User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

infeksi saluran kencing pada wanita

Wanita sangat rentan mengalami infeksi saluran kemih (ISK). kondisi yang menyebabkan seseorang mengalami kesulitan dalam buang air kecil. Hampir semua orang akan mengalami kondisi ini, baik itu perempuan maupun laki-laki. Tetapi infeksi saluran kencing pada wanita sangat sering terjadi dibandingkan pada laki-laki.

Banyak hal yang menyebabkan terjadinya ISK. Tentunya ISK merupakan kondisi yang cukup menganggu anda. Apa lagi, ini akan menyebabkan anda merasa kelelahan ketika sering keluar masuk kamar mandi hanya untuk membuang air kecil yang frekuensi air kencing yang keluar sedikit.

Ada beberapa kondisi yang menyebabkan anda mengalami ISK. kondisi ini tentunya disebabkan oleh pola hidup yang anda jalankan, dan anda kurang menjaga kebersihan pada organ intim anda. Sehingga saluran kencing yang terdapat pada tubuh anda mengalami infeksi oleh kuman, bakteri, dan virus.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih pada Wanita

Mengapa wanita rentan mengalami infeksi saluran kemih, pertanyaan seperti ini pasti sering anda ucapkan. Ternyata wanita memiliki uretra (saluran kencing) yang ukurannya lebih pendek dibandingkan dengan saluran kencing milik pria. Kondisi tersebutlah yang menyebabkan wanita lebih mudah terserang ISK.

ISK disebabkan oleh bakteri Eschericia Coli yang memang hidup di organ pencernaan seperti usus, dan sekitar anus. Ketika anda sebagai wanita kurang menjaga kebersihan vagina anda, terlebih usai melakukan buang air kecil dan buang air besar. Maka pada kondisi tersebutlah bakteri eschericia coli tersebut akan masuk kedalam saluran kencing.

Lalu, terdapat pula kondisi lain yang menyebabkan seseorang wanita mengalami ISK. Seperti beberapa penyebab berikut ini:

  • Infeksi akibat berhubungan seks
  • Sering menahan buang air kecil
  • Kehamilan
  • Menopause
  • Alat kontrasepsi pada wanita

Beberapa kondisi tersebut akan menyebabkan infeksi saluran kemih mudah menyerang wanita. Banyak wanita yang menganggap hal ini biasa. Padahal kondisi infeksi saluran kemih pada wanita dapat menyebabkan wanita mengalami masalah serius pada tubuhnya.

Gejala

Setelah anda mengetahui penyebab infeksi saluran kemih pada wanita, maka mungkin sekarang anda harus mencari tahu, apa saja gejala yang muncul ketika anda mengalami ISK. gejala-gejala ini mungkin dapat anda kenali, sehingga anda dapat mengatasi ISK yang timbul.

  • Keluarnya urine bercampur darah
  • Air kencing yang berbau
  • Rasa sakit seperti terbakar ketika BAK
  • Sering melakukan kencing tapi frekuensinya sedikit
  • Akan menyebabkan perut terasa sakit
  • Demam

Itulah gejala umum ataupun tanda-tanda infeksi saluran kemih pada wanita yang bisa terjadi pada tubuh anda. Ketika anda sudah menemukan gejala tersebut, maka sebaiknya segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan sedini mungkin.

Apa yang Terjadi jika ISK Tidak Di Obati?

infeksi saluran kencing pada wanita

Jika anda membiarkan ISK begitu saja pada tubuh anda, tanpa pengobatan apapun. Maka bersiaplah anda akan mengalami komplikasi yang lebih parah daripada ISK tersebut. Salah satu kondisi ISK yang sering terjadi pada setiap wanita yakni:

  • Masalah pada ginjal
  • Sepsis (Infeksi masuk dalam darah)
  • Kelahiran premature

Ketiga kondisi tersebut dapat menyerang anda ketika Infeksi saluran kemih pada wanita tidak juga anda atasi dan anda hanya membiarkannya saja.

Pengobatan

Ada beberapa pengobatan yang dapat anda lakukan untuk mengobati infeksi saluran kemih. Pengobatan tersebut biasanya anda diminta untuk mengkonsumsi obat-obatan antibiotik untuk mengobati gejala ISK yang muncul pada tubuh anda. Ada beberapa jenis obat yang harus anda konsumsi, seperti ciprofloxacin, levofloxacin, dan trimethoprim.

Anda juga bisa melakukan pencegahan ISK dengan cara selalu menjaga kebersihan vagina, bersihkan vagina dengan pola dari depan kebelakang, minum yang cukup, dan biasakan untuk tidak menahan untuk pipis. Ketika anda ingin BAK, maka segeralah mencari toilet untuk menghindari penyakit yang menyerang organ kelamin anda.