User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Pada kebanyakan kasus, ejakulasi dini selain banyak terjadi pada pria dewasa (karena faktor usia), namun banyak juga yang terjadi pada pria muda (remaja). Lalu apa penyebab ejakulasi dini di usia muda? Ejakulasi adalah pelepasan semen dari penis saat orgasme (klimaks seksual). Ketika seorang pria dirangsang secara seksual, otak mengirimkan sinyal ke area genital melalui saraf ke sumsum tulang belakang untuk membuat otot-otot panggul (pelvic) berkontraksi.

Saat orgasme, gelombang kontraksi otot mengangkut sperma dengan jumlah kecil cairan dari testis ke vas deferens. Vesikula seminalis dan prostat mengkontribusikan cairan ekstra untuk melindungi sperma. Campuran sperma dan cairan (air mani) berjalan di sepanjang uretra ke ujung penis tempat ejakulasi. Ejakulasi dini terjadi ketika seorang pria tidak dapat mengendalikan waktu ejakulasi dan ejakulasi sebelum dirinya menginginkannya maupun pasangannya merasa siap untuk itu. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan kesulitan seorang pria dan pasangan seksualnya.

Ejakulasi Dini Yang Terjadi Pada Pria

Ejakulasi dini adalah saat dimana orgasme atau klimaks terjadi lebih cepat dari yang diinginkannya. Terkadang kemungkinan adanya komplikasi dengan reproduksi, akan tetapi ejakulasi dini juga dapat mempengaruhi kepuasan seksual, baik untuk pria maupun pasangan seksualnya. Pemahaman mengenai penyebab ejakulasi dini di usia muda telah meningkat dan ada pemahaman mengenai masalah-masalah yang dapat ditimbulkan darinya. Mengetahui penyebab ejakulasi dini di usia muda dapat mengantisipasi pemilihan pengobatan yang efektif. Lalu, apakah penyebab ejakulasi dini di usia muda itu?.

Apa Penyebab Ejakulasi Dini Di Usia Muda?


Penyebab ejakulasi dini di usia muda tergantung jenis ejakulasinya yang diderita. Ejakulasi dini primer dapat disebabkan oleh ketidakseimbangan kimiawi di pusat otak yang sangat penting untuk menurunkan ambang batas untuk ejakulasi. Seorang pria membutuhkan lebih sedikit rangsangan, ejakulasi dapat terjadi lebih cepat dari yang diinginkan.

Masalah psikologis yang termasuk kecemasan kinerja yang termasuk ejakulasi sekunder atau kemungkinan akibat ejakulasi dini primer daripada penyebab utamanya. Ejakulasi dini dapat sering disebabkan oleh kegelisahan kinerja. Kecemasan dapat berupa kinerja seksual, ketakutan yang mengakibatkan terjebak dalam tindakan seksual atau kecemasan yang terkait dengan situasi tertentu seperti pada saat hubungan seksual yang baru. Ejakulasi memerlukan stimulasi intens untuk mendapatkan dan mempertahankan ereksi atau dari kecemasan mengenai masalah ereksi.

Baca Juga : Apa Ejakulasi Dini Dapat Disembuhkan Dengan Obat-Obatan?

 

Gejala Ejakulasi Dini Pada Umumnya

Secara medis, bentuk ejakulasi dini lebih persisten dan ada yang terjadi selama seumur hidup atau primer dan dapat menyebabkan tekanan yang signifikan yang memiliki gejala primer seperti:
 
• Ejakulasi yang terjadi hampir sering dan terjadi sebelum penetrasi seksual tercapai atau dalam sekitar 1 menit penetrasi.
• Adanya ketidakmampuan untuk menunda ejakulasi setiap saat atau hampir setiap waktu penetrasi terjadi.
• Konsekuensi pada diri sendiri yang muncul secara negatif seperti kesusahan dan frustasi atau menghindari keintiman seksual.
 
Gejala psikologis adalah gejala sekunder secara fisik. Pria dan pasangannya atau keduanya kemungkinan mengalami gejala sekunder seperti:
 
• Kepercayaan diri menurun dalam hubungan.
• Kesulitan interpersonal.
• Tekanan mental.
• Kegelisahan.
• Rasa malu.
• Depresi.
 
Pria yang mengalami ejakulasi dini dapat mengalami tekanan psikologis, dan kebanyakan pasangan seksualnya akan merasa khawatir.

Bagaimana Ejakulasi Dini Didiagnosis?


Dokter biasanya membuat diagnosis klinis dan mendefinisikan ejakualsi dini sebagai gangguan seksual. Ejakulasi dengan rangsangan seksual sebelum atau setelah penetrasi yang diinginkannya. Kondisinya persisten atau sering terjadi dan menyebabkan tekanan yang signifikan. Bentuk ejakulasi yang lebih longgar adalah salah satu jenis disfungsi seksual yang paling umum. Ejakulasi dini mempengaruhi sebagian pria dan kasusnya harus didiagnosis secara medis. Perbedaan statis sama sekali tidak mengurangi ketidaknyamanan yang dialami oleh pria yang tidak memenuhi kriteria untuk didiagnosis.

Pengobatan Ejakulasi Dini Pada Pria Muda


Dalam kebanyakan kasus, ada penyebab psikologis. Jika masalahnya lebih persisten, dokter dapat merekomendasikan konseling atau terapi untuk hubungan seksual Anda bersama dengan pasangan seksual Anda. Beberapa pengobatan seperti antidepresan untuk menunda ejakulasi. Pengobatan dilakukan dengan mengetahui riwayat seks secara rinci untuk mengetahui diagnosis ejakulasi dini yang jelas.

Pengobatan dapat memiliki efek buruk dan penderitanya harus mengkonsultasikannya dengan dokter sebelum melakukan pengobatan apapun. Penyebab ejakulasi dini di usia muda sangat berpengaruh penting untuk kehidupan seorang pria. Oleh karena itu harus segera diketahui dan mendapatkan pengobatan secara tepat.

Pengobatan untuk ejakulasi dini bisa Anda temui dan dapatkan hanya di Klinik Utama Gracia. Salah satu klinik yang menangani khusus penyakit kelamin. Untuk lebih jelasnya Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555 atau dengan mengkonsultasikannya dengan menggunakan layanan konsultasi online kami seperti dibawah ini.

Baca Juga : Akibat Ejakulasi Dini Kurang Dari 1 Menit Pada Pria

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.