User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Dimanakah klinik operasi keperawanan terbaik? Operasi keperawanan atau Hymenoplasty atau perbaikan selaput dara adalah opearsi sederhana yang melibatkan perbaiakn bedah selaput dara yang robek. Termasuk menghilangkan tepi yang sobek sebelum menjahit selaput dara kembali pada tempatnya dengan jahitan yang mudah larut.

Keperawanan adalah lapisan selaput jaringan yang tebal yang mengelilingi bagian dalam pintu masuk vagina dan memungkinkan keluarnya darah menstruasi. Sementara beberapa selaput begitu elastis sehingga tidak sobek bahkan selama berhubungan seksual. Dan pada kebanyakan wanita dengan selaput dara yang biasanya robek di bagian bawah selama hubungan seksual untuk yang pertama kalinya atau setelah pemasangan tampon atau melalui beberapa latihan-lahiran maka segera kunjungi klinik operasi keperawanan.

Operasi Keperawanan Pada Wanita

Perbaikan keperawanan di kliniik operasi keperawanan dilakukan dibawah anestesi lokal. Akan tetapi juga dapat dilakukan dibawah anesteso umum. Operasi ini invasif dan merupakan prosedur setiap kasus yang lain. Selaput dara memiliki lapisan sekunder yang dapat menutupi kulit yang sobek. Dengan prosedur di klinik operasi keperawanan selaput dara akan tampak utuh. Meskipun pada kebanyakan wanita merasa malu untuk mengkonsultasikan masalah ini dengan dokter. Namun Anda bisa mengkonsultasikannya melalui layanan online.

Manfaat Prosedur Ini Bagi Seorang Wanita


Operasi keperawanan harus dipilih pada kebanyakan wanita karena alasan pribadi. Klinik operasi keperawanan harus tempat yang aman dan nyaman untuk mengkonsultasikan masalah ini. Operasi ini biasanya dilakukan oleh wanita dewasa setelah pelecehan seksual yang tidak diinginkan, pemerkosaan atau telah mengalami cedera selama olahraga atau dimasa muda dengan kerusakan selaput dara. Atau bisa juga karena menderita masalah psikologis yang sering menyebabkan rendahnya harga diri atau berkurangnya kepercayaan diri. Apapun alasan robeknya, hanya pasiennya yang dapat memutuskan untuk menjalani operasi keperawanan.

Baca Juga : Tempat Operasi Keperawanan Dan Alasan Wanita Melakukannya

 

Hal-Hal Yang Mengharuskan Operasi Keperawanan

Beberapa hal yang mengharuskan seorang wanita melakukan operasi keperawanan adalah:
 
• Budaya dan agama yaitu selaput dara yang tidak rusak adalah sebagai simbol dari kesucian seorang wanita muda yang belum menikah.
• Psikologis dari pelecehan seksual atau dari trauma psikologis.
• Cedera selaput dara selama olahraga, masturbasi atau pemasangan tampon.
• Dari pergaulan bebas sejak remaja.
 
Prosedur ini juga untuk meningkatkan penampilan seperti:
 
• Stabilitas emosi adalah salah 1 faktor terpenting.
• Untuk mendapatkan tampilan atau penampilan yang baru.
• Dari ketidaknyamanan seorang wanita.

Prosedur Untuk Melakukan Operasi Keperawanan


Operasi keperawanan adalah prosedur yang relatif aman yang cenderung membawa sedikit risiko dan efek samping. Namun pada setiap operasi membawa risiko kecil infeksi dan perdarahan berkepanjangan serta yang berhubungan dengan anestesi. Komplikasi apapun dari operasi perbaikan selaput dara sangat jarang. Terkadang ada masalah yang muncul dari sesaknya selaput dara atau over koreksi selaput dara. Pembukaan menjadi menyempit artinya tindakan senggama akan sulit. Namun jarang menyebabkan masalah dalam jangka panjang.

Salah Satu Klinik Operasi Keperawanan Terbaik


Perbaikan selaput dara adalah mengembalikan selaput dara ke keadaan pra seksual. Dengan mengembalikan selaput dara di klinik opereasi keperawanan terbaik di Jakarta. Operasi keperawanan adalah prosedur sederhana yang akan memperbaiki selaput dara yang robek dan menyatukan jaringan sehingga ditutupi oleh vagina.

Dalam beberapa kondisi, selaput dara yang robek dapat mempengaruhi prospek, reputasi dan kehidupan hubungan pernikahan. Dengan memulihkan dan memperbaiki jaringan, seorang wanita dapat memperoleh kembali kendali dan kepemilikan area keperawanan dan merasa nyaman dengan kondisi baru nya.

Klinik operasi keperawanan terbaik hanya di Klinik Utama Gracia. Ditangani langsung oleh dokter yang ahli dan berpengalaman di dalam bidangnya. Selain itu dibantu dengan peralatan medis canggih dan modern. Biaya yang harus dikeluarkan juga sangat terjangkau. Anda bisa menghubungi kami di 081336361555 atau melalui layanan dibawah ini.

Baca Juga : Apakah Aman Melakukan Operasi Keperawanan?

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Prosedur operasi keperawanan pada wanita. Prosedur ini bisa disebut dengan Hymenoplasty yaitu proses pembedahan pengencangan tepi luar vagina dengan merekonstruksi jaringan keperawanan. Karena keperawanan muncul di sepanjang pintu masuk vagina. Kerusakan vagina dapat disebabkan selama jatuh secara tidak sengaja, mengangkat berat dan lainnya dimana stabilitas struktural keperawanan telah terganggu.

Prosedur ini sebagian besar dianggap aman dengan risiko yang dapat diabaikan. Namun prosedur operasi keperawanan memang memunculkan beberapa komplikasi dan risiko potensial. Hymenoplasty adalah prosedur operasi keperawanan atau pembedahan yang melibatkan selaput dara yang sobek normal.

Apa Itu Keperawanan?

Keperawanan adalah selaput tipis kemerahan yang menghalangi sebagian pintu masuk vagina. Terletak tepat di dalam vagina sekitar setengah inci di dalam. Atau bagian dari vulva yang merupakan pintu ke vagina. Fungsi keperawanan tidak diketahui akan tetapi sebagai penghalang vagina terhadap sumber infeksi eksternal hingga pubertas. Karena keperawanan muncul di sepanjang pintu masuk vagina. Prosedur operasi keperawanan sebagian besar dianggap aman dengan risiko yang dapat diabaikan. Namun prosedur operasi keperawanan memunculkan beberapa komplikasi dan risiko potensial.

Pertimbangan Mengenai Prosedur Ini


Tidak ada perbaikan yang tidak memiliki manfaat medis secara langsung. Tidak adanya kegagalan dan berdarah dari hubungan seksual sebelumnya. Sebagian wanita tidak berdarah saat hubungan intim untuk yang pertama kalinya. Prosedur ini tidak menjami perdarahan saat berhubungan seksual. Ada banyak alasan mengapa seorang wanita dapat mempertimbangkan untuk menjalani prosedur ini. Beberapa alasan dapat dikonsultasikan dengan dokter mengenai penggunaan prosedur ini.

Baca Juga : Benarkah Operasi Keperawanan Cara Terbaik Kembali Gadis?

 

Faktor Yang Mengharuskan Seseorang Melakukan Prosedur Operasi Keperawanan

Dalam beberapa kasus, memiliki keperawanan yang utuh sangat signifikan karena bertindak sebagai penanda kesucian seorang wanita. Entah selama aktifitas seksual atau sebaliknya, selaput dara wanita bisa robek. Melakukan operasi ini bertujuan untuk mengembalikan selaput dara dan mengembalikan keperawanan atau kesucian. Berikut beberapa faktor yang mengharuskan melakukan prosedur ini adalah:
 
• Penyembuhan Psikologis
Seorang wanita menderita pemerkosaan atau pelecehan seksual sangat mungkin selaput dara nya atau keperawanannya robek. Sebagai cara untuk memperbaiki kerusakan psikologis dari pelecehan semacam ini, beberapa wanita memilih untuk menjalani operasi ini untuk mengembalikan keperawanan baik secara fisik maupun secara mental ke waktu sebelum pelecehan.
 
• Cedera Pada Selaput Dara
Bagi beberapa wanita, memiliki selaput dara yang menjadi robek saat pengalaman seksual untuk yang pertama kalinya sangat penting. Dalam beberapa kasus, selaput dara bisa robek sebelum berhubungan intim. Penggunaan tampon dan olahraga yang kuat dapat merobek selaput dara dan dalam kasus selaput dara yang robek karena kegiatan ini maka pada kebanyakan wanita melakukan operasi.
 
• Revirginasi
Pasangan yang ingin memiliki selaput dara yang direstrukturisasi.

Bagaimana Cara Mendiagnosis Seseorang Sudah Tidak Perawan Lagi?


Prosedur ini umumnya dilakukan dalam 1 jam atau 2 jam dengan bisa melakukan aktifitas seperti biasa kembali. Pemulihan selaput dara dilakukan secara umum dibawah anestesi lokal. Sebelum operasi, pasiennya harus melakukan konsultasi terlebuh dahulu dengan dokter dan melakukan pemeriksaan ginekologis secara menyeluruh.

Selama masa ini harus mengkonsultasikan dengan dokter secara rinci. Keadaan fisiologis vagina secara signifikan mempengaruhi keadaan fisiologis wanita. rekonstruksi struktur vagina dapat mengembalikan perasaan jiwa muda dan sangat berkontribusi pada kehidupan seksual dan peningkatan kepercayaan diri seorang wanita. Dokter melakukan prosedur ini yang melibatkan operasi laser dimana metode lain dengan tekhnik beda radio atau tekhnik bedah lainnya.

Bagaimana Prosedur Operasi Keperawanan Dilakukan?


Keperawanan adalah selaput kulit seperti cincin yang berada di sebagian bawah vagina. Menandakan dimana tempat vulvovaginal bergabung dengan saluran dari atas kemudian melubangi untuk membentuk vagina. Saat melakukan hubungan seksual untuk yang pertama kalinya dapat merobeknya dan paling sering adanya perdarahan saat robek.

Prosedur ini dilakukan setelah menggunakan anestesi lokal untuk jaringan dan untuk menghentikan pembuluh darah kecil dari perdarahan atau area yang robek yang berarti lapisan atas jaringan dihilangkan. Agar tumbuh kembali secara bersama ketika mendekati jahitan. Pada kebanyakan dokter melakukan perbaikan selaput dara atau perbaikan selaput dara atau permintaan seseorang yang membutuhkan pembedahan karena alasan alin.

Sebagian besar dokter tidak akan melakukan prosedur ini pada wanita yang telah melahirkan. Untuk info lebih jelasnya Anda bisa menghubungi kami di Klinik Utama Gracia dengan nomor 081336361555 atau dengan melakukan konsultasi online seperti dibawah ini. Jangan khawatir mengenai biaya, karena sangat terjangkau.

Baca Juga : Tempat Operasi Keperawanan Dan Alasan Wanita Melakukannya

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Pentingkah operasi mengembalikan keperawanan? Keperawanan adalah lapisan tipis jaringan atau selaput yang biasanya utuh pada wanita dan membentuk penghalang ke pintu masuk vagina. Dalam beberapa budaya sangat penting memiliki keperawanan yang masih utuh. Terkadang diperlukan operasi mengembalikan keperawanan. Perbaikan keperawanan dapat bervariasi dari 1 orang ke orang lainnya. Karena pemeriksaan komprehensif sangat penting. Selama konsultasi dengan dokter, maka dapat mendiskusikan mengenai prosedur ini dan pilihlah perawatan yang terbaik

Pentingnya Keperawanan Pada Setiap Remaja

Dengan melakukan operasi mengembalikan keperawanan dengan berbagai tekhnik bedah. Berbeda dengan prosedur alat kelamin lainnya. Kepentingan simbolis yang terkait dengan keperawanan dalam bersosial. Oleh karena itu keperawanan sangat penting bagi remaja yang belum menikah. Namun banyak yang menjadi penyebab keperawanan sendiri itu hilang. Dan pada kebanyakan wanita menginginkan keperawanannya kembali utuh dengan melakukan operasi keperawanan.

Mengapa Harus Melakukan Operasi Keperawanan?


Biasanya seorang wanita menginginkan operasi keperawanan dengan alasan budan dan agama. Dalam kebanyakan kasus, seseorang akan kehilangan keperawanannya dalam hubungan seksual dan menginginkan mengembalikkannya sebelum menikah. Dalam beberapa kasus, seorang wanita akan kehilangan keperawanannya karena kegiatan non seksual, akan tetapi karena norma-norma agama atau sosial maka harus memperbaikinya. Beberapa orang yang harus melakukan operasi mengembalikan keperawanan adalah:

• Keperawanan yang telah pecah karena hubungan seksual atau kegiatan lainnya.
• Pada wanita yang berusia 18 tahun.
• Pada wanita yang sehat dan tidak menderita penyakit serius apapun.

Pemeriksaan ginekologis juga diperlukan untuk menentukan keperawanan dapat dipulihkan atau tidak.

Baca Juga : Benarkan Operasi Keperawanan Cara Terbaik Kembali Gadis?

 

Faktor Atau Alasan Melakukan Prosedur Ini

Ada banyak alasan mengapa seorang wanita dapat mempertimbangkan untuk menjalani operasi mengembalikan keperawanan, seperti:
 
• Mengenai Budaya Dan Agama
Dalam beberapa budaya, memiliki keperawanan yang utuh sangat signifikan karena bertindak sebagai penanda kesucian seorang wanita. Entah selama aktifitas seksual atau sebaliknya. Keperawanan bisa robek. Dengan melakukan prosedur ini adalah cara untuk membuktikan keperawanan dan kesucian.
 
• Penyembuhan Psikologis
Jika menderita pemerkosaan atau pelecehan seksual, biasanya keperawaannya robek. Sebagai cara untuk memperbaiki kerusakan psikologis dari pelecehan semacam ini, beberapa wanita memilih untuk menjalani operasi untuk mengembalikan baik secara fisik maupun mental sebelum pelecehan.
 
• Cedera Pada Selaput Keperawanan
Bagi beberapa wanita, awalnya memiliki keperawanan yang utuh dan robek saat pengalaman seksual untuk yang pertama kalinya. Dalam beberapa kasus, keperawanan bisa robek sebelum hubungan intim. Penggunaan tampon dan olahraga yang kuat dapat merobek keperawanan dan dalam kasus keperawanan yang robek karena kegiatan ini bisa direkomendasikan pembedahan atau operasi.
 
• Revirginasi
Ketika seorang wanita memulai hubungan dengan pasangan baru akan tetapi telah merobek keperawanannya selama hubungan seksual. Wanita tersebut menginginkan agar keperawananya direstrukturisasi.

Beberapa Komplikasi Yang Dapat Terjadi


Meskipun adanya komplikasi setelah rekonstruksi keperawanan jarang terjadi, namun jika terjadi sebagai berikut ini:

• Perdarahan
Jika terjadi perdarahan maka memerlukan transfusi darah. Gumpalan darah dapat terbentuk dibawah kulit dan membutuhkan drainase.

• Infeksi
Jarang terjadi akan tetapi dapat terjadi dan pengobatan dengan antibiotik atau drainase kemungkinan diperlukan. Dalam kasus yang jarang terjadi, pembedahan kemungkinan diperlukan untuk infeksi yang parah.

• Jaringan Parut
Jarang terjadi karena ukuran sayatan yang digunakan kecil akan tetapi pembentukan jaringan parut kemungkinan terjadi.

• Trombosit Vena Dalam
Emboli paru dan emboli lemak dapat terjadu. Dan jika tidak segera diobati maka bisa berakibat fatal.

Berbagai Operasi Mengembalikan Keperawanan Dilakukan


Memperbaiki keperawanan adalah prosedur yang sangat sederhana dengan jahitan internal. Prosedur ini dibawah anesteri lokal. Vaginaplasty adalah operasi yang lebih besar, dimana sayatan dibuat di membran vagina dan ke 2 nya ditarik dan dijahit secara bersamaan.Prosedur ini dilakukan dengan pengobatan intravena.

Operasi ini dengan jahitan yang bisa dilarutkan atau digunakan. Dalam pembedahan dilakukan secara teliti dan rapi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai prosedur ini Anda bisa menghubungi kami di Klinik Utama Gracia dengan nomor 081336361555 atau dengan melakukan konsultasi melalui layanan online dibawah ini.

Baca Juga : Tempat Operasi Keperawanan Dan Alasan Wanita Melakukannya

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Apa obat radang panggul yang ampuh untuk diterapkan? Radang panggul adalah infeksi pada sistem reproduksi wanita. Ini biasanya disebabkan oleh infeksi menular seksual (IMS). Jika memiliki penyakit ini kemungkinan besar dokter menyarankan pengobatan antibiotik akan tetapi terkadang harus melakukan pengobatan dengan obat radang panggul yang ampuh secara rutin dan efektif.

Fakta Mengenai Radang Panggul Wanita

Radang panggul mengacu pada infeksi rahim, saluran tuba (tabung yang membawa telur dari ovarium ke rahim) dan organ reproduksi lainnya yang menyebabkan gejala seperti sakit perut bagian bawah. Ini adalah salah satu komplikasi serius dari beberapa penyakit menular seksual (PMS), terutama klamidia dan gonore (kencing nanah).
 
Radang panggul dapat merusak tuba fallopi dan jaringan di dalam dan di dekat rahim dan ovarium. Radang panggul dapat menyebabkan konsekunesi serius termasuk infertilitas atau kemandulan, kehamilan ektopik (kehamilan di tuba fallopi atau di area lain di luar rahim), pembentukan abses dan nyeri panggul (pelvic) kronis.

Ketahui Penyebab Radang Panggul


Radang panggul disebabkan oleh hubungan seks vaginal dengan pasangan yang terinfeksi gonore (kencing nanah) atau Chlamydia. Semakin banyak pasangan seksual yang dimiliki oleh seorang wanita, maka semakin besar risiko radang panggul. Radang panggul adalah perkembangan umum dari infeksi baik klamidia, gonore (kencing nanah) atau dalam kasus yang sangat jarang terjadi yaitu bakteri vaginosis.

Baca Juga : Beberapa Resiko Radang Panggul Yang Harus Diketahui

 

Beberapa Gejala Yang Mempengaruhi Radang Panggul

Gejala radang panggul bisa parah, bisa ringan atau bahkan tidak ada gejala sama sekali. Gejala yang paling umum termasuk:
 
• Terasa nyeri di panggul (pelvic).
• Cairan yang keluar dari vagina dengan bau yang tidak sedap.
• Demam dan menggigil.
• Mual dan muntah.
• Terasa nyeri saat berhubungan seksual.
• Terasa nyeri tumpul atau nyeri di perut bagian bawah.
• Perdarahan diantara periode menstruasi.
• Bertambahnya dan berubahnya keputihan.
• Terasa sakit saat berhubungan seksual.
 
Sangat mungkin bagi wanita untuk memiliki radang panggul dan tidak menunjukkan adanya gejala (tanpa gejala) atau gejalanya yang terlalu ringan untuk diketahui dan periode waktu yang tidak diketahui. Radang panggul dapat salah didiagnosis sebagai apendisitis, kehamilan ektopik, kista ovarium pecah atau masalah lainnya.

Bagaimana Diagnosis Untuk Radang Panggul?


Radang panggul sulit didiagnosis karena gejalanya sering terjadi ringan dan banyak kasus tidak terdeteksi. Tidak ada tes atau pengujian khusus untuk radang panggul yang kemungkinan akan dilakukan oleh dokter dengan kultur serviks (leher rahim) untuk menguji klamidia dan gonore (kencing nanah). USG atau kemungkinan operasi kemungkinan diperlukan untuk mendiagnosis radang panggul. Jika diagnosisnya tidak pasti, prosedur lain dapat dilakukan termasuk:

• Laparoskopi
Alat yang dimasukkan melalui sayatan kecl di pusar atau tepat dibawahnya untuk melihat organ panggul (pelvic).

• Ultrasound
Alat yang digerakkan diatas perut atau diletakkan di dalam vagina. Ultrasonografi dapat membantu dokter melihat tuba fallopi membengkak atau adanya abses yang merupakan kumpulan cairan yang terinfeksi.

Penanganan Dengan Obat Radang Panggul Yang Ampuh Dan Tepat


Bakteri yang menyebabkan radang panggul dapat diobati dengan obat radang panggul yang ampuh dan disembuhkan dengan pengobatan antibiotik atau dengan obat radang panggul yang ampuh yang diberikan secara oral atau secara intravena. Krusakan yang disebabkan oleh jaringan parut dari radang panggul kemungkinan tidak dapat dikembalikkan.

Sebagian besar wanita dengan radang panggul harus melakukan pengobatan dengan obat radang panggul yang ampuh dengan tepat. Beberapa jenis pengobatan antibiotik dan obat radang panggul yang ampuh dapat menyembuhkan radang panggul. Namun pengobatan antibiotik tidak dapat membalikkan bekas luka yang telah disebabkan oleh infeksi.

Semua wanita sangat penting untuk melakukan pengobatan sesegera mungkin jika memiliki nyeri panggul (pelvic) atau gejala radang panggul lainnya. Pengobatan antibiotik yang tepat dapat mencegah kerusakan parah pada organ reproduksi. Semakin lama semua wanita menunda pengobatan untuk radang panggul, maka semakin besar kemungkinan akan menjadi mandul atau infertil dan memiliki kehamilan ektopik dimasa yang akan datang karena kerusakan pada saluran tuba.

Pengobatan ini bisa ditangani hanya di Klinik Utama Gracia. Salah satu pengobatan yang sangat aman dan terpercaya hanya di Klinik Utama Gracia. Percayakan pengobatan radang panggul Anda hanya di Klinik Utama Gracia. Hubungi segera kami di 081336361555 atau bisa dengan layanan konsultasi online dibawah ini.

Baca Juga : Penyakit Radang Panggul Parah Pada Wanita

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Sistitis akut adalah infeksi kandung kemih atau saluran kemih bagian bawah. Akut berarti infeksi muncul secara tiba-tiba. Sistitis adalah radang kandung kemih. Sistitis ini yang disebabkan oleh infeksi. Jika mengalami sistitis ini segera lakukan konsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan secepatnya.

Apa Pengertian Sistitis?

Sistitis akut adalah peradangan mendadak pada kandung kemih. Sebagian besar infeksi bakteri ini adalah penyebab utamanya. Infeksi ini bisa disebut juga dengan infeksi saluran kemih (ISK). Produk-produk kebersihan juga dapat mengiritasi nya, komplikasi penyakit tertentu atau dari reaksi terhadap obat-obatan tertentu juga dapat menyebabkan sistitis ini. Pengobatan untuk sistitis karena infeksi bakteri melibatkan pengobatan antibiotik. Pengobatan untuk sistitis tidak menular tergantung pada penyebab yang mendasarinya.

Penyebab Utama Sistitis Pada Wanita


Sistitis akut disebabkan oleh kuman dan yang paling sering adalah bakteri. Kuman-kuman ini dapat memasuki uretra dan kemdian ke kandung kemih serta dapat menyebabkan infeksi. Infeksi ini biasanya dapat berkembang di kandung kemih dan juga bisa menyebar atau menular ke ginjal. Sebagian besar, tubuh dapat menyingkirkan bakteri ini saat kencing.

Akan tetapi, bakteri dapat menempel pada dinding uretra atau kandung kemih dan tumbuh begitu cepat sehingga beberapa bakteri ini akan tetap berada di dalam kandung kemih. Wanita cenderung mendapatkan infeksi lebih sering daripada pria. Ini terjadi karena uretra wanita lebih pendek dan lebih dekat ke anus. Wanita lebih mungkin mendapatkan infeksi setelah melakukan hubungan seksual. Wanita yang menggunakan diafragma untuk kontrasepsi juga bisa menjadi penyebabnya. Menopause juga dapat meningkatkan riisko infeksi saluran kemih (ISK).

Baca Juga : Alasan Munculnya Sistitis Pada Wanita

 

Apa Saja Gejala Sistitis Akut?

Gejala-gejala sistitis bisa muncul secara tiba-tiba dan bisa sangat tidak nyaman. Gejala yang paling umumnya bisa termasuk:
 
• Keinginan yang kuat untuk kencing bahkan setelah mengosongkan kandung kemih yang disebut frekuensi dan urgensi.
• Sensasi yang menyakitkan atau terasa terbakar saat kencing yang disebut disuria.
• Urine yang berbau busuk atau berbau tajam.
• Urine keruh.
• Sensasi tekanan, kepenuhan kandung kemih atau kram di tengah perut bagian bawah atau punggung.
• Demam ringan.
• Menggigil.
• Adanya darah dalam urine (hematuria).

Bagaimana Cara Mendiagnosis Sistitis?


Dokter menanyakan mengenai gejala dan riwayat kesehatan. Selalu pastikan untuk mengkonsultasikan ketika gejalanya muncul dan hal-hal yang dapat memperburuknya. Selain itu jika sedang hamil bisa direkomendasikan dengan pengobatan lain. Dokter dapat merekomendasikan beberapa tes atau pengujian tertentu termasuk:

• Urinalisis
Jika mencurigai adanya infeksi, kemungkinan sampel urine digunakan untuk menguji keberadaan bakteri, produk limbah bakteri atau sel darah. Tes atau pengujian lain yang disebut biakan urine kemungkinan di analisis di laboratorium untuk mengindentifikasi jenis bakteri yang menyebabkan infeksi.

• Sistoskopi
Dokter akan memasukkan tabung tipis yang disebut Cystoscope ke dalam kandung kemih melalui uretra untuk melihat saluran kemih untuk tanda-tanda peradangan.

• Tes Atau Pengujian Lain
Jenis tes atau pengujian ini biasanya tidak diperlukan akan tetapi jika tidak diketahui apa penyebab gejalanya, tes atau pengujian ini direkomendasikan. Tes atau pengujian X-ray atau ultrasound yang dapat membantu melihat adanya tumor atau kelainan struktural lainnya yang dapat menyebabkan peradangan.

Pengobatan Umum Untuk Sistitis Akut


Pengobatan melibatkan serangkaian antibiotik selama 3 hari hingga 7 hari jika sistitis akut disebabkan oleh infeksi bakteri dan itu bukan infeksi saluran kemih (ISK) berulang yang kemungkinan memerlukan perjalanan yang lebih lama. Gejala-gejalanya kemungkinan muncul dan hilang dalam 1 hari hingga 2 hari akan tetapi harus tetap menjalankan pengobatan antibiotik untuk jangka waktu yang lama yang telah diresepkan oleh dokter.

Sangat penting untuk memastikan infeksinya benar-benar hilang sehingga tidak kambuh kembali. Dokter kemungkinan juga meresepkan pengobatan pereda nyeri saluran kemih selama beberapa hari pertama untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan saat pengobatan antibiotik dilakukan. Pengobatan untuk jenis sistitis akut ini tidak menular dan tergantung pada penyebab pastinya.

Jika memiliki alergi terhadap bahan kimia atau produk tertentu, pengobatan terbaik adalah dengan menghindari produk-produk yang membuat alergi sama sekali. Dan menjauhkan obat-obatan yang tersedia untuk mengobati sistitis yang disebabkan oleh kemoterapi atau radiasi. Semua pengobatan ini bisa didapatkan di Klinik Utama Gracia dengan menghubungi kami di 081336361555 atau layanan dibawah ini.

Baca Juga : Sistitis Adalah Peradangan Kandung Kemih

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.