User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Kulup panjang adalah kulit longgar yang menutupi dan melindungi ujung penis. Kulup panjang dan penis bayi atau anak-anak tidak memerlukan perawatan secara khusus. Karena kulup seorang anak tidak boleh ditarik kembali dengan paksa. Tidak perlu membersihkan bagian dalam kulit khatan pada anak laki-laki, cukup dengan mencucinya. Kulup panjang yang mudah ditarik kembali adalah bagian dari cara mencuci yang normal. Selalu pastikan membilas dan menarik kulup ke atas kepala penis setelahnya.

Pengertian Kulup Panjang Pada Umumnya

Kulit di kepala penis yang disebut kulup atau kulit khatan. Kandungan berlebihan kulit yang terlalu panjang dan menutupi penis sepenuhnya ketika tidak ereksi. Kulit khatan adalah kulit longgar yang menutupi dan melindungi ujung atau kepala (kelenjar) penis. Lipatan bagian dalam kulup adalah selaput lendir yang membuat permukaan kepala penis terasa lembut, lembab dan sensitif.

Apa Yang Disebabkan Oleh Kulup Panjang Yang Tidak Sunat


Terkadang ujung kulup yang memerah menandakan penis teriritasi dan kulup melindungi kepala penis yang sensitif dan pembukaan di penis dimana meatur urine keluar. Ketika bakteri didalam kotoran bereaksi dengan meatus urine dan menghasilkan amonia yang membakar kulit dan dapat menyebabkan ruam.

Namun ada cara untuk mencegah terjadinya ruam di kulup dan ruam yang memerah, yaitu dapat mencakup hal-hal sebagai berikut:

• Mengganti celana dalam.
• Memberi udara agar masuk atau bersirkulasi dan membantu penyembuhan.
• Dengan berendam dalam air hangat.
• Menghindari hal-hal yang dapat mengiritasi kulit (mandi dengan air yang terklorinasi).
• Usahakan meminum cairan yang banyak sehingga meatus urine encer (tidak terlalu pekat).

Jika kulup atau penis berwarna merah, sakit dan bengkak, kemungkinan adanya infeksi dan harus segera mengkonsultasikannya dengan dokter.

Baca Juga : Kulup Pria Dan 4 Bahaya Yang Ditimbulkan Akibat Tidak Di Sunat

 

Gejala Dari Pada Kulup Panjang Yang Tidak Bersih

Gejala yang kemungkinan dialami setiap pria jika mengalami masalah dengan kulup yang biasanya tampak bengkak seperti:
 
• Kesulitan saat kencing.
• Rasa sakit saat kencing.
• Adanya darah dalam urine (hematuria).
• Nyeri di area penis.
 
Adapun gejala tambahannya seperti:
 
• Nyeri di area penis (terutama di kelenjar).
• Perubahan warna pada penis (terjadi setelah aliran darah terputus) penis bisa menjadi keputih-putihan, kebiru-biruan, berwarna abu-abu atau hitam.

Kulup Panjang Dan Diagnosis Medisnya


Tes atau pengujian yang digunakan untuk mendiagnosis masalah kulup yang kemungkinan termasuk:

• Riwayat kesehatan.
• Pemeriksaan fisik.
• Tes atau pengujian swab (untuk memeriksa infeksi).

Dokter akan mulai melakukan pemeriksaan dengan mendapatkan riwayat masalah yang mendetail terutama jika terjadi sebelumnya dengan melihat riwayat seksualnya. Dengan begitu dokter akan melanjutkan pemeriksaan seperti:

• Dalam mempertimbangkan phimosis, dokter dapat melakukan setidaknya terdapat 2 tes atau pengujian yaitu pemeriksaan genital secara penuh dan pemeriksaan urine untuk melihat adanya infeksi jika diindikasikan.
• Paraphimosis sama seperti kondisi medis lainnya.
• Kondisi lainnya seperti adanya sepotong rambut yang melilit di penis (biasanya terlihat apda bayi), atau dari gigitan serangga, dermatitis kontak dan infeksi.

Solusi Utama Kulup Panjang Adalah Sunat


Sunat adalah operasi pengangkatan kulit yang menutupi ujung penis. Prosedur ini cukup umum untuk setiap anak laki-laki yang baru lahir tentunya. Adapun, pengertian sunat adalah ritual agama. Prosedur ini bisa menjadi masalah tradisi keluarga, kebersihan pribadi atau perawatan kesehatan preventif. Namun bagi yang lain, sunat tampaknya tidak perlu atau dapat merusaknya.

Ada operasi yang disebut split dorsal dimana kulup dipotong untuk memperlebar dan mengendurkan kulup tanpa menghilangkan jaringan kulup. Dari tahun ke tahun, kulup menempel di kepala penis oleh sebuah membran (disebut synechia). Membran atau jaringan ikat yang larut dengan sendirinya atau suatu proses yang tidak boleh dilakukan secara terburu-buru dan harus dengan hati-hati.

Kulup dapat ditarik kembali ketika permukaan bagian dalamnya terpisah dari kepala penis dan pembukaan kulup melebar. Proses ini terjadi secara alami di masa anak-anak atau selama pubertas dan biasanya terjadi pada usia 18 tahun. Bahkan jika kepala penis dan kulup terpisah secara alami pada waktu bayi, kemungkinan kulup masih tidak dapat ditarik kembali karena pembukaan dalam kulup bayi kemungkinan hanya cukup besar untuk meatus urine.

Ketika seorang anak laki-laki menarik kulupnya maka biasanya menariknya keluar. Namun ini normal dan alami serta tidak perlu dikhawatirkan karena tidak akan melukai dirinya sendiri. Namun Anda tidak perlu khawatir, ada penanganan efektif untuk kulup. Anda bisa melakukan penanganan tersebut hanya di Klinik Utama Gracia.

Penanganan efektif di Klinik Utama Gracia bisa Anda dapatkan dengan cara menghubungi nomor kami di 081336361555 dan dengan cara melakukan konsultasi dengan dokter melalui chat online gratis dibawah ini. Dengan begitu Anda bisa melakukan pengobatan kulup dengan prioritas dan tidak usah menunggu atau mengantri lama saat melakukan pendaftaran.

Baca Juga : Sunat Laser, Metode Khitan Yang Cocok Untuk Sunat Dewasa

 


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.