User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Radang panggul

Radang panggul menjadi salah satu penyakit yang belum diketahui oleh banyak orang. Padahal penyakit ini cukup berbahaya karena dapat menyerang rahim. Penyakit ini disebabkan dari infeksi yang terjadi disekitar rahim. Banyak orang yang mengenal penyakit ini dengan infeksi rahim.

Infeksi ini disebabkan oleh infeksi bakteri pada organ reproduksi wanita. Penyakit ini terjadi akibat dari penyakit seksual yang menular dari wanita. Ditemukan riset bahwa sebagian besar penderita infeksi rahim merupakan wanita berusia 15-24 tahun yang aktif dalam melakukan aktivitas seksual.

Jika penyakit ini tidak segera diobati maka penderitanya akan menderita penyakit kronis dari nyeri yang menyakitkan ini. Sehingga para penderita penyakit infeksi rahim harus segera mengobati penyakitnya secara cepat dan sesegera mungkin.

Biasanya infeksi rahim terjadi dalam dua tahap. Pertama infeksi pada vagina atau serviks. Kedua adalah serangan langsung bakteri dari vagina ke leher rahim melalui saluran kelamin bagian atas.

Gejala

Nyeri pada perut bisa terlihat dari gejala yang timbul dari penyakit ini. Banyak orang yang tidak mengetahui gejala tersebut. Mereka menganggap bahwa gejala infeksi tersebut merupakan hal biasa dan tidak akan menjadi penyakit yang berbahaya.

Padahal tidak seperti itu. Anda harus dapat segera mendiagnosis gejala itu dan tidak membiarkannya. Jika anda menemukan gejala-gejala tersebut, anda harus segera mengkonsultasikannya ke dokter anda.

Biasanya hal-hal seperti ini terjadi akan menyerang:

  1. Nyeri pada bagian panggul,
  2. perut bagian bawah terasa sakit,
  3. terasa sakit ketika membuang air kecil,
  4. keluarnya keputihan pada organ intim yang berwarna dan berbau.
  5. Akan Terasa Nyeri saat Berhubungan intim

Bilamana anda merasakan gejala diatas, maka hal tersebut belum dapat dikatakan penyakit radang panggul. Ada cara lain yang bisa melihat secara pasti apakah anda menderita penyakit tersebut atau tidak. Salah satunya yakni dengan tes medis.

Tes medis yang dilakukan bisa berupa darah, urine, kehamilan, dan USG. Saat hasil tes keluar, maka saat itu anda sudah bisa mengetahui apakah anda terkena infeksi panggul atau tidak.

Faktor Penyebab Infeksi Panggul :

Radang panggul terjadi karena beberapa faktor. Terutama faktor hubungan seksual yang terjadi pada diri seseorang. Berikut faktor-faktor penyebab Infeksi rahim:

Berganti-ganti Pasangan

Ketika anda memiliki pasangan seks dalam jumlah yang cukup banyak, maka anda sangat berpotensi mengalaminya. Karena penyakit ini sangat berhubungan erat dengan aktivitas seksual seorang wanita.

Apabila seorang wanita sering melakukan hubungan seksual dengan banyak laki-laki, maka hal itu dapat menyebabkan masuknya berbagai bakteri kedalam organ intim wanita yang dapat menyebabkan timbulnya penyakit berbahaya ini.

Pemakaian alat Kontrasepsi Dalam Rahim

Jika anda merupakan seorang wanita yang menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim. Maka anda memiliki resiko 2-4 kali lipat terkena radang panggul. Sehingga jika anda menggunakan alat kontrasepsi dalam rahim ada baiknya lebih sering untuk dikonsultasikan dengan dokter anda.

Penyakit infeksi rahim memang menjadi penyakit yang cukup berbahaya untuk setiap wanita yang melakukan aktivitas seksual tidak wajar. Untuk itu anda harus selalu mengkonsultasikan hal tersebut kepada dokter anda. Hal itu akan lebih baik untuk mendapatkan pengobatan secara cepat sebelum penyakit ini menjadi kronis.