User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Infeksi saluran kencing pada wanita sering sekali terjadi. Hal itu disebabkan oleh uretra atau saluran kencing milik wanita lebih pendek dibandingkan pria. Infeksi saluran kencing merupakan kondisi dimana wanita mengalami infeksi pada organ kemih mereka. Organ kemih tersebut, terdiri dari ginjal, ureter, kandung kemih, dan uretra. Ada beberapa obat infeksi saluran kencing pada wanita yang bisa di konsumsi.

Cukup banyak wanita yang mengalami ISK. ISK terbagi menjadi dua jenis yaitu infeksi saluran kemih bagian bawah dan infeksi saluran kemih bagian atas. ISK bagian atas terjadi karena adanyan infeksi pada ginjal dan ureter. Sementara infeksi saluran kemih bagian bawah terjadi karena infeksi pada uretra dan kandung kemih.

Penyebab Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

Infeksi saluran kemih pada wanita terjadi karena wanita memiliki uretra lebih pendek dibandingkan laki-laki. Sehingga menyebabkan mudahnya bakteri yang masuk ke dalam uretra wanita. Bakteri penyebab ISK disebut dengan bakteri Escherichia Coli atau E.coli. dimana biasanya bakteri jenis ini bersarang pada anus.

Ketika wanita tidak menjaga kemaluannya usai melakukan buang air kecil maupun buang air besar. Maka bakteri tersebut akan masuk ke vagina lalu ke uretra wanita. Lalu ada juga penyebab lain yang menyebabkan seseorang mengalami ISK.

  • Penggunaan alat kontrasepsi
  • Adanya semacam batu pada ginjal
  • Sulit menggeluarkan urin pada kandung kemih

Gejala Infeksi Saluran Kemih

Penderita ISK pun akan mengalami beberapa gejala yang mengindikasikan bahwa ia mengalami ISK. Gejala ini sebenarnya sangat umum terjadi pada wanita.

  • Selalu ingin buang air
  • Kram dibagian perut
  • Jumlah air urin yang keluar sedikit
  • Bau yang menyengat pada urine
  • Badan selalu merasa letih, dan lelah
  • Merasakan bahwa urine tidak selalu keluar sepenuhnya
  • Sakit ketika buang air
  • Urine yang keluar bersama darah
  • Demam
  • Tubuh mengigil
  • Mual
  • Gelisah
  • Nyeri pada pinggang

Apabila memang anda sudah merasakan gejala seperti diatas, maka sebaiknya anda melakukan pemeriksaan ke dokter untuk mengetahui gejala apa yang terjadi pada tubuh anda. Sehingga dapat menghindari ISK menjadi lebih parah.

Obat Infeksi Saluran Kencing Pada Wanita

Jangan Menahan Buang Air Kecil

Kebiasaan wanita, ataupun pria lebih senang menahan air kencing adalah salah satu faktor penyebab ISK. Ada baiknya jangan terlalu sering menahan untuk buang air kecil. Ketika anda memang sudah merasakan ingin buang air, maka segeralah ke toilet. Sehingga tidak menyebabkan bakteri menumpuk dalam tubuh anda.

Konsumsi Vitamin C

Para penderita ISK memang biasanya akan diminta untuk mengkonsumsi vitamin C. Vitamin yang anda minum bukanlah hanya vitamin C yang terdapat di berbagai apotik, namun anda bisa mengkonsumsi vitamin C yang terdapat dari berbagai jenis buah. Seperti didalam jeruk, atau buah-buah lainnya yang memiliki kandungan vitamin C cukup banyak.

Memakai Pakaian yang Nyaman

Dengan menggunakan pakaian yang nyaman, maka anda dapat menghindari terjadinya ISK pada tubuh anda. Kebiasaan seorang wanita biasanya lebih senang menggunakan pakaian  yang berbahan tidak baik bagi kulit, dan terlalu ketat. Hindari juga menggunakan pakaian yang lembab, karena bakteri sangat senang hinggap pada tempat-tempat yang lembab

Selalu Menjaga Kebersihan Area Kandung Kemih

Cara membersihkan vagina sehabis buang air kecil pun harus diperhatikan dengan baik. Hal yang terbaik adalah dengan menyiram dari bagian depan ke belakang. Bukan dari belakang ke depan, karena itu hanya membuat bakteri yang ada disekitar anus masuk ke dalam uretra.

Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Dengan mengkonsumsi air putih yang cukup banyak, maka anda bisa terhindar dari infeksi saluran kemih. Banyak wanita yang jarang minum air putih, sehingga menyebabkan dirinya rentan terkena infeksi saluran kemih.

Itulah beberapa obat infeksi saluran kencing pada wanita yang bisa diatasi. Namun apabila cara diatas tidak dapat membantu menyembuhkan infeksi saluran kencing anda, maka segeralah untuk melakukan pemeriksaan ke dokter. Anda juga bisa datang ke Klinik Utama Gracia.