User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

cara mengatasi keputihan

Banyak wanita yang mengalami keputihan. Sebagian besar wanita yang mengalami keputihan akan merasa khawatir dengan kondisi yang ia alami. Meskipun sebenarnya kondisi keputihan merupakan kondisi normal yang terjadi pada tubuh wanita. Bagaimana cara mengatasi keputihan.

Kondisi keputihan yang terjadi dapat diatasi dengan beberapa cara. Sebelum kamu mengatasinya, maka harus mengetahui terlebih dahulu penyebab dari datangnya keputihan. Keputihan terdapat dua jenis, baik itu keputihan secara normal, maupun keputihan yang disebabkan kondisi tidak normal.

Penyebab Keputihan

Dalam kondisi yang normal, keputihan akan terjadi dengan keluarnya lendir berwarna putih bening, tidak lengket, dan juga tidak berbau. Kondisi seperti ini merupakan kondisi normal yang terjadi hampir pada setiap wanita. Sehingga hal seperti ini, tak perlu terlalu dikhawatirkan oleh para wanita.

Jika keputihan yang abnormal, maka keputihan akan timbul dengan cairan keputihan yang berwarna hijau, kuning, abu-abu, putih susu, bahkan merah. Selain berwarna, keputihan abnormal akan menunjukan tanda lain seperti rasa gatal, nyeri, dan diiringi dengan gejala lainnya.

Penyebab keputihan cukup beragam, jika kondisi keputihan yang abnormal. Maka anda harus mengatasi keputihan tersebut agar tidak menyebabkan kondisi yang semakin membahayakan organ reproduksi anda. Berikut beberapa penyebab keputihan.

  • Infeksi Jamur, bakteri, dan kuman
  • Penyakit radang panggul
  • Gonore dan klamidia
  • Infeksi Menular Seksual
  • Human Pappilomavirus (HPV)

Itulah beberapa dari penyebab keputihan yang abnormal. Keputihan abnormal jangan dibiarkan begitu saja. Anda harus melakukan pemeriksaan dokter untuk mengatasi keputihan yang anda alami. Karena jika dibiarkan dapat menyebabkan infeksi yang lebih parah pada organ reproduksi anda.

Cara Mengatasi Keputihan

Keputihan dapat diatasi dengan beberapa obat yang akan diberikan oleh dokter kepada anda, ketika anda melakukan pemeriksaan. Tentunya obat-obatan yang anda konsumsi haruslah berdasarkan dengan resep dokter. Jangan sampai anda mengkonsumsi obat-obatan tanpa ada resep dan anjuran dokter, karena hal tersebut akan membahayakan diri anda sendiri.

Ada beberapa cara mengatasi keputihan yang cukup efektif. Anda juga dapat melakukannya di rumah dengan mudah dan gampang. Tentunya kondisi ini akan membantu anda dalam mengatasi keputihan yang menyerang vagina anda.

Daun Sirih

Mungkin khasiat dari daun sirih tak perlu anda khawatirkan lagi. Daun yang sering tumbuh secara liar di pekarangan rumah, atau di kebun sangat efektif dalam membasmi virus, bakteri, maupun jamur jahat yang berkembang di area vagina. Anda cukup membasuh air rebusan daun sirih kepada vagina anda.

Jus Lemon

Kandungan dalam lemon sangat efektif dalam mengatasi jamur dan radikal bebas di dalam tubuh. Termasuk dalam mengatasi jamur, bakteri, dan virus penyebab keputihan. Anda dapat langsung mengkonsumsi jus lemon setiap hari untuk mengatasi keputihan. Untuk menambah kenikmatan, maka anda dapat mencampurkan madu pada jus lemon yang anda konsumsi.

Olahraga

Cara lain yang dapat anda lakukan untuk mengatasi keputihan adalah dengan beberapa gerakan olahraga. Anda bisa melakukan jogging, ataupun dengan beberapa gerakan yoga yang akan dapat membantu menangkal radikal bebas yang ada didalam tubuh.

Pola Makan

Salah satu pertumbuhan bakteri, jamur, dan kuman penyebab keputihan karena disebabkan oleh pola makan yang datang dari makanan yang di konsumsi. Untuk itu hindari makanan-makanan yang dapat membunuh bakteri baik dalam tubuh. Konsumsilah makanan seperti sayur, dan buah untuk mengatasi keputihan yang anda alami.

Menjaga Kebersihan Vagina

Organ intim merupakan organ yang cukup penting bagi setiap manusia, termasuk anda. Keputihan dapat terjadi karena anda kurang menjaga kebersihan organ intim. Sebaiknya perhatikan kebersihan organ intim untuk menghindari terjadinya keputihan.