User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kemandulan merupakan hal yang tidak diinginkan oleh setiap orang. Baik itu pria maupun wanita. Kemandulan bisa disebabkan oleh beberapa faktor, termasuk penyebab kemandulan pada pria. Karena kemandulan tidak hanya menyerang wanita, pria pun sangat rentang terhadap kemandulan.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan seorang pria mengalami kemandulan. Faktor-faktor tersebut hampir dialami oleh pria. Namun ada juga faktor lain yang menyebabkan seorang pria mengalami kemandulan, seperti penyakit kelamin.

Banyak pria yang tidak menyadari akan hal ini, mereka selalu merasa bahwa kemandulan bukan terjadi pada dirinya. Melainkan dari pasangannya, tetapi ada baiknya anda dan pasangan anda untuk melakukan pemeriksaan agar mengetahui kemandulan yang terjadi pada anda.

Namun banyak lelaki yang menyangka bahwa dirinya mengalami ketidaksuburan. Karena ketidaksuburan dan kemandulan adalah hal yang berbeda. Kemandulan terjadi beberapa faktor dan sulit untuk diatasi tetapi jika ketidaksuburan masih bisa diatasi.

Kemandulan adalah ketika sel sperma tidak dapat membuahi sel telur wanita. Berbagai penyebab kemandulan bisa saja dialami oleh pria. Jika hal ini terjadi pada anda, maka sudah seharusnya segera melakukan pemeriksaan sebelum terlambat.

Banyak laki-laki yang enggan melakukan pemeriksaan kemandulan untuk mengetahui penyebab kemandulannya. Mereka merasa malu jika hal itu diperiksakan. Beberapa hal yang bisa menyebabkan seorang laki-laki mandul.

Penyebab Kemandulan Pada Pria

Ejakulasi Dini

Ejakulasi dini adalah salah satu hal yang cukup disebalkan oleh pria. Ejakulasi dini terjadi ketika penis pria tidak bisa menahan keluarnya sperma, sehingga sperma terlalu cepat keluar sebelum pada waktunya. Dan ejakulasi dini menyebabkan seorang pria mengalami kemandulan.

Kerusakan Saluran Sperma

Beberapa pria mengalami masalah pada saluran spermanya. Hal ini menyebabkan sperma keluar menjadi bermasalah. Hal ini juga menjadi salah satu masalah yang sering dialami oleh pria terkait kemandulan.

Masalah Hormon

Banyak laki-laki yang memiliki permasalahan pada hormon mereka. Sehingga hal ini menjadi salah satu kemandulan pada pria. Hormon ini memiliki fungsi untuk memproduksi testoteron dan spermatogenesis sehingga gangguan hormon akan menganggu produksi kedua zat tersebut.

Impotensi

Impotensi menjadi salah satu menyebabkan kemandulan pada laki-laki. Banyak faktor yang menyebabkan pria mengalami impotensi. Ini disebabkan oleh penis yang tidak dapat bertahan dalam kondisi ereksi yang cukup lama. Banyak hal yang menyebabkan laki-laki mengalami impotensi. Dan jika tidak diatasi hal ini dapat menyebabkan kemandulan pada pria.

Kanker

Penyebab kemandulan pada pria adalah kanker. Penyakit kanker dapat menyebabkan seorang laki-laki mengalami kemandulan. Karena kanker bisa menyebabkan gangguan pada hormone reproduksi. Terkadang penyebab kemandulan dari kanker karena konsumsi obat-obatan.

Diabetes

Diabetes merupakan penyakit yang menyebabkan kadar gula darah meningkat. Diabetes dapat menyebabkan seorang pria mengalami kemandulan. Untuk itu anda harus bisa menjaga diri agar terhindar dari diabetes, sehingga kemandulan pun tidak terjadi pada anda.

Itulah beberapa penyebab kemandulan pada pria. Namun masih ada beberapa faktor lain yang menyebabkan kemandulan pada pria. Tentunya itu tergantung bagaimana si pria tersebut menjaga kesehatan organ reproduksinya. Jika mereka tidak menjaga kesehatan organ reproduksinya maka, kemandulan akan selalu membayangi mereka.

Ada beberapa faktor lain yang menyebabkan seorang pria mengalami kemandulan. Tentunya faktor ini berkaitan dengan gaya hidup anda selama ini.

  • Usia, bertambahnya usia akan sangat mempengaruhi tingkat kesuburan pada diri anda.
  • Merokok, merokok bisa menyebabkan masalah pada organ reproduksi anda sehingga menyebabkan kemandulan
  • Alkohol, terlalu sering dan berlebihan dalam mengkonsumsi minuman beralkohol dapat membuat anda mengalami kemandulan
  • Memakai pakaian dalam ketat, jangan terlalu sering menggunakan pakaian dalam yang terlalu ketat.

Kemandulan bisa terdeteksi jika anda sudah sering menikah dan aktif dalam melakukan hubungan seksual dengan pasangan anda. Jika dalam waktu setahun setelah anda melakukan hubungan seksual dan tidak ada tanda kehamilan pada pasangan anda, maka bisa jadi anda mengalami kemandulan. Untuk itu cobalah konsultasikan hal ini kepada dokter anda agar bisa mendapatkan penanganan dan pengobatan yang tepat untuk anda. Anda bisa melakukan konsultasi langsung di Klinik Utama Gracia.