User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Tahukah Anda bahwa salah satu akibat keputihan abnormal adalah timbulnya berbagai macam cairan keputihan yang sudah berubah warna? Dan biasanya cairan keputihan akan berwarna kuning, hijau maupun warna lainnya?

Memang permasalahan di daerah kewanitaan merupakan hal klasik yang sangat mengkhawatirkan sekaligus membahayakan, bahkan salah keputihan abnormal bisa mengindikasikan bahwa wanita mengalami salah satu jenis penyakit kelamin.

Meskipun keputihan menjadi hal yang sangat normal bagi wanita, namun wanita tetap memerlukan perawatan khusus dari dokter spesialis profesional jika mengalami jenis keputihan abnormal.
Keputihan abnormal atau dalam bahasa medis lebih dikenal sebagai leukorrhea merupakan kondisi saat vagina wanita mengeluarkan cairan kental yang tidak wajar dan memiliki bau yang sangat menyengat.

Apakah yang Menyebabkan Keputihan Abnormal?

Diketahui hal ini bisa diakibatkan oleh adanya berbagai macam infeksi bakteri seperti Bacterial Vaginosis (BV) atau virus HPV (human papillomavirus), lalu faktor apa sajakah yang berisiko untuk mengalami keputihan abnormal?

- Seorang wanita yang melakukan hubungan seks yang tidak sehat

- Sering berganti-ganti pasangan untuk berhubungan seks.

- Kebiasaan merokok dan minum minuman beralkohol yang berlebihan



- Sistem kekebalan tubuh yang lemah.

- Mengalami infeksi virus atau bakteri yang menyerang daerah kewanitaan.

Selain itu setiap wanita perlu mengetahui bahwa penggunaan pil KB yang tidak sesuai dengan dosis dari dokter spesialis juga dapat meningkatkan risiko terkena keputihan abnormal dan pada wanita yang memiliki riwayat penyakit menular seksual juga berpotensi besar menderita keputihan abnormal dan risiko terkena kanker serviks.

Lalu, Apa Sajakah Tanda dan Gejala Wanita Memiliki Keputihan Abnormal?


Pada umumnya keputihan abnormal adalah salah satu gejala yang ditimbulkan akibat infeksi dari bakteri atau penyakit menular seksual. Namun jika keputihan dirasakan tidak wajar, dapat dipastikan perkembangan infeksi sudah menyebar luas ke beberapa area intim lainnya.

Dan perlu Anda ketahui bahwa terdapat beberapa tanda dan gejala keputihan abnormal yang dialami oleh wanita, diantaranya:

- Adanya perubahan warna pada cairan kental yang keluar dari vagina.

- Bau yang sangat menyengat.

Baca Juga: Cara Mengurangi Keputihan Berlebihan

- Jumlah cairan yang keluar sangat tidak wajar.

- Timbul pendarahan secara tiba-tiba dari vagina.

- Rasa gatal di permukaan kulit vagina.

Ternyata Inilah Akibat Keputihan Abnormal Pada Wanita


Jika Anda mengalami gejala seperti yang telah disebutkan diatas, maka sangat dianjurkan untuk melakukan konsultasi dengan Kami di Klinik Utama Gracia agar mendapatkan perawatan khusus di daerah kewanitaan. Tentunya akibat keputihan abnormal bisa menyebabkan komplikasi penyakit dan risiko infeksi lainnya yang dapat menghantui daerah kewanitaan dan mental.

Selain itu akibat keputihan abnormal yang tidak segera disembuhkan wanita bisa berisiko mengalami kanker serviks yang tidak dapat dihindarkan, karena infeksi yang dibiarkan tanpa penanganan khusus akan merusak jaringan kulit vagina dan infeksi dapat menjalar ke dalam area internal vagina, seperti serviks dan vulva.

Baca Juga: Mengenal Jenis Keputihan Berdasarkan Warna dan Gejalanya

Untuk itu dengan penanganan khusus dari dokter spesialis sangat dibutuhkan, karena keputihan abnormal memerlukan pemeriksaan dan tindakan medis untuk bisa disembuhkan.

Dan jangan sekali-kali mengobati keputihan abnormal dengan mengkonsumsi antibiotik atau obat-obat yang dijual di bebas di pasaran tanpa resep dokter karena dikhawatirkan obat-obatan tersebut bisa mengakibatkan efek samping bagi kesehatan tubuh, sehingga ada baiknya untuk melakukan pemeriksaan ke Klinik Utama Gracia untuk menjalankan pengobatan yang paling tepat.

Setiap wanita juga sangat disarankan untuk selalu mencari tahu informasi tentang penyakit menular seksual dan hal tersebut diharapkan dapat membuat para wanita sadar tentang bahaya penyakit menular seksual, dan terhindar dari segala macam risiko daerah kewanitaan lainnya.

Nah, itulah tadi penjelasan mengenai akibat keputihan abnormal pada wanita, dianjurkan untuk segera berkunjung ke klinik spesialis kesehatan kelamin terbaik merupakan hal yang sangat penting untuk mendapatkan perawatan khusus akibat keputihan pada wanita yang Anda alami.

Untuk mendapatkan perawatan khusus, maka ada baiknya untuk konsultasikan diri Anda dengan kami di Klinik Utama Gracia, atau Anda bisa juga konsultasikan dengan klik tombol chat online diatas untuk mendapatkan layanan konsultasi.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.