User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Wanita, Inilah Cara Mengurangi Keputihan Berlebih

Keputihan merupakan hal yang sangat lumrah bagi setiap wanita, namun para wanita wajib waspada dengan siklus keputihan yang tidak wajar, atau dalam bahasa medisnya yaitu keputihan abnormal.

Perlu diketahui bahwa keputihan abnormal dapat menyerang kondisi kesehatan di daerah kewanitaan dan dapat juga berdampak buruk bagi kondisi psikologis pada wanita. Nah jika ternyata keputihan Anda berbau, bisa jadi itu pertanda keputihan yang tidak normal.

Tentu saja Anda harus segera berkonsultasi dengan dokter spesialis agar mendapatkan perawatan khusus mengenai keputihan abnormal yang dialami. Disamping itu, Anda perlu mengenali tanda-tanda keputihan yang tidak normal dari berbagai sumber yang terpercaya.

Baca Juga: Mengenal Jenis-Jenis Keputihan Beserta Artinya Buat Kesehatan

Keputihan abnormal biasanya ditandai ketika vagina mengeluarkan cairan keputihan yang telah berubah warna, kental yang sangat bau dengan jumlah yang tidak wajar dan menyebabkan rasa gatal.

Selain itu biasanya timbul peradangan atau pembengkakan di sekitar bibir vagina yang dapat terjadi jika keputihan abnormal yang Anda alami tidak mendapatkan penanganan khusus. Maka ada baiknya untuk segera berkonsultasi dengan dokter spesialis ginekologi karena mereka dapat membantu Anda mengetahui lebih lanjut gejala-gejala yang ditimbulkan oleh keputihan abnormal.

Beberapa tes pemeriksaan atau diagnosa akan Anda jalani untuk mengetahui penyebab dan dampak keputihan yang Anda alami dan uji laboratorium akan dilakukan oleh dokter spesialis setelah melakukan tes pemeriksaan dan hal tersebut bertujuan untuk dapat menentukan tindakan penanganan medis yang cocok dan perlu dilakukan.



Punya Keputihan Berlebihan? Jangan Khawatir Inilah Cara Mengurangi Keputihan Berlebih



Cara mengurangi keputihan secara alami dapat dilakukan oleh wanita sebelum melakukan pemeriksaan kepada dokter, akan tetapi ada baiknya jika misalkan cara di bawah ini tidak efektif untuk mengatasi keputihan berlebihan maka ada baiknya segera konsultasikan kepada dokter.

Sebelum membahas lebih lanjut perlu Anda perhatikan bahwa keputihan bisa terdiri dari beberapa karakter seperti putih, penuh air, lengket, kuning kehijauan atau berbau yang sangat tidak sedap dan warna keputihan yang berbeda akan menunjukan setiap kondisi mengenai kesehatan reproduksi wanita.
Maka wanita perlu mengetahui cara mengurangi keputihan berlebihan yang tepat untuk mengatasi hal tersebut dan berikut di bawah ini adalah cara untuk mengurangi keputihan berlebih pada wanita:

- Dengan menjaga kebersihan pakaian dalam dan luar.

- Hindari penggunaan cairan pembersih vagina.

- Gunakan cuka sari apel.

- Mengkonsumsi buah pisang setiap hari.

- Minum jus delima.

- Minum jahe hangat.



- Mengkonsumsi yogurt.

- Minum jus anggur dan madu.

- Menghindari mengkonsumsi makanan berminyak.

- Menghindari minuman berkafein.

- Menggunakan panty liner.

- Minum banyak air putih.

- Menjaga kebersihan vagina.

- Jangan stres atau depresi.

- Gunakan rebusan daun sirih



Bagaimanakah Cara Untuk mencegah Keputihan?



- Hindari berhubungan seksual secara bebas, karena banyak virus, bakteri dan jamur penyebab keputihan.

- Konsumsi makanan yang sehat, seperti sayur dan buah-buahan, karena makanan sehat dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah infeksi akibat bakteri atau jamur.

- Selalu berusaha untuk menjaga kebersihan daerah Miss V agar tetap kering, dan tidak lembab.

- Hindari menggunakan pembalut terlalu lama pada saat menstruasi.

- Jangan menggunakan bahan cairan kimia untuk berhubungan seksual, seperti pelumas, atau cairan vagina.

Selain itu perlu Anda perhatikan bahwa setiap wanita perlu menjaga kebersihan daerah kewanitaan nya agar terhindar dari penyakit menular seksual. Perubahan pola hidup yang lebih efektif dan menyehatkan juga perlu dilakukan untuk menguatkan sistem kebebalan tubuh.

Memang berbagai macam informasi mengenai cara mengurangi keputihan berlebih sangat banyak di internet, akan tetapi ada baiknya untuk konsultasikan kepada dokter sebelum melakukan cara di atas.

 

Namun untuk mendapatkan hasil yang maksimal ada baiknya untuk berkonsultasi dengan Kami di Klinik Utama Gracia atau Anda juga bisa berkonsultasikan permasalahan keputihan abnormal tersebut dengan mengklik tombol chat online di atas


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.