User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Keputihan normalnya tidak berbau. Namun, beberapa wanita memiliki masalah keputihan berbau busuk, apakah ini berbahaya? Berikut penjelasannya.

Keputihan adalah cairan bening yang keluar dari vagina wanita hal ini merupakan keadaan yang normal dan biasa dialami oleh wanita. Keputihan juga menjadi salah satu cara organ reproduksi wanita dalam membersihkan organ reproduksi bagian vagina dari berbagai infeksi jamur, bakteri. Tetapi, keputihan akan terbagi menjadi dua jenis yaitu:

Keputihan Fisiologi (normal)

Jenis ini akan memiliki ciri-ciri berwarna bening, tidak menimbulkan bau, tidak disertai rasa gatal, dan perih ataupun sakit pada vagina. Ini merupakan keputihan yang normal dan sangat berguna bagi wanita.

Keputihan Patologis (tidak normal)

Keputihan tidak normal menjadi salah satu tanda dan gejala wanita memiliki masalah dengan kesehatan kelaminnya. Ciri-ciri dari keputihan jenis ini yaitu: berwarna kuning kehijauan, cairan keputihan kental, menimbulkan rasa gatal, nyeri pada vagina. Keputihan tidak normal akan menimbulkan ciri keputihan berbau busuk, kondisi ini sangat berbahaya bagi wanita yang mengalaminya.

Baca Juga : Cara Mengatasi Keputihan Warna Hijau


Penyebab Keputihan Berbau Busuk


Umumnya keputihan yang tidak normal disebabkan oleh infeksi bakteri, jamur dan biasanya menjadi salah satu tanda wanita memiliki penyakit kelamin menular. Berikut ini beberapa penyebab keputihan berbau busuk:

1. Bakteri Vaginosis

Penyebab keputihan berbau busuk yang pertama adalah bakteri vaginosis. Kondisi ini dapat disebabkan oleh terjadinya perubahan bakteri di dalam vagina yang disebabkan oleh bakteri vaginosis. Bakteri ini merupakan bakteri baik yang menjaga dan membantu mengendalikan perkembangan bakteri buruk di dalam vagina.

2. Trikomoniasis

Trikomoniasi merupakan salah satu penyakit menular seksual yang ditularkan melalui aktivitas hubungan seksual. Dan memiliki gejala rasa gatal pada vagina, vagina berbau, serta Cairan keputihan berbau busuk menjadi salah satu gejala dari penyakit ini pada wanita.

3. Penyakit Menular Seksual

Wanita yang mengalami keputihan tidak normal akan berkaitan dengan infeksi menular seksual yang dialami. Penyakit menular seksual yang sangat sering dialami wanita dan menimbulkan kondisi ini diantaranya:

• Chlamydia: Penyakit menular seksual jenis ini sangat umum dialami oleh wanita. Jika tidak diobati maka, akan menyebabkan gangguan pada kesehatan wanita yang serius. Penyakit ini akan menimbulkan gejala seperti: keputihan berwarna kuning yang disertai dengan bau.
• Gonore (Kencing Nanah) : Infeksi menular seksual yang satu ini akan membuat keputihan berwarna kuning, dan mengeluarkan bau tidak sedap dan akan membuat penderita menjadi tidak nyaman.

4. Kebersihan Yang Buruk Pada Vagina

Vagina yang tidak dijaga kebersihannya menjadi salah satu faktor terjadinya infeksi jamur, bakteri dan gangguan lainnya pada vagina. Menggunakan pakaian dalam yang lembab dan jarang diganti akan menjadi tempat berkembangnya bakteri dan menyebabkan Anda mengalami keputihan tidak normal.

Bahaya Keputihan Berbau Busuk


Keputihan yang tidak normal menjadi salah satu tanda dan gejala wanita memiliki masalah dengan kesehatan Miss V dan mengakibatkan bahaya yang serius jika tidak segera diobati. Wanita yang memiliki masalah keputihan tidak normal bisa saja mengalami penyakit menular seksual, terinfeksi jamur dan mungkin saja menjadi salah satu tanda wanita mengalami kanker.

Baca Juga : 4 Penyakit Dengan Gejala Keputihan Berwarna Kuning


Lalu, Bagaimana Cara Mencegah Keputihan Yang Berbau Busuk?


Menjaga Kebersihan Vagina Dengan Benar

Dengan menjaga kebersihan Miss V akan membantu Anda mencegah hal-hal yang dapat menganggu kesehatan vagina Anda. Bersihkan vagina dari arah depan ke belakang dan membilasnya dengan air bersih serta mengeringkannya dengan benar.

Rutin mengganti pakaian dalam dan hindari menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat. Jangan menggunakan pakaian yang basah dan lembab dalam waktu yang lama. Ini dapat menjadi salah satu penyebab Anda mengalami infeksi bakteri dan jamur.

Hindari menggunakan bahan-bahan kimia saat membersihkan vagina seperti penggunaan douching karena dapat menghilangkan cairan alami yang berfungsi untuk membersihkan vagina.


Bantuan Pengobatan


Untuk mengobati keputihan yang disertai dengan rasa gatal dan bau bisa Anda lakukan dengan menggunakan bahan-bahan alami seperti daun sirih, air hangat, cuka apel dan bahan alami lainnya. Tetapi, biasanya hal ini hanya akan membantu menghilangkan rasa gatal dan dapat kambuh sewaktu-waktu.

Maka itu, yang harus Anda ketahui bahwa keputihan yang berbau busuk adalah jenis keputihan yang tidak normal dan sangat berbahaya untuk kesehatan wanita. Pengobatan untuk masalah ini harus dilakukan dengan bantuan medis. Dokter akan melakukan pemeriksaan terhadap kondisi Anda guna untuk mengetahui apakah Anda terinfeksi penyakit kelamin menular, atau disebabkan oleh masalah lainnya.

Jadi, apabila Anda mengalami keputihan yang berbau busuk dan disertai dengan gejala lainnya segera lakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mengetahui penyebab Anda mengalami keputihan tidak normal dan mendapatkan tindakan pengobatan yang tepat sesuai kondisi Anda.

Melakukan pengobatan di awal-awal mengalami gejala keputihan berbau busuk akan membantu terhindari dari berbagai komplikasi berbahaya yang dapat ditimbulkan. Segera lakukan pemeriksaan dan pengobatan dengan dokter ahli di Klinik Utama Gracia atau Anda bisa melakukan konsultasi online dengan klik gambar dibawah ini atau bisa menghubungi kami di 081336361555 untuk konsultasi via telepon.


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.