User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Banyak dari kita yang tidak mengetahui bagaimana sebenarnya cara mengobati isk atau infeksi saluran kemih dengan tepat. Tidak sedikit dari penderita isk mengalami infeksi kambuhan setelah melakukan pengobatan. Untuk itu, kami akan memberikan informasinya dan tindakan pengobatan yang tepat yang dapat Anda lakukan.

ISK atau infeksi saluran kemih adalah sebuah kondisi dimana terjadi peradangan pada saluran kemih yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Kondisi ini dapat di alami oleh pria maupun wanita, namun wanita lebih berisiko untuk menderita kondisi ini.

Hal ini disebabkan, karena wanita memiliki saluran pembuangan yang lebih pendek dibandingkan pria. Sehingga, sangat mudah untuk bakteri berpindah dan menginfeksi saluran kemih yang mengakibatkan banyak gangguan ketidaknyamanan dalam sistem kemih.

Kenali, Inilah Penyebab Infeksi Saluran Kemih


Tidak hanya cara mengobati isk, tetapi penyebab dan faktor yang meningkatkan terjadinya infeksi sangat penting untuk diketahui. Awalnya, kondisi ini terjadi karena adanya infeksi dari bakteri Escherichia Coli (E. Coli). Bakteri ini merupakan bakteri yang berkembang pada sistem pencernaan (usus besar) dan dapat menginfeksi saluran kemih ketika Anda buang air dan tidak membersihkannya dengan cepat.

Selain itu, ada beberapa faktor yang memicu terjadinya infeksi pada saluran kemih, di antaranya:

• Adanya benda yang menghalangi saluran kencing, seperti batu ginjal
• Menggunakan alat medis, seperti kateter urine
• Memiliki penyakit yang berkaitan dengan saluran kemih, seperti diabetes
• Aktivitas seks yang tidak aman


Pada pria, kondisi yang akan memicu terjadinya infeksi sering terjadi, apabila memiliki pembengkakan pada kelenjar prostat. Kondisi ini juga lebih sering di derita oleh kaum wanita yang lebih mudah untuk mengalami infeksi.

Penularan bakteri juga dapat terjadi melalui aktivitas seks yang tidak aman, seperti berhubungan seks dengan banyak pasangan, sering berganti-ganti pasangan seks, berhubungan seks dengan pasangan yang menderita penyakit kelamin.

Hal ini sangat mudah terjadi, karena bakteri mudah untuk menular dan dapat menginfeksi saluran kemih hingga mengakibatkan komplikasi yang sangat berbahaya.

Apa Saja Ciri Ciri Dan Gejala ISK?


Meskipun, beberapa penderita mengalami gejalanya, namun tidak sedikit di antara mereka yang mengetahui bahwa, mereka sedang mengalami infeksi saluran kemih. Untuk itu, ketahuilah setiap ciri ciri dan gejala isk yang mungkin sedang Anda alami.

• Cairan urin berubah warna menjadi lebih keruh bahkan bercampur dengan darah
• Urin yang keluar disertai dengan bau yang menyengat
• Meningkatnya rasa ingin buang air kecil
• Cairan urin keluar hanya sedikit
• Terasa kram pada perut bagian bawah
• Demam
• Nyeri dan sakit ketika buang air kecil

Apakah Anda mengalami salah satu gejala isk, seperti di atas? Jika iya, maka Anda perlu mengetahui cara mengobati ISK dengan tepat dan segera lakukan pengobatan sedini mungkin agar tidak terjadi komplikasi yang lebih parah.

Cara Mengobati ISK Dengan Tepat

Tidak sedikit penderita isk yang mengalami infeksi kambuhan meskipun sudah melakukan pengobatan dengan berbagai cara. Ada baiknya, Anda melakukan langkah berikut ini sebagai cara mengobati isk dan mencegah terjadinya infeksi kambuhan, di antaranya:

Mengkonsumsi Air Putih, air putih yang dikonsumsi dalam jumlah yang cukup, seperti 7 hingga 8 liter sehari mampu, membantu membuang bakteri yang berada pada saluran kemih dan berisiko untuk menyebabkan terjadinya infeksi.
 
Menjaga Kebersihan Area Kelamin, langkah ini sangat penting untuk dilakukan oleh kaum wanita, meskipun pria harus menjaga kebersihan area kelaminnya. Seperti yang kita ketahui, bahwa wanita memiliki saluran pembuangan yang lebih pendek dibandingkan pria, sehingga mudah untuk menyebabkan terjadinya infeksi. Sebaiknya, ketika selesai buang air kecil lakukan metode membersihkan area kelamin dari depan kebelakang. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya perpindahan bakteri yang dapat menyerang saluran kemih wanita.

Buang Air Kecil Setelah Berhubungan Seks, ketika Anda berhubungan seks, sangat banyak bakteri ataupun infeksi yang mungkin menular selama aktivitas seks berlangsung. Bakteri ini akan bertahan di area kelamin dan memungkinkan untuk menyerang sistem kemih Anda. Untuk itu, usahakan buang air kecil setelah Anda melakukan hubungan seks.
 
Cara mengobati isk seperti di atas mungkin saja bisa menyebabkan infeksi yang berulang. Karena, untuk mengobati infeksi saluran kemih harus dilakukan dengan bantuan dan penanganan dari dokter dan dilakukan secara medis.
 
Untuk itu, jika Anda mengalami isk sebaiknya segera lakukan pemeriksaan dengan dokter ahli ginekologi dan andrologi untuk mendapatkan penanganan dan cara mengobati isk dengan tepat untuk mencegah terjadinya infeksi yang berulang.

Menderita ISK? Lakukan Cara Mengobati ISK Di Bawah Ini


Jika Anda ingin mendapatkan pengobatan infeksi saluran kemih dan tidak ingin mengalami infeksi berulang. Sebaiknya, segera hubungi Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan tindakan pengobatan yang tepat sesuai dengan kondisi dan penyebab yang Anda alami.

Dokter akan melakukan tes urin dan tes darah untuk mengetahui penyebab dan tingkat keparahan yang sedang Anda derita. Dokter akan memberikan Anda pengobatan yang sesuai bertujuan untuk mengobati dan mencegah terjadinya infeksi berulang serta komplikasi berbahaya yang akan menyerang kesehatan ginjal Anda.

Nah, jika Anda membutuhkan informasi lebih jelas mengenai cara mengobati isk dengan Klinik Utama Gracia. Silahkan melakukan konsultasi dengan tim medis kami atau datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan langsung dari dokter.

Baca Juga :  Anyang-Anyangan Setelah Berhubungan Intim Mengintai Pasangan Baru


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.