User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Hampir semua wanita mengalami keputihan. Namun tahukah Anda bahwa keputihan bisa berbahaya apabila mengalami keputihan berbau. Berikut ini bahaya dan penyebabnya.

Keputihan adalah cairan yang berasal dari kelamin wanita. Hal ini merupakan kondisi yang sangat umum di alami oleh setiap wanita. Biasanya keputihan akan berwarna bening dan tidak berbau serta ini merupakan keputihan yang normal. Sedangkan keputihan yang tidak normal akan berbau, memiliki warna putih kental serta menyebabkan rasa gatal di sekitar kelamin.

Penyebab Keputihan Berbau Pada Wanita


Penyebab terjadinya keputihan biasanya terjadi akibat dinding vagina dan serviks rahim mengandung kelenjar yang menghasilkan sedikit cairan yang membantu menjaga kebersihan vagina. Kotoran normal ini biasanya berwarna putih bening atau putih susu dan tidak berbau. Sejumlah infeksi yang berbeda dapat menyebabkan perubahan debit keputihan, konsistensi, warna, atau bau pada keputihan.

Lalu, apa yang menyebabkan keputihan berbau? Kondisi ini disebut juga dengan kondisi keputihan yang tidak normal. Keputihan yang berbau bisa saja disebabkan oleh salah satu tanda atau gejala dari penyakit menular seksual. Atau disebabkan oleh kondisi lain seperti infeksi bakteri vaginosis.

Gejala 


Apabila wanita dengan kondisi ini disebabkan oleh infeksi menular seksual akan disertai dengan berbagai gejala lainnya seperti:

• Bau busuk pada keputihan wanita
• Sakit saat buang air kecil
• Rasa nyeri pada daerah perut bagian bawah
• Siklus menstruasi yang tidak normal


Hampir semua penyakit menular seksual yang dialami oleh wanita akan mengakibatkan keputihan yang tidak normal. Disarankan untuk Anda segera melakukan pemeriksaan dengan dokter apabila mengalami masalah seperti ini.

Jika hal ini disebabkan oleh infeksi bakteri vaginosis akan disertai dengan gejala seperti:

• Bau amis pada cairan keputihan
• Rasa gatal di sekitar vagina atau pada saat cairan keputihan keluar dari vagina
• Peningkatan cairan keputihan
• Iritasi pada daerah kelamin

Komplikasi Berbahaya Apabila di Biarkan


Jangan, anggap remeh masalah ini karena, dapat menimbulkan komplikasi yang berbahaya bagi wanita dan masalah kesehatan reproduksinya. Apabila dibiarkan tanpa melakukan pengobatan akan mengakibatkan infeksi yang serius dan perkembangan infeksi bakteri.

Jika keputihan berbau disebabkan oleh infeksi menular seksual dan tidak segera diobati akan mengindikasi timbulnya penyakit menular seksual jenis lainnya. Tetapi, apabila disebabkan oleh infeksi bakteri vaginosis hal ini dapat memicu adanya penyakit menular seksual. Segera lakukan pemeriksaan jika Anda mengalami hal seperti ini.

Baca Juga : Keputihan Berwarna Kuning

Bagaimana Cara Mengatasi Hal Ini Dengan Tepat?


Jika Anda mengalami keputihan yang berbau dengan gejala lain yang ditimbulkan maka, disarankan untuk Anda segera melakukan pemeriksaan dengan dokter. Jangan menunda pengobatan untuk kondisi ini agar mencegah berbagai komplikasi serius yang dapat ditimbulkan.

Berikut ini beberapa tips yang perlu Anda lakukan untuk mengatasinya :

- Menjaga selalu kebersihan di area miss v.
- Menjaga miss v tetap kering.
- Hindari memakai celana dalam yang ketat.
- Hindari menggunakan pembersih dan pewangi vagina.
- Gunakan celana dalam berbahan katun.

Pengobatan Keputihan Berbau


Pengobatan akan disesuaikan dengan penyebab Anda mengalami keputihan berbau. Jangan berhubungan seksual saat Anda mengalami gejala ini karena dapat memperburuk kondisi kesehatan Anda. Menjaga kebersihan alat kelamin merupakan salah satu bentuk pencegahan yang sangat tepat untuk Anda lakukan.

Selain itu, melakukan pemeriksaan kesehatan kelamin dengan dokter menjadi pilihan pencegahan yang bisa Anda lakukan terlebih Anda aktif dalam melakukan hubungan seksual. Dokter akan melakakukan pemeriksaan dan memberikan tindakan pengobatan yang sesuai dengan kondisi saat Anda mengalami gejala. Ingat, jangan mengobati hal ini sembarangan karena akan dapat memperburuk keadaan Anda.

Apabila Anda membutuhkan pengobatan secara medis, Anda bisa melakukan pengobatan dengan Klinik Utama Gracia. Anda bisa datang langsung ke Klinik kami atau dengan melakukan konsultasi secara online dengan tim medis kami melalui layanan konsultasi online gratis.


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.