User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Baca Juga :  Jangan Digaruk, Ini Penyebab Keputihan Gatal

Tahukah Anda bahwa keputihan adalah kondisi normal yang di alami oleh kaum wanita. Namun, tidak selamanya keputihan itu bersifat normal dan aman. Keputihan dibagi menjadi 2 jenis yaitu keputihan normal dan tidak normal berikut ini penjelasannya untuk Anda.

Mengenal 2 Jenis Keputihan Adalah

Keputihan adalah cairan yang keluar dari kelamin wanita dan kondisi ini dapat dikatakan sebagai keadaan yang normal apabila cairan yang keluar berwarna bening dan tidak disertai dengan bau. Jenis keputihan ini membantu menjaga kesehatan organ reproduksi wanita dengan tujuan agar area sekitar vagina tidak terlalu kering yang dapat menyebabkan mudahnya terjadi infeksi dan iritasi pada area vagina.
 
Keputihan jenis ini ditandai dengan ciri seperti:
 
• Cairan keputihan tidak berbau
• Cairan keputihan tidak lengket
• Cairan keputihan berwarna putih bening
• Cairan keputihan yang keluar tidak berlebihan

Lalu, Bagaimana Dengan Keputihan Tidak Normal?


Keputihan yang tidak normal menjadi salah satu tanda dan gejala adanya penyakit atau gangguan pada organ reproduksi wanita. Keputihan tidak normal dapat terjadi akibat adanya infeksi pada leher rahim, atau infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan virus yang menandakan seorang wanita memiliki penyakit kelamin.

Wanita yang mengalami keputihan tidak normal harus sangat berhati-hati dan segera melakukan pemeriksaan dengan dokter. Jika Anda membiarkan kondisi ini tanpa melakukan pengobatan akan sangat banyak komplikasi dan bahaya yang di timbulkan dari keadaan ini. Seperti yang sudah banyak dijelaskan bahwa keputihan adalah kondisi umum yang di alami oleh wanita. Tetapi, ini tidak berlaku untuk kondisi keputihan yang tidak normal.

Inilah Penyebab Keputihan Tidak Normal

Ada banyak faktor dan kondisi yang menyebabkan terjadinya keputihan tidak normal pada wanita. Kondisi keputihan yang tidak normal biasanya berkaitan dengan adanya infeksi dari bakteri dan jamur. Berikut ini kondisi yang paling sering menyebabkan keputihan tidak normal di antaranya:
 
1. Disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur serta parasit yang menyerang kesehatan vagina
2. Akibat adanya penyakit yang menganggu kesehatan organ reproduksi wanita
3. Akibat tidak menjaga kebersihan organ intim yang menyebabkan terjadinya infeksi
4. Disebabkan oleh penyakit kelamin menular
 
Keputihan yang tidak normal jika tidak segera di obati akan menimbulkan banyak komplikasi dan semakin berbahaya untuk kesehatan wanita. Jika Anda mengalami keputihan yang tidak biasanya dan disertai dengan bau dan rasa gatal. Maka, dapat dipastikan bahwa Anda mengalami keputihan tidak normal dengan kemungkinan yang bisa terjadi bahwa Anda sedang terinfeksi oleh salah satu penyakit kelamin menular.

Keputihan Tidak Normal Ciri Penyakit Berbahaya


Yang harus Anda ketahui yaitu keputihan adalah kondisi kesehatan yang harus selalu diwaspadai tanda dan gejala yang ditimbulkannya. Apabila Anda mengalami keputihan dengan ciri ciri berikut ini sebaiknya Anda segera untuk melakukan pemeriksaan dengan dokter.

- Cairan keputihan bewarna coklat dan bercampur darah

Keputihan ini umumnya disebabkan akibat siklus menstruasi yang tidak teratur. Tetapi Anda perlu berhati-hati meskipun kondisi ini jarang terjadi, keputihan dengan ciri seperti ini bisa menjadi tanda adanya kanker serviks. Selain itu, keputihan dengan ciri seperti ini akan diikuti dengan gejala seperti nyeri panggul, keputihan berwarna coklat, kuning bahkan cairan keputihan akan berbuih. Biasanya wanita yang mengalami keputihan dengan ciri seperti ini disebabkan adanya infeksi bakteri dan menjadi tanda adanya penyakit kelamin menular seperti trikomoniasis.

- Keputihan yang disertai dengan rasa gatal dan perih di sekitar vagina

Keputihan tersebut dipicu oleh infeksi jamur yang menyerang area vagina. Gejala-gejala lainnya akan disertai dengan rasa gatal kemudian perih di sekitar vagina.

- Cairan keputihan berbusa

Keputihan berwarna hijau dan berbusa disebabkan oleh infeksi penyakit kencing nanah. Ini merupakan salah satu tanda dari seorang wanita memiliki penyakit kelamin menular seksual dan harus segera mendapatkan perawatan yang tepat untuk mencegah terjadinya penularan kepada pasangan lainnya.

- Keputihan berbau amis

Keputihan yang disertai dengan bau amis menjadi ciri-ciri keputihan yang berbahaya. Kondisi ini juga biasanya disertai oleh nyeri pada pinggul, sakit saat buang air kecil selanjutnya tidak nyaman pada organ intim.

Dampak Keputihan Tidak Normal


Umumnya, keputihan adalah kondisi yang normal dan terjadi pada semua wanita. Namun, keputihan yang tidak normal bukan merupakan kondisi yang umum dan harus dilakukan penanganan untuk kondisi seperti ini. Jika Anda mengalami keputihan tidak normal tanpa melakukan pengobatan maka, sangat banyak dampak yang diakibatkan oleh komplikasi yang mempengaruhi kondisi kesehatan wanita diantaranya:

• Masalah pada kehamilan
• Risiko infeksi panggul
• Memiliki penyakit kelamin menular

Banyak lagi dampak dari keputihan tidak normal yang tidak diobati. Maka dari itu keputihan adalah keadaan yang harus selalu di ketahui dan diwaspadai ciri ciri serta tanda yang ditimbulkannya. Nah, itulah beberapa penjelasan tentang keputihan. Yang harus Anda perhatikan yaitu keputihan adalah kondisi yang tidak bisa dianggar remeh dan harus mendapatkan penanganan yang efektif.

Apabila Anda memiliki pertanyaan mengenai masalah keputihan yang Anda alami, segera konsultasikan dengan dokter kami dengan cara klik gambar konsultasi dibawah ini atau bisa menghubungi kami di 081336361555 untuk konsultasi via telepon.

Baca Juga :  8 Ciri-Ciri Keputihan Yang Berbahaya Dan Mencegahnya


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.