User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Tidak banyak wanita yang mengetahui cara mengobati keputihan yang gatal. Meskipun sebenarnya keputihan adalah kondisi yang normal, namun jika Anda mengalami keputihan yang gatal dengan berbagai gejala lainnya, kondisi seperti ini tidak dapat dibiarkan karena salah satu tanda keputihan tidak normal yaitu dengan munculnya keputihan yang disertai dengan rasa gatal.

Tahukah Anda, bahwa keputihan memiliki dua jenis yaitu, keputihan tidak normal dan keputihan normal. Biasanya, keputihan normal merupakan kondisi yang biasa terjadi pada wanita di saat masa suburnya yaitu, sebelum dan sesudah masa menstruasi terjadi.

Keputihan normal (fisiologis) yang di alami wanita akan ditandai dengan cairan berwarna bening, tidak berbau dan tidak menyebabkan rasa gatal. Namun, berbeda dengan kondisi ini sebaliknya, keputihan tidak normal (patologis) adalah jenis keputihan yang disebabkan oleh infeksi dan kondisi tertentu.

Keputihan yang tidak normal akan ditandai dengan cairan keputihan berwarna kuning, hijau, keabu-abuan, disertai dengan rasa gatal, berbau, serta rasa nyeri dan gatal yang menyiksa. Tidak jarang, wanita yang mengalami keputihan tidak normal akan merasa sangat terganggu dan khwatir dengan kondisi keputihan yang di alaminya. Namun, masih banyak wanita yang tidak mengetahui bagaimana cara mengobati keputihan yang gatal.

Baca Juga :  Ketahui Penyebab Keputihan Berbau Busuk Pada Wanita

Lalu, Apa Penyebab Wanita Mengalami Keputihan Gatal?


Ada banyak faktor dan penyebab wanita mengalami keputihan yang gatal, berikut ini beberapa penyebab yang memungkinkan Anda mengalami keputihan gatal, di antaranya:

• Infeksi Bakteri, Virus, dan Parasit


Infeksi yang disebabkan oleh bakteri, virus, dan parasit merupakan salah satu penyebab wanita mengalami keputihan yang gatal. Biasanya, hal ini saling berkaitan dengan infeksi menular seksual yang mungkin menular pada wanita. Bakteri seperti candida albicans sangat sering menjadi penyebab wanita mengalami keputihan yang gatal.

• Penyakit Menular Seksual


Keputihan tidak normal merupakan salah satu tanda dari penyakit menular seksual yang terjadi pada wanita. Biasanya, jika Anda terinfeksi penyakit menular seksual akan disertai dengan rasa gatal dan kondisi keputihan yang tidak normal. Umumnya, cairan keputihan akan berubah warna dan disertai dengan rasa gatal hingga nyeri dan sakit sehingga menimbulkan ketidaknyamanan pada area Miss V.

• Tidak Menjaga Kebersihan Area Miss V


Wanita yang tidak menjaga kebersihan area Miss V sangat mudah untuk terinfeksi bakteri dan menyebabkan keputihan yang tidak normal. Hal ini disebabkan oleh area Miss V yang lembab dan tidak terjaga kebersihannya sehingga bakteri sangat mudah untuk berkembang.

Sebaiknya, Anda menghindari faktor-faktor yang dapat menyebabkan Anda mengalami keputihan yang tidak normal. Karena, kondisi keputihan patologis ini bisa menimbulkan komplikasi yang sangat berbahaya bagi wanita yang menderitanya. Selain itu, wanita yang sering menggunakan pakaian dalam atau celana yang sangat ketat dapat memicu terjadinya kondisi keputihan yang tidak normal.


Inilah 4 Cara Mengobati Keputihan Yang Gatal


Wanita yang mengalami keputihan gatal akan menggunakan segala cara mengobati keputihan yang gatal. Untuk itu, Anda bisa melakukan beberapa cara di bawah ini untuk mengetahui cara mengobati keputihan yang gatal, di antaranya:

1. Menjaga Kebersihan Miss V, seperti yang sudah di jelaskan di atas bahwa wanita yang tidak menjaga kebersihan Miss V sangat rentan untuk mengalami keputihan yang tidak normal. Inilah cara mengobati keputihan yang gatal dengan cara menjaga area Miss V agar tetap kering dan terhindar dari kelembaban yang mudah untuk menjadi tempat berkembangnya bakteri. Bersihkan area Miss V menggunakan air bersih dan hindari penggunaan produk pembersih yang mengandung bahan kimia.

Penggunaan produk pembersih Miss V dengan bahan kimia dapat mengakibatkan iritasi pada kulit area Miss V dan menyebabkan Anda mudah untuk terinfeksi dan berakibat pada keputihan yang tidak normal. Gunakan teknik membersihkan Miss V dari depan ke belakang. Hal ini bertujuan untuk mencegah perpindahan bakteri.

2. Rutin Mengganti Pembalut, ketika masa menstruasi kondisi Miss V sangat mudah untuk terinfeksi dan pada masa seperti ini kemungkinan Anda juga akan mengalami keputihan yang disertai dengan rasa gatal. Hindari menggunakan pembalut dalam waktu yang lama, karena kondisi ini akan mengakibatkan mudahnya bakteri untuk menginfeksi area Miss V Anda. Sangat disarankan untuk mengganti pembalut secara rutin setiap hari dan minimal 3 sampa 4 kali dalam sehari.

3. Menggunakan Krim Anti Jamur, cara mengobati keputihan yang gatal selanjutnya yaitu dengan menggunakan krim anti jamur atau krim kulit yang bisa menghilangkan rasa gatal di area sekitar Miss V. Tujuannya adalah untuk mengurangi rasa gatal yang ditimbulkan akibat keputihan yang tidak normal. Namun, penggunaan krim ini tidak boleh sembarangan dan harus melalui resep dokter.

4. Konsultasi Dengan Dokter, terakhir cara mengobati keputihan yang gatal dan sangat ampuh yaitu melakukan konsultasi dengan dokter. Jika Anda sudah melakukan berbagai cara untuk mengobati keputihan gatal yang sedang Anda derita, maka cara yang sangat tepat yaitu melakukan konsultasi dengan dokter.

Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi Anda dan melakukan tes melalui cairan keputihan untuk mengetahui penyebab pasti Anda menderita keputihan yang gatal. Setelah dokter mengetahuinya, maka dokter akan memberikan pengobatan yang sesuai dengan kondisi Anda. Dokter akan memberikan pengobatan sesuai dengan penyebab Anda mengalami kondisi keputihan ini.

Sebaiknya, Anda menghindari aktivitas hubungan seks yang tidak aman karena dapat memicu infeksi bakteri yang sangat mudah menginfeksi dan menyebabkan Anda mengalami keputihan tidak normal serta penyakit menular seksual.

Nah, itulah cara mengobati keputihan yang gatal dan jika Anda mengalami kondisi keputihan seperti ini. Segera konsultasikan diri Anda dengan dokter Klinik Utama Gracia atau silahkan menghubungi kami di 081336361555 untuk mendapatkan penanganan yang sesuai dan mencegah terjadinya komplikasi yang tidak di inginkan untuk kesehatan Anda.


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.