User Rating: 0 / 5

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Herpes merupakan salah satu penyakit Infeksi Menular Seksual (IMS) yang biasanya menyerang organ seksual pria maupun wanita. Penyakit yang menyerang bagian kelamin ini biasanya dikenal dengan herpes genital (simplex). Penyakit ini juga memiliki ciri-ciri yang harus diketahui si penderitanya.

Penyakit ini disebabkan oleh herpes simplex virus (HSV). Virus ini akan tertular dari hubungan seksual yang dilakukan. Namun virus herpes terdiri dari dua macam yang bisa juga menyerang organ lain bukan hanya bagian seksual seseorang saja. Organ lain yang biasanya terserang herpes adalah mulut, hidung, dan tenggorokan.

Karena Virus HSV terdapat dua jenis yaitu:

1. HSV-1 yang biasanya menyerang bagian mulut dan dikenal dengan luka dingin dengan disertai demam oleh si penderitanya.

2. HSV-2 inilah yang dikenal sebagai virus yang menyerang organ intim seseorang. Virus ini disebabkan oleh kontak seksual yang biasanya menyerang penis, vagina, dan anus seseorang.

Virus HSV-2 terkadang tidak menyebabkan seseorang mengalami gejala apapun yang terasa pada dirinya. Karena virus herpes memang tidak menimbulkan gejala apapun. Sehingga sebagian besar penderita herpes tidak menyadari jika dirinya sudah terserang virus HSV-2.

Virus ini sering menyerang orang yang berusia 14 hingga 49 tahun. Biasanya satu dari enam orang akan terjangkit herpes.  Atau setara dengan 16 persen dari populasi dunia aterserang virus HSV. Adapun tanda-tanda bahwa seseorang terserang herpes adalah:

1. Adanya sebuah bentol-bentol kecil seperti jerawat yang muncul di organ vital mereka.
2. Adanya luka seperti melepuh dibagian anus
3. Penyembuhan luka dilakukan dua hingga empat minggu

Gejala lain yang biasanya menyerang seseorang yang terjangkit virus herpes adalah

1. Demam
2. Panas Dingin
3. Badan terasa pegal-pegal
4. Akan terasa gatal yang disebabkan oleh tonjolan-tonjolan tersebut


Lalu apa yang menjadi ciri-ciri seorang terkena herpes? Pastinya akan cukup banyak tanda yang membuat seseorang mengalami herpes. Tanda- tersebut menyebabkan jika anda memang terserang penyakit herpes yang harus melalui pengobatan secara segera. Herpes bukan hanya menyerang pria saja. Tetapi juga akan menyerang wanita. Bahkan banyak penelitian jika wanita lebih mudah terserang herpes dibandingkan pria.

Ciri-Ciri Herpes

Ilustrasi Pria Terkena Herpes

Gatal-Gatal

Bila anda terkena herpes maka anda akan merasakan gatal yang disertai dengan kesemutan dibagian kelamin. Rasa gatal timbul akibat bakteri yang sudah menyerang kulit bagian organ vital.

Adanya Tonjolan Seperti Jerawat

Biasanya seseorang yang terserang herpes akan mengalami seperti timbulnya jerawat atau bintik-bintik seperti cacar air pada bagian organ kelamin. Jika tonjolan tersebut pecah, maka akan menimbulkan rasa perih yang menyakitkan dan menyebabkan luka koreng.

Buang Air Terasa Perih

Parah penderita herpes pun akan mengalami rasa perih ketika mereka sedang buang air. Ini disebabkan virus yang sudah menyerang bagian vital si penderita.

Ciri-Ciri Herpes Pada Wanita

Herpes pada wanita akan menyebakan luka pada vulva disekitar lubang vagina. Infeksi virus herpes bisa menyerang bagian leher Rahim. Akan lebih berbahaya jika wanita yang sedang terserang virus herpes sedang mengandung. Karena virus tersebut bisa menyerang bayinya.

Itulah beberapa tanda herpes menyerang seseorang. Jika anda memang sudah mengalami hal tersebut, sudah sebaiknya anda melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter kelamin untuk mendapatkan tindakan medis yang lebih baik.

Patut diingat, bahwa hingga saat ini herpes belum ditemukan obatnya. Obat yang diberikan oleh dokter hanya untuk membunuh bakteri yang menyerang herpes.

Agar infeksi herpes tidak lagi menyerang, biasanya penderita herpes akan diberikan obat asiklovir, famsiklovir, dan valasiklovir. Dimana obat tersebut hanya membuat virus tidak kembali berkembang biak dan menjadi lebih banyak.

Namun jika anda sudah mengalami herpes, maka sebaiknya anda bisa melakukan hal-hal untuk mengurangi rasa sakit selama pengobatan. Seperti tidak menggunakan pakaian ketat yang membuat anda semakin tidak nyaman. Cobalah berikan krim anti sakit ketika buang air besar.

Untuk mendapatkan penanganan terbaik dalam mengatasi herpes, maka anda bisa datang langsung ke Klinik Utama Gracia untuk mendapatkan penanganan medis dengan dokter dan tenaga medis yang professional dibidangnya.