User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Keputihan warna hijau ini disebut juga dengan keputihan vulvoginistis atau yang disebut dengan keputihan warna hijau. Keputihan vulvoginistis adalah sebuah keputihan warna hijau yang diakibatkan oleh adanya radang yang terjadi pada daerah vagina dan vulva wanita. Selain itu, hal ini juga bisa di sebabkan karena adanya iritasi yang disebabkan oleh bakteri-bakteri seperti cacing kremi, virus, dan juga protozoa.


Bagaimana Bisa Mengalami Keputihan Warna Hijau?


Jenis keputihan ini bisa menghasilkan keputihan warna hijau dikarenakan oleh jamur dan bakteri yang tumbuh dengan sangat subur pada organ kewanitaan sehingga hal tersebut dapat merusak kesehatan organ intim wanita. Apabila Anda mengalami tanda-tanda munculnya keputihan warna hijau dan juga terkadang muncul bau maka hal ini juga dapat dikatagorikan sebagai keputihan yang tidak normal karena jenis keputihan ini kebanyakan di sebabkan oleh parasit yang sangat berbahaya yang disebut juga dengan trikomonas vaginalis yang merupakan jenis parasit yang tumbuh pada daerah intim sehingga dapat menyebabkan kerusakan pada daerah intim dan menganggu Ph keseimbangan pada organ intim wanita. Salah satu infeksi yang berbahaya yang ditandai dengan warna keputihan yang berubah menjadi keputihan warna hijau adalah infeksi bakteri trikomoniasis.

 

 

Keputihan terdiri dari beberapa jenis dan warna diantaranya :

1. Keputihan berwarna putih

Keputihan dengan cairan berwarna putih biasanya akan keluar pada saat sebelum haid atau pada saat sesudah haid. Jika keputihan yang keluar dari vagina anda mempunyai kekentalan yang tebal anda tidak perlu khawatir karena hal ini normal dan pasti dialami oleh setiap wanita pada awal dan akhir siklus haid. Tetapi jika anda mengalami rasa gatal bersamaan dengan keluarnya cairan keputihan dari vagina anda segeralah konsultasikan ke dokter karena dikhawatirkan adanya tanda-tanda dari infeksi ragi.

2. Cairan berwarna jernih

Anda bisa mengambil cairan ini karena cairannya mempunyai kekentalan yang tinggi, anda pun bisa meregangkannya diantara dua jari secara maksimal dan lendir pun akan terlihat lebih jelas. Tidak perlu khawatir jika anda mengalami keputihan jenis ini karena masuk dalam kategori normal.Jika anad melihat keputihan yang berwarna jernih dan memiliki kekentalan tinggi berarti anda sedang mendekati masa ovulasi atau masa subur.

3. Keputihan warna hijau dan berbau

Jika cairan keputihan yang keluar dari vagina anda sudah berwarna hijau anda perlu waspada karena organisme tertentu hidup dalam tubuh anda, termasuk kuman sering membuat jalan mereka dalam tubuh melalui hubungan seksual. Keputihan dengan cairan berwarna hijau biasanya adalah gejala awal anda tertular infeksi trichomonas.

Ada beberapa langkah yang perlu anda perhatikan ketika anda mengalami keputihan,diantaranya :

• Jagalah kebersihan vagina anda,jangan lupa selalu bersihkan dan mengeringkan vagina setelah selesai buang air kecil atau buang air besar.
• Biasakan pola hidup sehat dengan cara mengkonsumsi makanan yang bernutrisi tinggi,perbanyak memakan buah dan sayura, karena buah dan sayuran mengandung kadar vitamin yang tinggi yang berguna untuk tubuh kita secara keseluruhan.
• Berkonsultasilah ke dokter jika anda merasa ada hal yang tidak normal pada organ intim anda.
• Bagi yang sudah berkeluarga lakukan pemeriksaan bersama pasangan anda.


Risiko Komplikasi


Wanita yang mengalami keputihan warna hijau harus segera dilakukan periksaan, terutama bagi mereka yang sedang hamil. Jika memang kondisi di sini adalah gejala trikomoniasis, calon bayi Anda berisiko lahir prematur dan memiliki berat badan rendah. Keputihan berwarna hijau kekuningan pun bisa sebagai indikasi penyakit menular seksual seperti gonore dan sipilis.
 
Seperti penyakit menular seksual lainnya, pemakaian kondom saat berhubungan seksual penting untuk mencegah penyebaran infeksi. Namun, kondom tidak sepenuhnya dapat mencegah penularan karena parasit tetap dapat menyebar ke area sekeliling. Oleh karenanya, penting membicarakan riwayat penyakit menular seksual kepada pasangan sebelum melakukan hubungan seksual.
 
Jika keputihan Anda dikarenakan oleh kehamilan, menstruasi, atau ovulasi, maka tidak bisa mencegah sesuatu tersebut karena sudah berlangsung secara alami. Masalah daerah kewanitaan dapat membuat para wanita merasakan khawatir. seperti keputihan yang disertai bau busuk ataupun gejala lainnya.


Pengobatan Keputihan Warna Hijau


Apabila keputihan warna hijau yang anda alami tidak segera sembuh bisa jadi bahwa kuman yang berada pada organ intim anda resisten terhadap obat yang diberikan. Dan jangan lah menyepelkan keputihan warna hijau dan berbau.
 
Periksakan segera kesehatan orang intim anda ke Klinik Utama Gracia. Klinik Utama Gracia merupakan salah satu klinik terbesar yang berada di jakarta. Dengan menggunakan peralatan medis yang lengkap dan modern. Berbagai amacam metode penyembuhan melalui medis dan terapi kesehatan kami siapkan selalu untuk dapat melayani berbagai masalah kesehatan pasien.
 
Klinik Utama Gracia didukung oleh dokter, perawat, dan para staff tenaga ahli yang sangat profesional di berbagai kesehatan dan pengobatan.

Tips: Untuk informasi lebih lanjut atau Anda memiliki pertanyaan lainnya, silahkan konsultasi online dengan cara klik gambar konsultasi dibawah ini atau Anda bisa menghubungi hotline kami dinomor (021) 3511666 atau 0821-6666-9797.



Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikginekologi.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.