User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Infeksi saluran kemih adalah infeksi yang umun dan kondisi ini terjadi ketika organ yang termasuk ke dalam sistem kemih yang terjadi di bagian ginjal, ureter, kandung kemih dan uretra terinfeksi.

Dan tahukah Anda bahwa infeksi saluran kemih dapat terjadi pada siapa saja, akan tetapi karena tubuh wanita memiliki saluran uretra yang lebih pendek, maka wanita lebih rentan mangalami infeksi saluran kemih dibandingkan dengan pria.

Infeksi terbatas pada kandung kemih bisa terasa menyakitkan pada deerah bawah pusar serta terasa rasa panas atau nyeri saat berkemih, dan jika infeksi saluran kemih dibiarkan maka kemungkinan besar akan berpotensi menimbulkan masalah yang lebih serius yaitu penyebaran infeksi yang bisa masuk ke ginjal.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih Adalah Sebagai Berikut:

Sebagaian besar kasus ISK di sebabkan oleh adanya bakteri Escherichia coli atau E.coli yang umumnya hidup dalam usus besar.

Infeksi saluran kemih dapat disebabkan oleh bakteri dari sistem pencernaan yang masuk ke saluran uretra, selain itu iritasi setelah berhubungan seksual juga dapat mengakibatkan infeksi saluran kemih teriritasi. Dan hal tersebut tentunya dapat mengakibatnya terganggunya kinerja pengosongan urine oleh kondisi tertampung terlalu lamanya urine dalam kandung kemih, sehingga memberi peluang bagi bakteri untuk berkembang biak.

Berikut ini adalah beberapa kondisi seseorang yang bisa mengalami infeksi saluran kemih, diantaranya:

- Penderita batu ginjal

- Pria yang mengalami kelenjar prostat

- Pemakaian kateter alat bantu kencing.

- Lahir dengan kelainan struktur kemih.

- Wanita.

- Wanita yang telah menopause.

- Wanita yang menggunakan alat kontrasepsi diafragma.

- Wanita yang sedang hamil.

- Orang yang baru melakukan prosedur operasi pada saluran kemihnya

- Penderita obesitas

- Orang yang sistem kekebalan tubuhnya rendah


Gejala Infeksi Saluran Kemih Adalah Sebagai Berikut:
Biasanya gejala-gejala pada infeksi saluran kemih bagian bawah (kandung kemih dan uretra) dan saluran kemih bagian atas (ginjal dan uretra) akan berbeda dan gejalanya adalah sebagai berikut:

Gejala Bagian Bawah Infeksi Saluran Kemih Adalah Sebagai Berikut:

- Sering buang air kecil atau ada dorongan ingin selalu buang air kecil.

- Rasa nyeri tumpul yang konstan pada daerah kemaluan.

- Nyeri saat buang air kecil.

- Air seni berwarna atau adanya campuran darah pada urin.

- Air seni berbau tidak sedap.

- Badan terasa lelah, tidak enak, dan nyeri.



Sedangkan Gejala Bagian Atas Infeksi Saluran Kemih Adalah Sebagai Berikut:

- Mengalami demam.

- Tubuh terasa dingin dan menggigil.

- Mual dan muntah.

- Nyeri pada bagian pinggang dan panggul.

- Diare.

Lalu, Bagaimanakah Infeksi Saluran Kemih Didiagnosis?
Diagnosa infeksi saluran kemih pada kasus infeksi saluran kemih bagian bawah terasa ringan dan akan membaik dalam beberapa hari, namun tetaplah berkonsultasi dengan dokter jika gejala infeksi saluran kemih menyebabkan banyak rasa sakit dan ketidaknyamanan atau jika tak kunjung sembuh lebih dari lima hari.

Dokter akan melakukan pemeriksaan yang digunakan untuk mengdiagnosis infeksi saluran kemih melalui cara sebagai berikut:

- Amalisis sampel urin.

- Pemeriksaan USG.

- CT scan.

- MRI scan.

- Sistoskopi.

Bagaimanakah Cara Mencegah Infeksi Saluran Kemih Adalah Sebagai Berikut:
Pencegahan infeksi saluran kemih dapat mengambil langkah-langkah untuk mengurangi resiko infeksi saluran kemih, diantaranya:

- Pada saat membersihkan alat kelamin maka usap dari arah depan ke belakang karena hal tersebut membantu untuk mencegah bakteri dari anus menyebar ke vagina dan uretra.

- Buang air kecil segera setelah berhubungan intim.

- Gunakan pakaian dalam yang terbuat dari bahan katun dan ada baiknya hindari pemakaian pakaian dalam berbahan nilon dan pakaian yang ketat.

Bagaimanakah Infeksi saluran Kemih Diobati?


Jika diagnosa sudah sudah menunjukan hasil bahwa terkena infeksi saluran kemih, maka dokter biasanya akan mengobati infeksi saluran kemih dengan antibiotik. Dan minumlah antibiotik secara lengkap sesuai yang di anjurkan oleh dokter karena hal ini sangat penting agar infeksi cepat sembuh dan mencegah komplikasi.

Selain antibiotik, obat pereda rasa nyeri kadang-kadang di perlukan untuk menghilangkan rasa nyeri yang di sebabkan ISK dan pengobatan ISK akan semakin cepat berhasil jika ditunjang dengan langkah-langkah yang bisa dilakukan dirumah, sebagai berikut:

- Perbanyak minum air putih, meminum air putih dapat mengencerkan urin dan pastikan bahwa anda akan buang air kecil lebih sering sehingga bakteri akan keluar dari saluran kemih.

- Jangan suka menahan kencing.

- Redakan nyeri dengan kompres air hangat.

Nah, itulah tadi pembahasan mengenai infeksi saluran kemih adalah dan jika Anda merasa memiliki infeksi saluran kemih maka ada baiknya segera konsultasikan kepada Kami di klinik Utama Gracia atau Anda juga bisa berkonsultasi dengan mengklik tombol chat online di atas.



Panduan Penting
Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website Klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.