User Rating: 5 / 5

Star ActiveStar ActiveStar ActiveStar ActiveStar Active
 
Munculnya keputihan pada wanita membuat mereka terkadang merasa panic dan merasa bahwa dirinya mengalami kondisi yang tidak wajar. Padahal tidak semua kondisi keputihan merupakan kondisi yang tidak wajar. Ada dua jenis keputihan yang biasanya menyerang kaum wanita, yakni keputihan normal dan tidak normal.
 
Keputihan merupakan kondisi normal pada tubuh wanita. Keputihan atau yang dikenal dengan sebutan fluor albus ini adalah keluarnya cairan yang berwarna putih pada vagina. Cairan tersebut keluar, karena kondisi hormonal pada tubuh wanita.
 
Jika anda mengalami fluor albus dalam kondisi normal, maka anda tidak perlu khawatir. Karena itu merupakan kondisi biologis pada tubuh wanita. Yang patut anda khawatirkan adalah ketika, keputihan yang anda alami menjadi kondisi tidak normal. Kita akan membahas mengenai keputihan normal dan tidak normal atau abnormal.

Keputihan Normal

Keputihan normal adalah keputihan yang terjadi karena dipengaruhi kadar hormone yang terdapat pada tubuh kamu. kondisi ini tak perlu dikhawatirkan secara berlebihan oleh kamu. Jenis keputihan ini tidak menunjukan bahwa kamu sedang mengalami masalah pada organ reproduksi kewanitaanmu.

Penyebab Keputihan Normal

  • Menjelang menstruasi
  • Ketika menstruasi pertama kali
  • Kehamilan
  • Rangsangan seksual
  • Saat ovulasi

Ciri-Ciri Keputihan Normal

Tidak Berbau

Kondisi keputihan yang normal adalah keputihan yang tidak menggeluarkan bau tak sedap. Sehingga kondisi seperti ini biasanya normal terjadi pada wanita. Meskipun tidak berbau, kamu harus tetap melihat frekuensi cairan keputihan keluar.

Tidak Berwarna

Fluor albus dalam kondisi normal, merupakan fluor albus yang tidak berwarna. Jika cairan keputihan yang keluar dari vagina mu merupakan fluor albus dengan warna putih dan tidak berwarna coklat, hijau, abu-abu, kuning, maupun merah maka kondisi tersebut merupakan kondisi normal.

Tidak Lengket

Keputihan yang terjadi secara normal tidak akan menimbulkan efek lengket pada tubuh anda. Cara mengetahuinya, cobalah anda pegang kondisi keputihan yang anda alami. Jika keputihan tidak lengket, maka keputihan tersebut adalah fluor albus dalam kondisi normal.

Tidak Berair

Kondisi yang terakhir mengenai ciri-ciri keputihan normal adalah keputihan yang keluar tidak berair. Kondisi keputihan semacam ini biasanya akan muncul menjelang masa menstruasi pada tubuh anda, dan anda akan mengalami masalah keputihan.

keputihan

Keputihan Tidak Normal

Keputihan tidak normal sebagian besar disebabkan oleh adanya infeksi jamur atau bakteri pada organ reproduksi. Fluor albus jenis ini juga dapat menyerang anda yang tertular beberapa jenis penyakit menular seksual, sehingga menyebabkan kondisi abnormal muncul pada tubuh anda.

Bakteri dan Jamur Penyebab Keputihan

  • Vaginosis vacteriana
  • Eschericia Coli
  • Trikomoniasis
  • Candida Albicians

Empat bakteri tersebut merupakan bakteri yang biasanya menyebabkan keputihan tidak normal. Keputihan normal dan tidak normal memiliki cukup banyak perbedaan. Seperti sudah dijelaskan diatas, keputihan yang normal merupakan kondisi biologis. Sedangkan tanda-tanda keputihan tidak normal adalah sebagai berikut.

Ciri-Ciri Keputihan Tidak Normal

Berbau

Keputihan yang tidak normal, akan menimbulkan aroma yang tidak sedap yang keluar dari keputihan anda. Bau ini disebabkan keputihan yang terjadi pada tubuh anda sudah terinfeksi oleh jamur ataupun bakteri.

Lengket

Keputihan yang tidak normal juga menimbulkan kelengketan saat keputihan tersebut dipegang. Coba anda sentuh keputihan yang muncul, apakah kondisi tersebut lengket atau tidak. Jika lengket maka itulah tanda keputihan tidak normal.

Keputihan Berwarna

Keputihan yang disebabkan oleh virus akan menimbulkan warna hijau, cokelat, abu-abu, kuning dan juga merah. Apabila kondisi tersebut sudah terlihat, dapat dipastikan itulah keputihan yang tidak normal pada tubuh anda.

Gatal dan Cairan Berlebihan

Kondisi lain dari keputihan yang tidak normal adalah cairan yang keluar berlebihan, terkadang juga menimbulkan efek gatal pada vagina anda. Apabila vagina gatal, lebih baik jangan anda garuk. Karena itu hanya akan membahayakan kondisi vagina anda.
 
Ciri-ciri keputihan normal dan tidak normal dapat anda jadikan rujukan ketika anda mengalami keputihan. Apabila anda mengalami keputihan yang tidak normal, maka sebaiknya untuk melakukan pemeriksaan medis untuk mengetahui penyebab dari keputihan tersebut. Anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk melakukan pemeriksaan medis mengenai kondisi keputihan yang sedang anda alami atau langsung menghubungi kami di 081336361555 untuk konsultasi via telepon.


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.