User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 

Hingga saat ini keberadaan selaput dara bagai misteri. Banyak budaya yang masih mengagungkan keberadaan selaput dara. Selaput dara wanita memang masih meninggalkan banyak misteri dan mitos di masyarakat luas. Sebenarnya apa itu selaput dara dan dimana letak selaput dara sesungguhnya.

Padahal sampai kini, keberadaan selaput dara itu sendiri masih menjadi pertanyaan para ahli. Karena lapisan kulit yang terletak pada lubang vagina belum diketahui fungsinya. Sehingga masih menjadi pertanyaan besar yang belum dapat terpecahkan oleh banyak ahli dunia.

Bahkan di Indonesia sendiri, selaput dara selalu menjadi perbincangan hangat bagi mereka pasangan muda-mudi yang akan menikah serta ketika akan melakukan malam pertama. Pria di Indonesia, selalu ingin merasakan menembus lapisan kulit yang ‘katanya’ cukup elastis ini.

Apa Selaput Dara?

Mungkin sebelum membahas mengenai letak selaput dara wanita, maka anda juga akan penasaran apa itu selaput dara, dan mengapa selaput dara menjadi sesuatu yang berharga bagi setiap wanita. Karena beberapa wanita menganggap selaput dara tidak ada harganya.

Selaput dara adalah lapisan kulit yang amat tipis. Lapisan tersebut berada di dalam lubang vagina, bukan di luar. Ada yang mengatakan kalau selaput dara selalu menutupi lubang vagina secara keseluruhan. Padahal anggapan tersebut tidaklah benar. Karena selaput dara tidak menutupi lubang vagina secara utuh.

Selaput dara atau hymen dalam bahasa medis memiliki lubang-lubang di bagian tengah. Lubang-lubang yang terdapat di dalam selaput dara sendiri berfungsi untuk melancarkan keluarnya darah menstruasi yang keluar. Jika tidak adanya lubang-lubang tersebut, maka akan menyebabkan darah tidak dapat keluar.

Selaput dara yang menutupi seluruh lubang vagina, merupakan selaput dara yang tidak normal. karena hymen yang menutupi seluruh lubang vagina akan menyulitkan pemiliknya dalam membuang darah menstruasi yang harus keluar. Kondisi seperti ini maka harus dilakukan pembedahan.

Letak Selaput Dara

Mungkin ini yang menjadi beberapa pertanyaan penting bagi banyak orang. Dimana sebenarnya letak hymen tersebut. Karena masih banyak orang yang bingung dimana letak dari hymen pada vagina wanita tersebut.

Keberadaan hymen dibungkus oleh dua vulva vagina. vulva adalah bagian terluar vagina wanita, letaknya mengelilingi lubang vagina. Seperti dijelaskan diatas, bahwa selaput dara tidaklah menutupi keseluruhan vagina. Umumnya jarak dari lubang vagina ke selaput dara berkisar 1-2 cm. Anda dapat merasakan keberadaan hymen dengan menyentuhnya dengan jari.

Selaput Dara Robek Setiap Melakukan Hubungan Seks Pertama Kali

Pernyataan  di atas memang selalu menjadi pertanyaan penting para wanita dan pria. Banyak pria yang selalu ingin mendapatkan wanita yang masih perawan dengan percaya bahwa hymen yang dimilikinya belum robek. Yang harus anda ketahui, robeknya hymen bukan hanya melakukan hubungan seks saja.

Hymen dapat robek dari berbagai aktivitas yang dilakukan oleh si wanita. Bahkan sebelum si wanita melakukan hubungan seks pertama kalinya, mungkin selaput daranya telah robek akibat dari kegiatan yang ia gemari.

Beberapa aktivitas seperti berenang, berkuda, dan bersepeda dapat memicu robeknya selaput dara. Robeknya selaput dara dapat ditandai dengan munculnya bercak darah yang menempel pada celana dalam si wanita. Selaput dara tersebut juga bisa robek yang diakibatkan dari kecelakaan, pembedahan medis, dan masturbasi.

Sehingga selaput dara tidak dapat dijadikan sebagai acuan untuk mengatakan seorang wanita sudah tidak perawan. Jika selaput dara sudah robek, terdapat dua cara untuk mengembalikannya.

Kedua cara tersebut yakni dengan melakukan operasi keperawanan atau operasi selaput dara. Saat ini dikenal dengan dua operasi selaput dara. Yakni hymenoplasty dan simple hymenoplasty. Letak selaput dara setiap wanita selalu sama, yang membedakan adalah bentuknya.