User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Ada berbagai macam faktor yang bisa menyebabkan pria menderita prostat. Tetapi, masih banyak pria yang tidak mengetahui gejala penyakit prostat. Sehingga, banyak pria yang mengalami komplikasi akibat tidak dilakukan penanganan dengan tepat untuk mengatasi penyakit prostat pada pria.

 

Penyakit Prostat (Prostatitis)


Prostat merupakan kelenjar yang terdapat di bawah kandung kemih yang mengelilingi saluran kencing pria dan menjadi salah satu bagian dari sistem reproduksi. Ini merupakan bagian sistem reproduksi yang berfungsi untuk mengeluarkan cairan untuk sperma.

Ada berbagai macam penyakit yang dapat menyerang prostat salah satunya adalah prostatitis (penyakit prostat). Banyak pria yang tidak mengetahui, bahwa prostatitis merupakan kondisi yang harus diwaspadai dan dapat membahayakan kesehatan sistem reproduksi pria.

Prostatitis adalah sebuah peradangan (inflamasi) yang terjadi pada kelenjar prostat. Awalnya, kelenjar prostat memiliki ukuran yang sangat kecil dan ketika terjadi infeksi, maka ukuran kelenjar prostat akan menjadi semakin membesar yang menyebabkan peradangan dan pembengkakan pada area tersebut.

Ada banyak penyebab yang bisa meningkatkan pria untuk mengalami peradangan ini. Kebanyakan kasus yang terjadi, prostatitis dapat di alami oleh pria dari berbagai macam usia.

Ada berbagai jenis infeksi yang dapat menyerang prostat. Berikut ini, 4 jenis infeksi yang dapat menyerang kelenjar prostat, di antaranya:

1. Prostatitis Bakteri Akut
2. Prostatitis Bakteri Kronis
3. Prostatitis Bakteri Non-Bakteri

Sebaiknya, Anda segera melakukan pemeriksaan dengan untuk mendapatkan penanganan yang tepat sesuai dengan gejala penyakit prostat yang Anda alami dan jenis infeksi prostat yang menyerang Anda.

 

Penyebab Penyakit Prostat Pada Pria

 

Ada banyak faktor yang bisa menyebabkan pria mengalami gangguan ini. Biasanya, penyebab prostatitis pada pria tergantung dari jenisnya. Biasanya, prostatitis sering terjadi disebabkan oleh infeksi bakteri escherichia coli (E. Coli).

Beberapa kondisi lain yang bisa menyebabkan pria menderita prostatitis dapat terjadi akibat adanya penyakit tertentu atau gangguan lain yang menyerang pria, diantaranya:

Sistem Imun Yang Melemah, pria di atas usia 40 tahun rentan untuk mengalami infeksi akibat sistem imunitasi yang melemah. Dan kondisi seperti ini sangat mudah untuk menyebabkan pria menderita prostatitis ataupun gangguan lainnya.

Pola Hidup Tidak Sehat, banyak pria yang tidak memperhatikan pola hidupnya dengan membiasakan diri merokok, mengkonsumsi alkohol, dan kurang melakukan aktivitas fisik seperti olaharaga bisa menjadi penyebab pria menderita gangguan ini.

Kelebihan Berat Badan, pria yang menderita obesitat akan menyebabkan sistem aliran darah menjadi tidak lancar. Kondisi seperti ini dapat menyebabkan banyak masalah dan salah satunya gangguan prostatitis yang menyerang kelenjar prostat.

Beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan pria menderita prostatitis bisa terjadi akibat faktor genetik yang diturunkan oleh anggota keluarga Anda. Selain itu, pria yang menderita penyakit kelamin kencing nanah bisa menjadi penyebab Anda terserang prostatitis.

Kondisi ini terjadi, akibat komplikasi yang terjadi pada penyakit kencing nanah, sehingga menyebabkan bakteri berkembang dan menginfeksi kelenjar prostat yang mengakibatkan Anda mengalami peradangan pada kelenjar prostat.

Lalu, Apa Saja Gejala Penyakit Prostat yang Dapat Diketahui?


Penyakit prostat dapat dialami oleh pria dari segala usia dan banyak faktor yang bisa menyebabkan kondisi ini menjadi semakin rentan pada pria. Namun, tidak banyak dari pria yang menderita penyakit ini mengetahui setiap gejala penyakit prostat dan sebaiknya Anda setiap gejala penyakit prostat, di antaranya:

1. Sering Buang Air Kecil


Gejala penyakit prostat yang sangat umum adalah keinginan buang air kecil yang meningkat. Biasanya, pria yang menderita prostatitis akan ditandai dengan rasa ingin buang air kecil yang semakin besar dan kondisi ini lebih sering terjadi pada malam hari.

2. Sulit Buang Air Kecil


Pria yang menderita prostatitis akan mengalami kesulitan ketika ingin buang air kecil. Ciri ciri pria yang menderita prostatitis akan ditandai dengan keinginan buang air kecil yang meningkat, namun saat ingin buang air kecil, pria akan mengalami kesulitan untuk mengeluarkan urin.

3. Sakit Pada Perut Bagian Bawah


Ketika ingin buang air kecil, pria akan merasakan sakit pada perut bagian bawah. Kondisi ini disebabkan oleh kelenjar prostat yang sudah semakin membesar dan menyebabkan pria sulit untuk buang air kecil dan disertai dengan rasa sakit ketika ingin buang air kecil.

4. Urin Bercampur Darah


Gejala penyakit prostat pada pria akan ditandai dengan air kencing yang bercampur dengan darah. Beberapa pria yang menderita prostatitis ketika buang air kencing akan mengalami urin yang bercampur darah. Kondisi ini biasanya menjadi tanda bahwa infeksi sudah berkembang dan menyebabkan komplikasi yang bisa membahayakan kesehatan pria.

Selain itu, gejala penyakit prostat pada pria akan ditandai dengan buang air kecil yang tidak tuntas. Sebaiknya, Anda melakukan pemeriksaan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk masalah ini dan jangan pernah mengabaikan gejala penyakit prostat yang mungkin Anda alami.

Apakah Prostat Dapat Di Obati?


Untuk melakukan pengobatan prostat, harus dilakukan sejak awal mengalami gejala. Diagnosa harus dilakukan oleh dokter sejak awal Anda mengalami gejala, sebelum kondisi ini semakin bertambah parah, dokter akan memberikan Anda beberapa penanganan yang sesuai dengan penyebab dan tingkat keparahan penyakit yang Anda derita.

Ketika, penanganan dilakukan pada awal mengalami gejala, maka kemungkinan untuk Anda sembuh sangat mungkin terjadi. Kondisi lain yang mungkin terjadi, apabila Anda tidak melakukan penanganan apapun terhadap kondisi ini. Dapat menyebabkan Anda menderita kanker prostat yang sanga berbahaya dan dibutuhkan tindakan operasi untuk menangani masalah ini.

Lalu, Bagaimana Cara Mengobati Prostatitis Pada Pria?


Jika Anda mengalami gejala penyakit prostat, segera hubungi dokter Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan yang tepat untuk mengatasi penyakit prostat yang Anda derita. Kami memiliki dokter ahli andrologi yang sudah berpengalaman dalam melakukan tindakan pengobatan terhadap masalah reproduksi ataupun masalah seksual pria.

Selain itu, tindakan pengobatan menggunakan peralatan medis yang canggih dan modern sehingga pengobatan menjadi lebih tepat dan cepat sesuai dengan kondisi Anda.

Apabila Anda membutuhkan pengobatan penyakit prostatitis yang sedang Anda derita, atau Anda memiliki pertanyaan lain seputar masalah andrologi. Anda bisa berkonsultasi dengan tim medis Klinik Utama Gracia melalui layanan konsultasi online dibawah ini.

Baca Juga :  Orchitis Adalah Infeksi Buah Zakar Yang Menganggu Kesuburan


Panduan Penting

Perlu Anda ketahui bahwa setiap artikel ataupun tips yang Kami sediakan di website klinikjakartapusat.net hanya merupakan referensi dan harap tidak dijadikan sebagai panduan medis yang mutlak.

Sehingga ada baiknya konsultasikan kondisi medis yang Anda alami dengan dokter profesional agar penyakit Anda bisa terpantau dan disembuhkan dengan baik.