User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Keputihan cair bening adalah cairan yang mengalir melalui vagina agar tetap bersih dan lembab dan untuk mencegah infeksi. Kotoran yang sehat biasanya seperti lendir dan tidak berbau. Kondisi ini kemungkinan bening atau putih susu. Dalam beberapa kasus, bisa lengket dan memiliki tekstur lebih tebal. Karakteristik ini dapat berubah sesuai dengan fase siklus menstruasi. Namun jika cairannya tiba-tiba mengeluarkan bau, warna atau tekstur yang tidak biasa ini dapat menandakan infeksi. Terutama jika iritasi vagina atau vulva, nyeri atau terasa gatal menyertai keluarnya cairan.

Fakta Dari Keputihan Cair Bening?

Keputihan cair bening terkadang adalah hal yang normal dan merupakan cara agar vagina tetap bersih dan bebas dari infeksi. Ini adalah kondisi yang normal hingga waktu 6 bulan sampai 1 tahun sebelum mengalami menstruasi yang berlanjut hingga menopause. Kondisi ini tidak normal jika warnanya tidak biasa (bukan putih, bening atau kuning), berbau tidak sedap, adanya gumpalan atau disertai rasa sakit, terasa gatal atau terbakar. Kondisi normal terlihat seperti putih telur, air atau susu dan memiliki bau yang ringan. Jumlah dan jenisnya bervariasi sepanjang siklus menstruasi dengan perubahan kadar hormon.

Apa Yang Menyebabkan Keputihan?


Ada beberapa alasan mengalami keputihan cair bening yang jelas dan berair. Beberapa yang paling umum untuk diperhatikan meliputi:

• Ovulasi.
• Kehamilan.
• Gairah seksual.
• Mati haid.
• KB yang baru.
• Infeksi ragi.
• Bacterial Vaginosis (BV).
• Sebelum pubertas.

Baca Juga : Atasi Tanda Dan Gejala Keputihan Berbahaya

 

Selain Keputihan Cair Bening, Apalagi Tanda Tandanya?

Keputihan dapat bervariasi dalam warna dari jernih ke abu-abu, kuning, kehijauan atau putih susu dan kemungkinan memiliki bau yang tidak menyenangkan. Gejala dan karakter keputihan tergantung pada kondisi spesifik yang menjadi penyebab keputihan.
 
• Bacterial Vaginosis (BV)
Tidak semua wanita dengan Bacterial Vaginosis (BV) akan memiliki gejala, akan tetapi Bacterial Vaginosis (BV) biasanya menghasilkan cairan yang tipis dan berwarna putih ke abu-abuan. Biasanya disertai dengan bau amis yang busuk.
 
• Trichomonas
Infeksi Trichomonas menghasilkan keputihan berwarna kuning atau hijau pada vagina dengan bau yang kuat. Gejala yang terkait dapat mencakup ketidaknyamanan selama hubungan seksual dan kencing, serta iritasi dan terasa gatal pada area genital wanita.
 
• Chlamydia
Seperti gonore (kencing nanah), infeksi Chlamydia kemungkinan tidak menghasilkan gejala pada kebanyakan wanita. Orang lain kemungkinan mengalami peningkatan keputihan serta gejala infeksi saluran kemih (ISK) jika uretra terlibat.
 
• Infeksi Jamur Vagina
Sebuah infeksi jamur vagina biasanya dikaitkan dengan tekstur tebal, keputihan putih yang kemungkinan memiliki tekstur keju. Debit umumnya tidak berbau. Gejala lain dapat termasuk rasa terbakar, pegal-pegal dan nyeri saat kencing atau hubungan seksual.

Bagaimana Keputihan Didiagnosis Oleh Dokter?


Seteleh meninjau gejala dan riwayat medis, dokter kemungkinan melakukan pemeriksaan panggul (pelvic) yang meliputi pemeriksaan area genital eksternal dan pemasangan spekulum untuk memeriksa dinding vagina dan serviks (leher rahim). Bergantung pada pemeriksaan, dokter mengambil swab keputihan untuk kultur atau pemeriksaan dibawah mikroskop untuk membantu menentukan penyebab keputihan.

Penanganan Keputihan Pada Wanita


Keputihan cair bening yang tidak normal (abnormal) dapat menandakan infeksi vagina dan biasanya vaginosis bakteri, trikomoniasis dan kandidiasis. Kondisi ini dapat diobati dengan cara:

• Pada Bacterial Vaginosis (BV), dokter biasanya akan meresepkan obat-obatan antibiotik.
• Trikomoniasis biasanya diobati dengan antibiotik oral.
• Kandidiasis, dokter merekomendasikan obat-obatan oral atau topikal.

Pengobatan efektif seperti ini bisa Anda dapatkan hanya di Klinik Utama Gracia. Penanganan ditangani langsung oleh dokter ahli. Untuk biaya pun sangat terjangkau, Anda tidak perlu khawatir lagi. Pengobatan di klinik kami sangat mengutamakan kepuasan dan kesembuhan setiap pasiennya. Segera hubungi kami di nomor 081336361555 atau konsultasi dibawah ini.

Baca Juga : Atasi Keputihan Disertai Nyeri Pada Kemaluan

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Gejala keputihan berbahaya bisa menjadi masalah yang memalukan bagi setiap wanita. Keputihan adalah umum saat memiliki lebih banyak keputihan daripada biasanya ketika sedang hamil. Peningkatan hormon dan suplai darah dalam tubuh menyebabkan hal ini terjadi. Menjelang akhir dari kehamilan, ketika kepala bayi menekan serviks (leher rahim), keputihan bisa sangat berat.

Keputihan yang normal biasanya berwarna putih dan bening, tidak berbau dan tidak gatal. Gejala keputihan berbahaya yaitu terdapat cairan pada celana dalam, cairan yang kering dan kemungkinan terlihat kering. Perubahan lain dalam warna atau bau cairan dapat menjadi gejala keputihan berbahaya.

Apa Itu Keputihan Berbahaya?

Masalah umum yang dihadapi oleh banyak wanita dari segala usia di seluruh dunia yaitu keputihan atau suatu kondisi dimana cairan keputihan dikeluarkan dari alat kelamin wanita. adanya perbedaan antara debit reguler dan keputihan. Untuk mempertahankan vagina yang sehat dan mengeluarkan mikroorganisme berbahaya dari vagina atau tubuh mengeluarkan cairan berwarna putih pucat dan tidak berbau. Akan tetapi ketika adanya infeksi pada vagina, keputihan berubah atau berbeda bentuk dari yang awalnya normal dan mengalami gejala keputihan berbahaya.

Apa Yang Menyebabkan Keputihan Berbahaya?


Keputihan bisa disebabkan oleh infeksi bakteri, ragi atau mikroorganisme lainnya seperti:

• Kebersihan yang tidak higienis.
• Gangguan hormonal.
• Konstipasi dan gangguan pencernaan.
• Luka yang disebabkan oleh rasa gatal yang parah.
• Asupan berlebihan makanan yang berat. Berminyak, dingin, manis dan padat.
• Konsumsi terlalu banyak susu, mentega, yogurt dan keju.
• Kegemaran berlebihan dalam aktifitas seksual.
• Aborsi berulang atau keguguran.
• Anemia dan penyakit lain seperti diabetes (kencing manis).
• Ketegangan mental.

Baca Juga : Atasi Keputihan Disertai Nyeri Pada Kemaluan

 

Gejala Keputihan Berbahaya Pada Umumnya

Gejala keputihan berbahaya meliputi:
 
• Keputihan yang tebal dan lengket.
• Terasa gatal, nyeri, terbakar atau iritasi atau kemerahan dari jaringan.
• Terasa nyeri yang dialami di betis dan area lumbar.
• Terasa lesu.
• Terasa lemah.
• Sembelit.
• Sering sakit kepala.

Diagnosis Untuk Keputihan Berbahaya


Dokter biasanya melakukan tes atau pengujian fisik area vagina atau pada area yang cedera. Tes atau pengujian kultur mikrobiologis juga dilakukan untuk mendiagnosis penyebab infeksi yang mendasarinya. Pap smear dan biopsi serviks (leher rahim) untuk memeriksa kanker serviks (leher rahim). Tes atau pengujian darah dan urine untuk mendeteksi infeksi. PH vagina adalah 4.5 dan di naikan pada infeksi bakteri dan trikomoniasis. PCR digunakan untuk menemukan antiogen Trichomonas.

Obati Keputihan Berbahaya Dengan Cepat


Keputihan fisiologis terutama disebabkan karena ketidakseimbangan hormon. Oleh karena itu, pengobatan untuk meningkatkan atau memperbaiki ketidakseimbangan ini akan sangat membantu. Dalam kasus keputihan patologis, antibiotik diresepkan untuk membunuh agen infeksi. Pengobatan untuk keputihan karena vagina lembab dan tertutup setiap saat, maka sangat rentan terhadap infeksi.

Namun bagi kebanyakan wanita mengkonsultasikan dengan dokter mengenai masalahnya mengenai bau busuk yang dirasa sangat memalukan. Pengobatan lainnya dilakukan dengan cara pemberian antibiotik. Obat-obatan yang digunakan harus sesuai dengan resep dokter. Oleh karena itu sangat penting untuk melakukan konsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

Agar dokter bisa menyarankan jenis pemeriksaan, tes atau pengujian dan pengobatan yang berdasarkan dari tingkat keparahan kondisi kesehatan tubuh Anda. Anda bisa melakukan pengobatan untuk keputihan ini di Klinik Utama Gracia. Klinik ini menangani berbagai macam masalah keputihan, baik itu fisiologis maupun patologis. Hanya dengan menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan layanan konsultasi seperti dibawah ini.

Baca Juga : Keputihan Coklat Kental Apakah Berbahaya?

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Keputihan disertai nyeri pada kemaluan adalah cairan yang dibuat oleh kelenjar di dalam vagina dan serviks (leher rahim). Ini membersihkan sel-sel mati dan bakteri serta menjaga vagina tetap bersih dan meminimalkan risiko infeksi. proses ini sangat penting untuk menjaga lingkungan yang sehat dalam sistem reproduksi wanita.

Pengertian Keputihan Pada Umumnya

Keputihan disertai nyeri pada kemaluan biasanya normal. Tergantung pada waktu dalam siklus menstruasi, jumlah, warna dan rona debit dapat bervariasi. Keputihan bervariasi dalam warna dari bening hingga berwarna putih susu. Sementara jika Anda sedang berovulasi, menyusui atau terangsang secara seksual akan memiliki banyak debit juga untuk memperhatikan bau yang berbeda untuk debitnya ketika sedang hamil atau tidak melakukan rutinitas kebersihan yang normal. Keputihan sepanjang menstruasi biasanya normal. Namun ketika bau, warna atau konsistensi tidak biasa terutama ketika disertai dengan rasa terbakar atau terasa gatal di vagina kemungkinan mengalami infeksi atau kondisi lain yang memerlukan pengobatan atau intervensi medis lainnya.

Apa Saja Yang Menyebabkan Keputihan?


Setiap perubahan keseimbangan bakteri di vagina dapat mengubah warna, bau atau tekstur cairan yang keluar. Penyebab umum gangguan keseimbangan bakteri vagina meliputi:

• Infeksi ragi.
• Penggunaan antibiotik atau steroid.
• Vaginitis atau iritasi di dalam atau di sekitar vagina.
• Bakterial Vaginosis, infeksi bakteri pada wanita hamil dan wanita dengan banyak pasangan seksual lebih rentan untuk tertular.
• Atrofi vagina atau penipisan dan pengeringan dinding vagina selama menopause.
• Pil KB.
• Douche, mandi busa dan sabun atau lotion yang beraroma.
• Trikomoniasis atau infeksi parasit paling sering tertular selama hubungan seksual tanpa kondom.
• Chlamydia, gonore (kencing nanah) dan penyakit menular seksual (PMS) lainnya.
• Penyakit radang panggul (PID).
• Infeksi panggul (pelvic) setelah operasi.
• Diabetes (kencing manis).
• Kanker serviks (leher rahim).

Baca Juga : Keputihan Coklat Kental Apakah Berbahaya?

 

Keputihan Disertai Nyeri Pada Kemaluan Dan Gejala Lainnya

Keputihan disertai nyeri pada kemaluan beserta gejala lainnya meliputi:
 
• Terasa gatal atau iritasi.
• Baunya tidak enak.
• Perubahan warna.
• Perdarahan diantara periode.
• Hubungan seksual yang tidak nyaman atau menyakitkan.
• Sakit perut bagian bawah.
 
Ini adalah tanda atau gejala infeksi. Segera lakukan pemeriksaan di area genital dan tes atau pengujian untuk mengetahui diagnosisnya.

Bagaimana Keputihan Disertai Nyeri Pada Kemaluan Itu Didiagnosis?


Dengan melakukan pemeriksaan fisik termasuk pemeriksaan genitalia eksternal, pemeriksaan spekulum serviks (leher rahim) dan pemeriksaan vagina dan palpasi bimanual. Khususnya pemeriksaan karakteristik keputihan seperti warnanya tipis atau tebal, volume dan bau nya, maupun dari penyakit lain seperti servicitis, vaginitis, vulvitis, ulserasi, infeksi saluran genital atas dan penyakit radang panggul (PID).

Obat-Obatan Untuk Keputihan Pada Wanita


Pengobatan debit keputihan disertai nyeri pada kemaluan direkomendasikan tergantung pada kondisi yang ada. Obat-obatan antijamur digunakan untuk mengobati infeksi jamur, sementara obat-obatan antibiotik digunakan untuk mengobati vaginosis bakteri. Usahakan untuk menjaga kebersihan vagina dan membatasi risiko infeksi dan masalah lain yang dapat menyebabkan keputihan yang tidak normal (abnormal).

• Selalu mencuci vagina setiap hari dengan air hangat atau air panas dan sabun yang lembut.
• Usahakan hindari produk douche, sabun pewangi, spray vagina dan mandi busa.
• Selalu bersihkan dari depan ke belakang saat setelah BAK atau BAB untuk menghindari masuknya bakteri ke dalam vagina yang dapat menyebabkan infeksi.
• Kenakan pakaian berbahan katun.
• Batasi pemakaian pakaian yang terlalu ketat.

Jika mengalami keputihan yang signifikan atau adanya perubahan dalam keputihan atau keputihan yang memilki bau atau warna yang tidak biasa, maka segera lakukan konsultasi dengan dokter agar dilakukan pemeriksaan lebih lanjut. Setelah itu disarankan melakukan berbagai macam tes atau pengujian untuk mengetahui hasil dari diagnosis yang nantinya akan ditentukan pengobatan yang tepat.

Rekomendasi tempat pengobatan yang sangat terpercaya hanya ada di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani keputihan. Sangat tepercaya dengan pengobatan yang berstandar nasional dan biaya yang sangat terjangkau. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan menggunakan layanan konsultasi online seperti dibawah ini.

Baca Juga : Bahaya Atau Tidak Keputihan Seperti Susu?

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Keputihan adalah suatu kondisi dimana wanita mengalami keputihan putih, keputihan kuning, keputihan coklat kental dan tebal dari vagina. Meskipun keputihan sangat penting untuk menjaga kesehatan genital, perubahan dalam keputihan membutuhkan bantuan medis untuk mencegah infeksi. Sekresi vagina adalah mengeluarkan bakteri berbahaya dan organisme lain dari tubuh. Sekresi normal vagina jelas dan tidak berbau sedangkan keputihan sering kental dan tebal diserta dengan bau busuk. Keputihan umumnya terdiri dari 2 jenis yaitu fisiologis dan patologis.

Keputihan Coklat Kental Yang Dialami

Keputihan adalah pengeluaran cairan berlebihan yang tebal, kekuningan, lengket, berbau dari vagina. Masalah umum ini dapat terjadi karena kondisi yang tidak higienis, infeksi saluran genital atau gangguan fungsi kekebalan tubuh. Keputihan umumnya berlanjut selama beberapa minggu atau bulan berturut-turut dan membutuhkan pengobatan secara terus menerus yang diperlukan untuk mencegahnya agar tidak menjadi masalah yang kronis.

Apa Penyebab Keputihan Coklat Kental?


Ada beberapa penyebab keputihan coklat kental, meliputi:

1. Infeksi

• Dari Jamur
Candida Albicans dapat dengan mudah berkembang dalam keadaan lembab dan umumnya dari pakaian berbahan sintetis dan kondisi higienis yang buruk.

• Dari Parasit
Protozoa, Trichomonas Vaginalis menyebabkan Trichomoniasis yang menyebar biasanya melalui hubungan seksual dan pakaian yang lembab.

• Dari Bakteri
Gardnerella Vaginalis dan klamidia adalah penyebab utama infeksi bakteri. Ini juga sering terlihat pada penyakit kelamin seperti gonore (kencing nanah), sipilis (raja singa) dan AIDS.

2. Cedera

Cedera pada vagina atau serviks (leher rahim) atau rahim selama persalinan, aborsi atau kesenangan seksual yang berlebihan dapat menyebabkan erosi dan infeksi dengan keluarnya cairan.

3. Kondisi Higienis Yang Buruk

Langkah-langkah non higienis terutama selama periode dapat membuat infeksi dan menyebabkan keputihan.

4. Diabetes (Kencing Manis) Dan Anemia

Dapat memicu infeksi karena kekebalan yang melemah diantara banyak wanita.

5. Iritasi Alat Kontrasepsi

Jika iritasi berlanjut pada alat kontrasepsi dalam rahim dapat menyebabkan rasa sakit dan keputihan.

6. Spray

Digunakan oleh pria untuk tindakan seksual dan untuk membunuh sperma untuk menghindari pembuahan dapat mengganggu dan munculnya proses infeksi.

Baca Juga : Bahaya Atau Tidak Keputihan Seperti Susu?

 

Gejala Dari Pada Keputihan Coklat Kental

Sebagian besar tidak adanya gejala. Namun debit kental dan berwarna gelap atau bahkan berdarah dengan bau busuk sering terjadi. Dalam beberapa kasus, gejala yang menyertainya adalah:
 
o Nyeri perut bagian bawah.
o Tindakan seksual yang menyakitkan.
o Sakit punggung dan sakit di kaki terutama otot paha dan betis.
o Terasa gatal yang hebat dengan edema vagina.
o Nyeri dan terbakar di saluran genital.
o Seringnya kencing.
o Lekas marah dan kurangnya konsentrasi dalam pekerjaan karena pembuangan keputihan.
o Gangguan pencernaan seperti sembelit atau diare dan muntah.
o Kelelahan umum karena hilangnya cairan vital saat keputihan.
o Nyeri dan kering.
o Bau yang kuat atau keputihan yang berbusa.
o Debit berwarna gelap.
o Ruam atau bintik-bintik sakit pada alat kelamin.

Keputihan Coklat Kental Dan Cara Mendiagnosisnya


Keputihan umumnya ditemukan sebagai hormon . Sebagian besar dapat dengan mudah dibedakan sebagai keputihan fisiologis atau patologis dengan pemeriksaan fisik. Sangat penting untuk mengidentifikasi peradangan dan membantu mengindentifikasi serta mengkonfirmasi jenis infeksi. Terkadang tes atau pengujian darah kemungkinan direkomendasikan oleh dokter. Tes atau pengujian darah secara rutin memberikan gambaran mengenai infeksi. Tes atau pengujian urine juga merupakah keharusan untuk menyingkirkan penyebaran infeksi.

Bagaimana Cara Mengobati Keputihan Coklat Kental?


Jika mengalami salah satu gejala yang khas keputihan maka segera lakukan konsultasi dengan dokter. Setiap jenis keputihan memiliki gejalanya. Namun dokter dapat menentukan mengenai keputihan atau penyakit menular seksual (PMS). Harus mengkonsultasikan dengan dokter dan buang jauh-jauh rasa malu.

Yang harus diketahui adalah warna, bau dan konsistensi keputihan yang Anda miliki, gejala lain, aktifitas seksual dan siklus menstruasi. Selain itu pemeriksaan fisik termasuk pemeriksaan panggul (pelvic). Dalam banyak kasus, keputihan dapat didiagnosis dengan pemeriksaan fisik. Untuk mendeteksi masalahnya. Dokter akan menyarankan berbagai tes atau pengujian lain.

Misalnya gesekan dari serviks (leher rahim) dapat diambil untuk memeriksa kanker serviks (leher rahim) atau HPV (Human Papilloma Virus). Hasil dari beberapa tes ini di analisis dibawah mikroskop untuk mengidentifikasi infeksi. Setelah penyebabnya diketahui maka pemilihan pengobatan bisa disarankan.

Berbagai pengobatan untuk keputihan tersedia di Klinik Utama Gracia. Klinik terbaik satu-satunya di Jakarta Indonesia. Selain biaya pengobatannya yang terjangkau, proses pengobatannya berstandar nasional. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 untuk mendaftarkan atau menjadwalkan pengobatan Anda. Selain itu bisa dengan layanan konsultasi kami seperti dibawah ini.

Baca Juga : Atasi Keputihan Menggumpal Pada Wanita

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.

User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive

Bau badan yang sangat kuat bisa menjadi sumber rasa malu yang luar biasa bagi seseorang dan sangat merusak kepercayaan diri. Oleh karena itu, dengan mengatasi bau badan dapat membantu meringankan kondisinya. Seseorang yang sadar ketika memiliki masalah bau badan cenderung menghindari atau meminimalkan interaksi sosial dan kontak dengan orang lain, baik kehidupan pribadi maupun yang lainnya. Meskipun masalah bau badan kemungkinan tidak mengancam jiwa dan tampaknya tidak berbahaya, implikasi dari kondisi ini jauh lebih penting.

Fakta Unik Mengenai Bau Badan

Berkeringat dan bau badan adalah fakta kehidupan bagi kebanyakan orang. Keringat dan bau badan bisa terjadi ketika berolahraga, ketika terlalu panas dan ketika gugup, cemas atau dibawah tekanan. Tubuh memiliki 2 jenis kelenjar keringat utama dan menghasilkan 2 jenis keringat yang sangat berbeda. Ke 2 jenis ini tidak berbau, akan tetapi jenis keringat yang diproduksi di ketiak dan di selangkangan berbau tidak sedap ketika dikombinasikan dengan bakteri yang biasanya ditemukan di kulit.
 
Perubahan yang tidak biasa dalam berkeringat, baik keringat berlebih (hiperhidrosis) atau keringat sedikit atau tanpa keringat (anhidrosis) dapat menjadi penyebab kekhawatiran. Perubahan bau badan kemungkinan merupakan tanda dari masalah medis. Gaya hidup dan pengobatan biasanya dapat menangani gejala yang disebabkan oleh keringat normal dan bau badan secara efektif.

Apa Yang Menyebabkan Bau Badan?


Selama masa pubertas, kelenjar keringat menjadi jauh lebih aktif daripada ketika masih anak-anak. Kemungkinan harus memperhatikan bahwa lebih banyak berkeringat daripada saat masih anak-anak terutama di ketiak, pangkal paha, bagian bawah kaki dan telapak tangan. Ketika bersentuhan dengan bakteri pada kulit itu dapat menyebabkan bau badan.

Baca Juga : Begini Cara Mengatasi Bau Badan Yang Benar

 

Apa Saja Hal Yang Membuat Cenderung Bau Badan?

Selain kelenjar apoccrine dan bakteri yang mengacaukan keringat, ada beberapa hal yang dapat membuat lebih cenderung mengembangkan bau badan.
 
• Kelebihan Berat Badan (Kegemukan Atau Obesitas)
Lipatan kulit dapat menahan keringat dan bakteri menjadikan tempat lebih ramah untuk menghasilkan bau badan.
 
• Makan Makanan Pedas
Sebenarnya tidak membuat keringat menjadi bau, akan tetapi aroma makanan yang menyengat dapat meresap melalui kulit dan membuat bau badan tampak buruk.
 
• Keringat Berlebihan
Suatu kondisi seperti hiperhidrosis dapat menyebabkan banyak keringat seperti halnya menopause. Dan beberapa orang secara alami lebih banyak berkeringat daripada yang lain.
 
• Kondisi Medis Tertentu
Diabetes (kencing manis), masalah ginjal atau hati, tiroid yang terlalu aktif dan kondisi genetik dapat menyebabkan perubahan aroma tubuh normal. Dalam beberapa kasus, bau badan yang aneh bisa menjadi tanda sesuatu yang lebih serius. Misalnya bau seperti pemutih atau seperti air seni bisa berarti masalah ginjal atau hati. Jika melihat adanya perubahan aneh pada tubuh normal, atau merasa ada sesuatu yang tidak beres maka segera lakukan konsultasi dengan dokter.
 
• Stress
Dapat menyebabkan kelenjar apoccrine bekerja, ini adalah kelenjar yang menyebabkan keringat berbau.
 
• Genetika
Beberapa orang lebih rentan terhadap bau badan daripada orang lain.

Bau Badan Dan Cara Mendiagnosisnya


Berkeringat adalah cara alami tubuh untuk mendinginkan diri. Berkeringat dalam cuaca panas ketika berolahraga dan ketika cukup gugup, stress atau bersemangat. Tidak ada yang dapat dilakukan untuk mengehentikan tubuh dari keringat, akan tetapi ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk menjaga kebersihan dan aroma segar.

Jika tidak terlalu banyak berkeringat, jika cuacanya sedang dan tidak aktif, tidak gugup, bersemnagat atau stress maka konsultasikan dengan dokter. Hyperhidrosis biasanya merupakan kondisi yang tidak berbahaya, akan tetapi terkadang disebabkan oleh tidroid yang terlalu aktif. Jadi sangat penting untuk segera melakukan konsultasi dengan dokter jika terlalu banyak berkeringat agar cepat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Mengatasi Bau Badan Yang Membandel


Bagaimana mengatasi bau badan berlebih? Jika khawatir mengenai keringat atau bau badan, mengatasi bau badan kemungkinan selusi yang sederhana dengan antiperspiran dan deodoran.

• Obat-Obatan
Mengandung senyawa berbasis aluminium yang menghilangkan pori-pori keringat sehingga mengurangi jumlah keringat yang mencapai kulit.

• Deodoran
Dapat menghilangkan bau akan tetapi tidak keringat. Biasanya berbasis alkohol dan mengubah kulit menjadi asam dan membuatnya jauh dari bakteri. Deodoran mengandung wewangian parfum yang dimaksudkan untuk menutupi bau.

Jika obat-obatan tidak membantu mengendalikan keringat, doker kemungkinan akan meresepkan pengobatan lain. Resep obat-obatan adalah solusi mengatasi bau badan paling kuat yang dapat menyebabkan kulit merah, bengkak dan gatal pada sebagian orang. Jika iritasi berkembang maka segera lakukan pemeriksaan dengan dokter.

Mengatasi bau badan yang paling ampuh hanya ada di Klinik Utama Gracia. Klinik yang sangat terpercaya dalam mengatasi bau badan. Mengatasi bau badan tidak hanya dengan pengobatan yang dilakukan dirumah, namun jika kondisinya memburuk memerlukan pengobatan medis juga. Klinik kami sangat mudah untuk diakses. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan konsultasi online dibawah ini.

Baca Juga : Alami Bau Badan Yang Tidak Sedap

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.