User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Sakit ketika kencing adalah gejala rasa sakit, ketidaknyamanan atau terasa terbakar ketika buang air kecil yang disebabkan oleh suatu bakteri yang menyerang saluran kemih. Gejala sakit ketika kencing lebih sering terjadi pada wanita dibandingkan pada pria. Lebih sering terjadi pada pria yang lebih tua dibanding pada pria lebih muda. Rasa kencing yang menyakitkan dapat disebabkan oleh hal-hal yang berbeda termasuk :

• Infeksi di saluran kemih.
• Iritasi atau cedera pada area genital.
• Batu di saluran kemih.

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah penyebab tersering pada kencing yang menyakitkan. Rasa sakit ketika kencing bisa menjadi gejala yang menyedihkan, tapi sangat jarang dikatakan sebagai penyakit serius. Ada banyak kondisi yang berbeda yang dapat menyebabkan buang air kecil yang menyakitkan dan dalam banyak kasus yang dapat ditangani dengan mudah.

Baca Juga :  Inilah Bahaya Infeksi Saluran Kemih Pada Wanita

Apa Penyebab Kencing Yang Menyakitkan?


Pada wanita, infeksi vagina juga dapat menyebabkan rasa sakit saat buang air kecil. Jika rasa sakit ada pada kulit diluar daerah vagina, maka rasa nyeri kemungkinan karena peradangan atau iritasi pada kulit. Pada pria, masalah yang terkait dengan prostat (seperti pembesaran prostat) biasanya menyebabkan rasa sakit atau terbakar saat buang air kecil.

Sejumlah kondisi yang dapat menyebabkan kencing yang menyakitkan. Pada wanita, infeksi saluran kemih (ISK) adalah penyebab umum kencing yang menyakitkan. Pada pria, urethritis dan kondisi prostat tertentu sering menyebabkan kencing yang menyakitkan. Kondisi medis dan faktor eksternal yang dapat menyebabkan sakit ketika kencing termasuk :

• Cystitis (peradangan kandung kemih).
• Penyakit menular seksual (PMS) seperti gonore (kencing nanah, klamidia, herpes kelamin).
• Penyempitan uretra.
• Urethritis (infeksi pada uretra).
• Infeksi saluran kemih (ISK).
• Vaginitis (bakterial vaginosis).
• Infeksi ragi (vagina).
• Batu kandung kemih.

 

Sakit Ketika Kencing Dan Gejala Lainnya

Kencing yang menyakitkan pada dasarnya adalah kondisi yang menyakitkan yang berhubungan dengan buang air kecil. Biasanya tidak ada rasa sakit akan tetapi hanya terjadi saat buang air kecil. Rasa sakit ini dapat berkisar dari rasa sakit ringan sampai berat, hingga sensasi seperti menyengat atau terbakar. Membuat urine sangat sulit untuk keluar. Rasa sakit biasanya dirasakan disekitar saluran kemih. Gejala lainnya bisa meliputi :
 
• Seperti terbakar atau menyengat saat kencing.
• Dorongan untuk buang air kecil yang lebih sering.
• Kencing yang berbau buruk, berdarah atau berubah warna.
• Demam atau kedinginan.
• Mual atau muntah.
• Nyeri punggung bawah atau perut yang terasa sakit.
 
Jika kencing yang menyakitkan tidak ditangani bisa mengancam kehidupan tergantung pada penyebabnya. Komplikasi termasuk gagal ginjal, septikemia, syok dan penyebaran kanker. Oleh karena itu segera konsultasikan dengan dokter agar mendapat penanganan dengan segera atau pemeriksaan awal. Jika gejala berlangsung selama 2 hari, terutama jika rasa sakit dikaitkan dengan gejala lain seperti urine berbau busuk, nanah atau adanya darah dalam urine (hematuria), mual, muntah, demam, nyeri di punggung bagian bawah dan sering panas dingin.

Diagnosis Sakit Ketika Kencing Yang Paling Tepat


Perawatan kesehatan yang akan meninjau riwayat terlebih dahulu yang akan mencakup pertanyaan mengenai kesehatan secara keseluruhan dan sebelumnya dari kondisi kencing yang menyakitkan seperti frekuensi kencing dan riwayat seksual. Tingkat pemeriksaan fisik akan sangat bergantung pada riwayat kesehatannya.

Pemeriksaan biasanya akan mencakup pemeriksaan perut dan seringkali pemeriksaan genitalia eksternal dan pemeriksaan ginekologi untuk wanita. Sampel urine dapat dilakukan lebih lanjut untuk mengetahui penyebab kencing yang menyakitkan. Tes dipstick dapat menunjukkan keberadaan bakteri dan darah. Sampel kemudian dianalisis di laboratorium dimana diperiksa dibawah mikroskop. Sampel urine dilakukan untuk melihat bakteri yang tumbuh.

Pengobatan Sakit Ketika Kencing Di Klinik Utama Gracia


Penyebab kencing yang menyakitkan yang paling umum adalah infeksi saluran kemih (ISK). Infeksi diobati dengan antibiotik. Berdasarkan dari infeksi saluran kemih (ISK) harus dilakukan pengobatan yang optimal. Jika menunjukkan adanya bakteri yang muncul secara resisten terhadap pengobatan awal, biasanya dokter akan mengubah cara perawatannya setelah mengetahui hasil kulturnya.

Jika penyebab kencing yang menyakitkan tidak menular, perawatan dapat berlanjut luntuk kondisi kencing yang menyakitkan. Anda tidak perlu khawatir dan bingung ketika ingin mencari tempat pengobatan yang tepat. Karena Klinik Utama Gracia adalah salah satu klinik terbaik yang menangani penyakit sakit ketika kencing.

Jadi kami sangat merekomendasikan Anda untuk mengatasi permasalahan tersebut di Klinik Utama Gracia. Anda bisa menghubungi kami di nomor 081336361555, atau jika Anda ada pertanyaan lain seputar penyakit sakit ketika kencing bisa menggunakan layanan konsultasi online gratis dibawah ini.

Baca Juga :  Cara Mengobati Infeksi Saluran Kencing Pada Orang Dewasa


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.