User Rating: 4 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Inactive
 

Pastinya, sebagian besar dari anda akan penasaran dengan selaput dara. Yah, selaput dara hingga saat ini masih menjadi pertanda mengenai keperawanan seorang wanita. Pasti anda juga penasaran bagaimana bentuk selaput dara wanita itu. Mengapa selaput dara selalu menjadi acuan keperawanan wanita.

Tidak hanya di Indonesia, dibanyak Negara selaput dara juga menjadi tanda keperawanan seorang wanita. Seseorang wanita yang selaput daranya telah sobek selalu khawatir apakah calon suaminya akan menerima kondisi robeknya selaput dara.

Robeknya selaput dara selalu identik dengan seorang yang telah berhubungan seks. padahal tidak semua selaput dara dapat robek hanya karena berhubungan seks. banyak dari wanita dan orang lainnya yang merasa penasaran dengan bentuk selaput dara itu sendiri.

Terdapat sekitar empat bentuk selaput dara atau hymen yang sering ditemukan pada tubuh wanita. Setiap wanita akan memiliki bentuk hymen yang berbeda-beda. Meskipun kedua wanita tersebut terlahir dari ibu yang sama, maka belum tentu hymen yang dimilikinya sama.

Hal terpenting yang harus kalian ketahui, selaput dara tidak seluruhnya menutupi lubang vagina. meskipun ada jenis selaput dara yang menutupi keseluruhan vagina, tetapi hal tersebut sangat jarang ditemukan pada wanita umumnya.

Bentuk Selaput Dara Wanita

Selaput Dara Septate

Bentuk selaput dara septate memiliki dua lubang bukaan. Biasanya wanita yang memiliki selaput dara septate sangat sulit dalam penggunaan tampon. Dimana terdapat jaringan ekstra diantara kedua lubang selaput dara septate ini.

Karena selaput dara tersebut memiliki jaringan ekstra diantara kedua lubang, maka cara terbaik utnuk menghilangkan jaringan tersebut adalah dengan mengangkat jaringan dengan melakukan operasi. Apabila anda wanita yang terbiasa menggunakan tampon, maka anda akan mengalami kesulitan dalam memasuki tampon ke dalam vagina anda, karena kondisi selaput dara tersebut.

Selaput Dara Microperforate

Bentuk selaput dara wanita jenis ini biasanya hanya memiliki lubang tipis. Sehingga bentuknya hampir secara keseluruhan menutupi bagian lubang vagina. sangat jarang terdapat wanita yang dapat menggunakan tampon, jika ia memiliki bentuk selaput dara microperforate, terkadang darah menstruasi pun sulit keluar dari vaginanya, karena lubang yang sangat kecil.

Meskipun seorang wanita mampu memasukan tampon ke dalam vaginanya, biasanya hambatan selanjutnya yakni kesulitan dalam menggeluarkan tampon tersebut. Bagaimana mengatasi kondisi selaput dara microperforate? Jalan satu-satunya adalah dengan melakukan pembedahan kecil utnuk membuat bukaan yang normal dalam mengaliri darah menstruasi.

Selaput Dara Annular

Selaput dara annular mungkin menjadi selaput dara yang paling umum ditemukan pada vagina wanita. Hampir sekitar 60-95 persen wanita memiliki jenis selaput dara annular. Bentuk selaput dara pada wanita jenis annular ini terdapat lubang yang cukup besar ditengah-tengahnya.

Selaput dara jenis ini mungkin akan sulit robek, meskipun sudah dimasukkan penis saat penetrasi. Karena posisi lubang yang berada ditengah. Karena lapisan selaput dara terdapat dipinggir dan cukup elastis, sehingga sulit robek.

Selaput dara Cribriform

Jenis selaput dara yang satu ini akan terdapat cukup banyak lubang kecil ditengah-tengah selaput dara. Namun selaput dara jenis ini sangat jarang ditemukan, hanya dimiliki oleh 1 % wanita yang terdapat di dunia.

Selaput Dara Imperforate

Selaput dara imperforate merupakan selaput dara yang menutupi seluruh lubang vagina. Selaput dara jenis ini akan menyebabkan sakit yang berlebihan ketika menstruasi. Karena tidak adanya lubang yang dapat menggeluarkan dara dari dalamnya. Cara untuk mengatasi selaput dara jenis ini adalah dengan melakukan pembedahan selaput dara, sehingga darah menstruasi dapat kembali lancar.

Lima jenis bentuk selaput dara wanita tersebut merupakan bentuk selaput dara yang umum. Selaput dara setiap wanita memiliki elastisitas dan ketebalan berbeda-beda. Terkadang terdapat selaput dara yang tidak robek, meskipun wanita tersebut sudah melakukan hubungan seks dengan pasangannya.

Sebagian besar selaput dara memiliki bentuk semacam sabit seperti itu. Dengan bentuk berbagai lubang yang berbeda-beda. Seperti yang sudah dijelaskan diatas. Selaput dara juga bisa robek karena berbagai aktivitas selain dari berhubungan seks.