakaian dalam dari debit.
• Nyeri punggung atau perut bagian bawah.
• Sering buang air kecil terutama serasa terbakar saat buang air kecil (BAK atau kencing).
• Adanya rasa gatal didaerah vagina dan sekitarnya kemungkinan menjadi meradang atau memerah.

Cara Mendiagnosis Keputihan Pada Wanita


Keputihan diawal dan diakhir biasanya bukan alasan untuk khawatir. Perdarahan atau keluarnya cairan hitam dianggap tidak normal dan harus melakukan konsultasi dengan dokter dan melakukan pemeriksaan agar ditindak lanjuti. Jika sedang hamil atau baru saja melahirkan bayi segera hubungi dokter jika adanya keputihan berwarna hitam.

Dan adanya gejala yang tidak biasa lainnya seperti demam atau kram. Anda juga harus memeriksakan diri ke dokter jika sudah mencapai menopause akan tetapi mengalami keputihan atau perdarahan yang tidak terduga lainnya dan kemungkinan merupakan tanda kondisi mendasar yang serius.

Penanganan Keputihan Berwarna Hitam


Keputihan dari vagina tergantung pada apa yang menjadi penyebabnya. Jika keluarnya cairan berhubungan dengan benda asing didalam vagina maka dapat ditangani dengan menghilangkan benda asing tersebut. Keputihan dari vagina yang disebabkan karena kehamilan tidak memerlukan perawatan dan bisa berhenti saat kehamilan berlanjut.

Keputihan dari vagina yang disebabkan karena kondisi seperti penyakit menular seksual (PMS) dan sejenisnya harus segera mendapatkan penanganan medis, agar tidak menyebabkan komplikasi penyakit lain. Jika kanker serviks (leher rahim) ditemukan menjadi alasan dibalik keputihan dari vagina maka perawatannya agresif dalam bentuk terapi radiasi dan kemoterapi dilakukan tergantung pada sejauh mana kanker telah menyebar.

Ada baiknya segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk ditindak lanjuti. Pemeriksaan dan pengujian atau tes harus dilakukan untuk menentukan diagnosis. Hasil dari diagnosis tersebut bisa ditentukan untuk penanganan dan tergantung dari tingkat keparahannya. Oleh karena itu kami sangat merekomendasikan Anda untuk melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia.

Klinik Utama Gracia adalah salah satu klinik yang menangani berbagai permasalahan keputihan tidak normal. Anda tidak perlu khawatir karena sudah banyak yang melakukan pengobatan di Klinik Utama Gracia dan hasilnya memuaskan. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555, dan jika ada pertanyaan lain seputar keputihan yang Anda alami, Anda dapat menggunakan layanan konsultasi online gratis dibawah ini.

Baca Juga :  Keputihan Berwarna Hijau, Hati-Hati Penyakit Menular Seksual


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.