User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Tahukah Anda gejala keputihan yaitu permasalahannya dimana keputihan merupakan masalah klasik bagi kebanyakan kaum wanita? Tentang keputihan semua wanita harus mengetahuinya dan ironisnya kebanyakan wanita tidak mengetahui tentang keputihan tersebut.

Munculnya jamur candida di vagina akan membuat keasaman pada vagina menjadi semakin tinggi dan pada akhirnya akan menyebabkan terjadinya gangguan stabilitas dari kesehatan vagina yang memudahkan resiko keputihan datang dengan mudah dan membuat vagina menjadi gatal.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa gejala keputihan ini di bagi menjadi dua kelompok yaitu keputihan normal biasanya sering terjadi saat masa subur, serta saat sesudah dan sebelum menstruasi, dan keputihan yang abnormal dapat menyebabkan efek dan hal ini sangat mengganggu bagi kesehatan wanita pada umumnya. Dan yang paling harus Anda perhatikan adalah gejala keputihan yang abnormal karena keputihan itu salah satu ciri-ciri kanker serviks dan infeksi pada area intim.

Lalu, Apakah yang Menjadi Penyebab Keputihan?
Ternyata banyak penyebab keputihan diantaranya: karena faktor kebersihan vagina yang kurang baik, kebersihan di daerah vagina haruslah terjaga dengan baik.

Jika didaerah vagina tidak dijaga kebersihannya maka akan menimbulkan berbagai macam penyakit salah satunya keputihan. Bakteri patogen akan sangat mudah menyebarnya dan membuat penyebab infeksi di karenakan kelembaban pada vagina. Keputihan yang disebabkan oleh jamur, parasit, bakteri dan virus yaitu:



- Parasit Trichomonas Vaginalis
Parasit Trichomonas Vaginalis biasanya terjadi dan di tularkan melalui hubungan seks, bibir kloset atau oleh perlengkapan mandi. Biasanya keluarnya cairan yang sangat kental itu memiliki warna kuning atau hijau dibarengi dengan bau yang tidak sedap.

- Bakteri Gardnerella
Dimana keputihan infeksi dari bakteri ini dengan memiliki ciri-ciri berwarna keabu-abuan, sedikit encer memiliki bau amis dan berbuih. Keputihan jenis ini dapat menimbulkan rasa gatal yang sangat menggangu.

Biasanya virus yang menyebabkan keputihan yang disebabkan oleh bakteri Gardnerella diakibatkan oleh berbagai macam sebab seperti: seperti herpes, condyloma dan HIV/AIDS. Timbulnya kutil-kutil yang banyak dan diikuti oleh cairan berbau menandakan adanya virus condyloma. Adanya luka yang melepuh di sekitar lubang vagina, terasa panas dan menimbulkan rasa gatal.

Selain itu perlu Anda ketahui bahwa kanker mulut rahim itu sangat berbahaya bagi kaum wanita karena dapat di picu oleh keputihan yang disebabkan oleh keputihan akibat adanya virus.



Inilah Berbagai Gejala Keputihan Pada Wanita, Apa Sajakah Itu?


Gejala keputihan serta ciri-ciri wanita yang terkena penyakit keputihan yang bisa dikenali dari macem bau dan warna keputihan itu sendiri. Ciri-ciri keputihan pada wanita antara lain adalah sebagai berikut:

- Cairan yang keluar berbau tidak sedap.

- Berwana putih susu, kuning atau hijau.

- Menyebabkan rasa gatel dan nyeri pada daerah genital wanita.

- Cairan keputihan kental.

- Terkadang bercampur darah.

Bagaimanakah Keputihan Didiagnosis?
Keputihan adalah nama gejala yang diberikan kepada cairan yang keluar dari vagina yang bukan darah. Keputihan bukan penyakit tersendiri, tetapi merupakan manifestasi gejala dari hampir semua penyakit kandungan.

Keputihan fisiologis di jumpai pada keadaan menjelang menstruasi, pada saat keinginan seks meningkat, dan pada waktu hamil. Sehingga memerlukan tindak lanjut untuk menengakan diagnosis gejala keputihan melalui:

- Dengan Melakukan Pemeriksaan Inspekulo
Pemeriksaan ini bertujuan untuk melihat dan mencari penyebab dari mana keputihan berasal, seperti berasal dari mulut rahim yang hanya bersifat lokal dalam vagina.

Cairan keputihan dapat dilihat dari warna, keputihan bergumpal atau encer, melekat pada dinding vagina dan mulut rahim tertutup keputihan, terdapat luka dan apakah mudah terjadinya sedikit pendarahan ketika keputihan itu keluar.

- Melakukan Pemeriksaan Laboratorium
Karena infeksi, alergi benda-benda asing yang dimasukan secara sengaja atau tidak kedalam vagina, itu juga bisa menjadi penyebab keputihan.

Dengan dilakukan pemeriksaan laboratorium untuk menegakkan infeksi (trikomonas, kandida albilkan, bakteri, spesifik) dan pap smear untuk kemungkinan keganasan.

Bagaimanakah Cara Mencegah Keputihan?



- Membersihkan selalu organ intim wanita dari arah depan ke arah belakang untuk mencegah masuknya kuman dari anus.

- Vagina dibersihkan dengan menggunaka pembersih yang tidak menyebabkan gangguan kestabilan pH pada daerah vagina.

- Hindari penggunaan bedak atau bubuk yang bertujuan membuat vagina harum atau kering. Karena bedak mempunyai partikel yang kecil dan juga halus karena itu yang membuat partikel ini bisa terselip ke sana sini dan tidak bisa dibersihkan dengan baik sehingga menjadi sarang bakteri.

- Sebaiknya menggunakan celana dalam dari bahan katun karena katun mampu menyerap keringan dengan baik.

- Seringlah untuk mengganti pembalut 3-4 kali dalam sehari saat Anda sedang mengalami siklus haid.

- Menggunakan panty liner disaat sedang butuh saja. Pemakaian penty liner jangan dalam waktu yang lama.

- Kelola masalah stres dengan baik seperti mengambil waktu cuti atau libur, membuat diri menjadi rileks dan lebih santai. Karena stres adalah salahsatu penyebabkeputihan yang sering terjadi pada wanita.

- Kurangilah aktivitas yang berlebihan sehingga menyebabkan menjadi letih.



Tentunya banyak hal yang bisa mengakibatkan seorang wanita mengalami masalah gejala keputihan tidak normal atau ciri-ciri keputihan yang berbahaya. Dan jika Anda memiliki gejala yang ada di atas maka segera konsultasikan dengan kami di Klinik Utama Gracia, atau Anda bisa juga berkonsultasikan dengan mengklik tombol chat online diatas.


Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.