User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

keputihan warna coklat

Keputihan merupakan sesuatu yang normal terjadi pada wanita. Tetapi tidak semua keputihan menjadi hal yang normal. Sebab, keputihan terkadang tidak hanya mengeluarkan lendiri berwarna putih saja. Tetapi jika keputihan memiliki warna yang berbeda itu bisa menjadi masalah, seperti keputihan berwarna coklat.

Meskipun pada dasarnya keputihan sangat wajar terjadi pada wanita, karena cairan lendir yang keluar dari organ intim wanita tersebut sangat berguna untuk menjaga vagina dari virus dan juga sebagai zat pertahanan vagina. Terkadang beberapa wanita akan mengalami keputihan yang tidak wajar. Sehingga mereka merasa panik ketika keputihan tersebut berwarna coklat.

Keputihan dengan lendir coklat menunjukan tanda, jika kamu mengalami masalah kesehatan pada bagian vitalmu tersebut, mungkin sedang ada jamur yang menjangkiti bagian tersebut. Tetapi ada beberapa keputihan dengan warna tidak biasa tersebut terjadi diakibatkan oleh beberapa hal yang normal dan wajar bagi sebagian wanita.

Hal yang wajar tersebut biasanya terjadi dari akibat dari awal dari kehamilan, bisa juga itu sebagai tanda jika kamu akan memasuki masa menopause atau sudah memasuki masa menopause. Namun ada juga penyebab lain terjadinya menopause pada tubuhmu. Biasanya hal tersebut terjadi akibat kesehatanmu yang tidak wajar.

Berikut beberapa hal yang menyebabkan kamu mendapatkan keputihan yang tidak wajar:

Masa Menstruasi

Memasuki masa menstruasi, jika hal ini terjadi padamu masih menjadi hal normal bagi setiap wanita. Karena pada tersebut, warna coklat merupakan akibat darah yang luntur setelah memasuki masa PMS, saat ini merupakan proses pembersihan darah yang telah usai dari masa haid tersebut.

Eliminasi Edometrial

Di tengah-tengah siklus menstruasi biasanya wanita akan mengalami endometrial yang menyebabkan bercak darah. Hal ini akan menyebabkan masa menstruasi anda akan lebih lama dari masa-masa sebelumnya.

Kehamilan Awal

Penyebab lain dari timbulnya bercak warna coklat dari lendir keputihan itu merupakan sinyal bahwa anda sedang mengandung. Tetapi ketika anda mengalami hal ini, tidak serta anda harus meyakini jika anda sedang mengalami kehamilan. Demi mendapatkan kepastian, maka anda bisa langsung melakukan tes kehamilan.

Menopouse

Ketika menjelang masa menopause, setiap wanita akan mengalami keputihan dengan warna lendir coklat. Bercak ini biasa dikenal dengan atropi yang disebabkan oleh pembuluh darah yang melemah dan menimbulkan bercak dari dalam Rahim.

Penyakit

Bilamana saat lendir coklat tersebut keluar disertai rasa sakit, bisa dipastikan hal itu terjadi akibat adanya penyakit yang menyerang tubuh anda. Sakit tersebut biasanya juga disertai dengan berkurangnya nafsu makan, vagina kering, dan juga rasa gatal. Untuk itu, anda harus berhati-hati dengan ini, lebih baik untuk segera memeriksakannya, agar diketahui apa yang terjadi pada organ intim anda tersebut.

Biasanya penyakit yang menyerang anda merupakan penyakit yang cukup berbahaya, berikut beberapa penyakit yang menyerang anda:

penyakit akibat keputihan berwarna coklat

Polip Rahim

Polip rahim menjadi penyakit yang membuat anda mengalami keputihan yang tidak wajar ini. Meskipun polip rahim bukanlah masalah yang besar, tetapi kamu tidak bisa membiarkannya saja. Karena ada beberapa pertanda lain jika anda sedang mengalami polip rahim.

Keputihan Berwarna Coklat Berasal Dari Penyakit Seksual

Keputihan dengan bercak berwarna coklat pun bisa menjadi salah satu sinyal anda terinfeksi penyakit seksual menular. Jika memang anda mengalami hal tersebut, sudah seharusnya anda segera untuk melakukan pemeriksaan lebih lanjut agar mengetahui penyebab pasti keputihan yang terjadi.

Radang Panggul

Apabila anda mengalami sakit pada bagian perut, dan rasa nyeri saat berhubungan intim, disertai dengan bercak coklat yang keluar dari vagina maka hal itu bisa menjadi penyebab seseorang mengalami penyakit radang panggul. Hal ini dikarenakan lapisan Rahim terjangkit virus. Agar mendapat kepastian lebih jelas, maka sudah seharusnya anda memeriksakan hal ini kepada dokter.

Kanker Serviks

Mungkin anda juga akan mendapatkan gejala lain ketika mengalami keputihan dengan warna tak wajar. Jika keputihan tersebut terjadi disertai dengan nafsu makan yang berkurang, dan berat badan yang berkurang, serta anda mudah lelah. Maka anda harus segera memeriksakan hal itu lebih awal, untuk mengetahui secara pasti penyebab yang terjadi dari bercak yang tidak wajar itu. Beberapa tanda diatas bisa menjadi sinyal kamu terjangkit kanker serviks.

Keputihan memang hal yang wajar dialami oleh setiap wanita. Apabila keputihan tersebut terjadi disertai gejala lain seperti rasa nyeri, dan lendir berwarna coklat yang mengeluarkan aroma busuk, maka sudah seharusnya anda memeriksakannya ke dokter untuk mendapatkan penanganan medis. Anda juga bisa mencoba untuk berkonsultasi bersama tenaga medis yang ada di Klinik Utama Gracia.